Sejarah costumes, pesta, games halloween

Dalam tradisi barat, malam tanggal 31 Oktober dirayakan pesta halloween. Ramailah kunjungan ke halloween store untuk menyiapkan costumes for halloween, games, party dan dekorasinya. Pada malam ini anak anak memakai kids halloween costumes mereka berkeliling dari pintu ke pintu meminta permen, coklat sambil berkata;”beri kami permen atau kami jahili.” Mereka percaya penguasa orang mati mengumpulkan semua jiwa-jiwa orang yang telah meninggal tahun itu. Jiwa-jiwa setelah kematian akan diam dalam tubuh binatang, maka pada hari ini Tuhan akan mengumumkan apa bentuk mereka pada tahun berikutnya.

Halloween adalah sebuah perayaan menandai awal musim dingin dan hari pertama Tahun Baru di kalangan orang-orang kafir kuno dari Kepulauan Inggris. Pada kesempatan ini, diyakini bahwa kekuatan gaib berkumpul, bahwa hambatan antara dunia supranatural dan manusia yang rusak. Mereka percaya bahwa roh dari dunia lain (seperti jiwa-jiwa orang mati) mampu mengunjungi bumi selama waktu ini dan berkeliaran.

Pada saat ini, mereka merayakan festival bersama untuk dewa matahari dan penguasa yang mati. Mengucapkan terimakasih kepada matahari atas panen pertanian mereka dan memberikan dukungan moral untuk “pertempuran” dengan musim dingin mendatang. Pada zaman kuno, orang-orang kafir membuat pengorbanan hewan dan tanaman untuk menyenangkan para dewa.

Halloween berasal dari tradisi masyarakat Celtic—yang dulu mendiami Irlandia, Skotlandia, dan daerah sekitarnya—yang percaya kalau pada hari terakhir bulan Oktober, para arwah gentayangan di bumi. Tapi tradisi ini sebenarnya telah berpulang lama. Sekitar abad pertama Masehi, masyarakat Celtic ditaklukkan oleh warga Romawi, yang kemudian menambahkan kebudayaan mereka ke dalam tradisi Halloween. Mereka menambahkan dua festival bernama Feralia, diperuntukkan untuk menghormati mereka yang telah meninggal, dan Pomona, yaitu festival untuk merayakan musim panen, diambil dari nama seorang dewi.

Sekitar abad ke-8, gereja Katolik mulai merayakan tanggal 1 November sebagai hari untuk menghormati para santo dan santa yang tidak memiliki hari perayaan khusus. Maka mulailah tradisi bahwa misa yang diadakan pada hari itu disebut Allhallowmas, yang berarti misa kaum suci (red: dalam bahasa Inggris disebut hallow). Malam sebelumnya, tanggal 31 Oktober, lalu disebut All Hallows Eve. Inilah cikal-bakalHalloween.

Lalu beranjak memasuki abad ke-18, banyak warga asal Eropa yang berimigrasi ke Amerika. Kebudayaan ini tetap mereka pertahankan, dan bentuk perayaannya terus berkembang sampai sekarang. Bagi anak-anak, Halloween berarti kesempatan untuk memakai kostum dan mendapatkan permen. Bagi orang dewasa, Halloween mungkin merupakan kesempatan untuk berpesta kostum.

Simbol Halloween biasanya dekat dengan kematian, keajaiban, dan monster-monster dari dunia mitos. Karakter yang sering dikaitkan dengan Halloween, misalnya karakter setan dan iblis dalam kebudayaan Barat, manusia labu, makhluk angkasa luar, tukang sihir, kelelawar, burung hantu, burung gagak, burung bangkai, rumah hantu, kucing hitam, laba-laba, goblin, zombie, mumi, tengkorak, dan manusia serigala.

Di Amerika Serikat, simbol Halloween biasanya dekat dengan tokoh dalam film klasik, mulai dari Drakula dan monster Frankenstein. Hitam dan oranye dianggap sebagai warna tradisional Halloween, walaupun sekarang banyak juga barang-barang Halloween yang berwarna ungu, hijau, dan merah. Sementara itu, di belahan selatan benua Amerika, tepatnya di Meksiko, setiap tanggal 31 Oktober merayakan Hari Para Arwah (El Dia de Los Muertos), untuk menghormati para kaum suci. Berawal dari tradisi gereja Katolik, perayaan itu sampai sekarang dianggap sebagai salah satu hari besar keagamaan dan dirayakan dengan meriah. Bagaimana dalam pandangan Islam, bolehkah kaum muslim ikut merayakan halloween?

  1. #1 by Renaldo Staudt on November 15, 2012 - 12:12 PM

    I came here expecting something else, but this inspired me regardless. Interesting stuff!

    • #2 by 3yuwono on November 15, 2012 - 3:34 PM

      Thank you, may be useful

  2. #3 by Jorge on November 16, 2012 - 8:15 AM

    Thanks on your marvelous posting! I definitely enjoyed
    reading it, you’re a great author.I will ensure that I bookmark your blog and will often come back in the future. I want to encourage that you continue your great work, have a nice weekend!

    • #4 by 3yuwono on November 16, 2012 - 12:46 PM

      thanks you very much, have nice weekend to you too

  3. #5 by Garry on November 16, 2012 - 9:06 PM

    Very good info. Lucky me I came across your website by accident
    (stumbleupon). I’ve saved it for later!

    • #6 by 3yuwono on November 16, 2012 - 9:17 PM

      Thanks you very much for your visit

  4. #7 by link on November 26, 2012 - 6:39 AM

    Very interesting info!Perfect just what I was searching for!

    • #8 by 3yuwono on November 26, 2012 - 11:03 PM

      Thank you. Your article was also good

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: