Ucapan selamat idul adha dan idul fitri

Sering kali kita dapat sms ucapan selamat hari raya. Dalam tayangan film terbaru, di inbok gadget, ipad mini, fb, twitter, sampe full kumpulan sms ucapan kata. Ucapan selamat yang benar seperti apa si ? Biar ucapan spesial pada orang tercinta, tersayang bisa to the point dengan benar dan ga lebay/alay. Sebaiknya ucapan kata ataupun sms selamat idul adha dan idul fitri adalah;”Taqobbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Kenapa begitu ? menilik sebuah hadist Rasulullah Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam, Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha) satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Imam Ahmad rahimahullah berkata, Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka.” Kisah yang diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah; ”seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.”

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin; “Ucapan selamat ketika hari raya ‘ied dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan (dosa).” Dari penjelasan di atas, berarti ucapan selamat hari raya itu bebas, bisa dengan ucapan “Selamat Hari Raya”, “Taqobbalallahu minna wa minkum” dan lainnya. Ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” pun tidak dikhususkan saat Idul Fithri, ketika Idul Adha dianjurkan ucapan semacam ini.

Perlu diperhatikan, tidak ada pengkhususan di Idul Fithri untuk saling maaf memaafkan. Ucapan “Mohon Maaf Lahir dan Batin” sering kita dengar saat saat Idul Fitrhi. Seolah-olah saat Idul Fithri hanya khusus dengan ucapan semacam itu. Ini sungguh salah kaprah. Idul Fithri bukanlah waktu khusus untuk saling maaf memaafkan. Waktu untuk saling memohon maaf itu luas. Ketika berbuat salah, langsung meminta maaf, itulah yang tepat. Tidak mesti di saat Idul Fithri. Karena jika dikhususkan seperti ini harus butuh dalil dari Al Qur’an dan Al Hadits. Buktinya, tidak ada satu dalil yang menunjukkan seperti ini.

Ucapan “Minal ‘Aidin wal Faizin (kita kembali dan meraih kemenangan)”. Ini suatu kalimat yang rancu. Kita mau kembali ke mana? Apa pada ketaatan atau maksiat? Jika mengandung dua makna seperti ini hendaknya ditinggalkan. Karena bisa jadi orang memahami yang dimaksud adalah kita kembali pada maksiat. Artinya, ibadah hanya di bulan Ramadhan saja, setelah itu sah-sah saja untuk maksiat, sah-sah saja untuk tinggalkan shalat dan ibadah wajib lainnya. Akibat ucapan keliru, berujung pada amalan yang keliru.

“Minal ‘Aidin wal Faizin” bukan maknanya adalah “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Setiap kali ada yang ucapkan “Minal ‘Aidin wal Faizin” lantas diikuti dengan kalimat “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Dikira artinya adalah kalimat selanjutnya. Ini sungguh keliru. sehingga sudah sepantasnya kita hindari. Ucapan yang lebih baik adalah sebagaimana telah dikemukakan di awal tulisan dan dicontohkan langsung oleh para sahabat, yakni “Taqobbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)”. Semoga bermanfaat. Dan semoga bisa meluruskan kekeliruan yang selama ini ada. Referensi; http://www.rumaysho.com/, gambar http://www.indnesiaindonesia.com/

  1. #1 by recommend on November 26, 2012 - 6:58 AM

    I adored your insightful words. topnotch stuff. I hope you write others. I will carry on reading

    • #2 by 3yuwono on November 26, 2012 - 11:05 PM

      Thank you. suggestions and good ideas forward so that you are always in this blog better

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: