Mahasiswa tingkat akhir

Mahasiswa tingkat akhir adalah mereka yang telah mulai semester 7 keatas. Bisa sampai semester 10 bahkan 12 hehe.. Banyak yang lulus lama karena cinta kampus. Bukan karena bodoh heehe… Jadi mahasiswa tingkat akhir emang penuh penderitaan mental. Sama orang tua ditanya kapan lulus. Sama calon mertua ditanya kapan kerja. Sama dosen kapan bimbingan

Apalagi buat masih single sering ditanya kapan nikah atau mana pasangannya. Itu pertanyaan klasik saat lebaran. Apalagi bila temen seangkatan kita sudah mulai lulus dan dapat kerjaan. Makin panas ini hati. Masih di kampus ya ? Ok. Tips pertama yang ingin saya sampaikan adalah tenang aja. Hidup ini bukan tentang yang siapa lulus duluan tapi siapa yang sampai puncak duluan.

Kalau emang kamu telat lulus bukan berarti kamu bodoh. Kamu hanya sedang menghayati proses perkuliahan yang indah. Jalani dengan tenang. Pengusaha sukses, politisi beken, pejabat handal banyak yang lulus lama kok. Jadi stay cool aja. Hehe.. Ingat juga kalau kita di kampus tidak hanya belajar ilmu. Tapi juga belajar hidup. Sudahkah kita memenuhinya ?

Hiraukan perkataan orang lain. Karena hanya akan menambah stress kamu. Rileks dan fokus selesaikan kuliah. Kedua. Evaluasi pencapaian kuliah. Masih ada kah yang bisa diselamatkan? Cuci nilai. Ikut lomba ? Dll. Adakah ? Di tingkat 5. Saya jadi presma,3 kali conf intl. Nambah jejaring nasional. Kejar target sabelum wisuda. Kalau masih mungkin cuci nilai ya cucilah itu nilai. Agar transkripmu jadi lebih enak dilihat. HEHEHE..

Lulus itu di waktu yang tepat bukan tepat waktu. Dan kamulah yang menentukan waktu yang tepat buat kamu. Bukan rektorat hehe.. Karena kapan kamu lulus akan menentukan kiprah kamu.mendatang. Ibarat perang. Di kampus kita siapkan kemampuan dan bekal. Bekal ipk. Softskill. Idealisme. Jaringan. Dan berbagai modal lainnya. Itulah bekal kamu dalam mengarungi samudra kehidupan.

Kita ga pernah tau apa yang akan kita hadapi di luar sana. Maka bekali diri kita dengan segala amunisi. Jangan nanggung. Harusnya malah yang lulus lama bekal hadapi dunia nyata nya lebih banyak.  Ketiga. Tentang tugas akhir. Kenapa sih banyak yang mandek ngerjain tugas akhir ? Ada beberapa alasan. Karena dia ga paham ide nya atau karena ia ga mau cari tau keilmuannya sendiri.

Tugas akhir paling sederhana adalah membuat analisa dengan teori atau metode yang telah ada. Cuma pembuktian gitu kan. Sebutlah kamu mau lihat relasi kuasa diantara warga pakailah social network analysis. Bikin sekema nya. Jadi deh hehe.. Kalau emang udah stress sama tugas akhir. Jangan ribet ribet tema nya. Yang sederhana aja tapi kamu lakukan dengan baik dan tepat.

Sama pembimbing coba terbuka. Utarakan kesulitan kamu. Sampaikan apa yang kamu balum pahami. Diskusi juga dengan senior. Kemandekan tugas akhir lainnya adalah malas baca. Coba paksain baca deh satu dua buku terkait temamu. Pasti ngebantu. Tugas akhir itu perjuangan antara dirimu dengan kamu. Kamulah penentu keberhasilan tugas ahirmu.

Ngerjain tugas akhirnya juga jangan stress. Coba tenang dan ikhlas. Mulailah mengetik. Ditulis dulu. Ntar keliatan mana yang kurang. Coba kuatkan hati. Tingkat akhir tidak akan usai bila kita tidak punya tekad untuk lulus dengan kuat. Man jadda wa jadda. Percayalah Allah pasti akan menolong umatnya yang berusaha keras. High pain high gain. High risk high rizki. TUHAN bersama mahasiswa tingkat akhir.

Tiada mungkin seorang mahasiswa lulus sebelum ia mencintai tugas akhir lebih dari waktu tidur dan santainya. Keempat. Tentukan alasan kenapa kamu mesti segera lulus ? Keluarga yang butuh kamu. Calon mertua yang menanti. Pekerjaan yang ada. Dll  Jadikan itu kekuatan. Inner strength. Kekuatan dari diri yang membuat kamu bersemangat bertugas akhir.

Terakhir kelima. Tentukan langkah pasca lulus. Jangan sampe tanpa rencana setelah lulus. Dunia ini keras bung. Kamu mau kerja. Bisnis. Lanjut sekolah. Apapun rencanakan dari sebelum lulus. Jangan sampai telat. Dunia kampus kadang terlalu nyaman. Banyak yang shock setelah lulus. Idealisme luntur. Rencanakan sejak awal. Sekian Yang masih menunda tugas akhir segera di senggol lah. Kangen dan berdebu tuh tugas akhirnya hehe… By@udayusuf

  1. #1 by Donette Apyuan on October 2, 2012 - 2:22 PM

    This actually answered my problem, thanks!

  2. #3 by Makeup tips on October 17, 2012 - 11:59 AM

    I would like to thanks a ton for the work you’ve put in writing this web site. I am hoping the same high-grade webpage post from you in the upcoming also. The fact is your original writing abilities has inspired me to get my own site now. Actually the blogging is spreading its wings fast. Your write up is the best example of it.

  3. #4 by 3yuwono on October 17, 2012 - 4:04 PM

    thanks you’ve read my scribbles, but still a lot of shortcomings please advise and corrections to me

  4. #5 by Caleb Lascurain on November 8, 2012 - 7:16 AM

    very interesting details you have observed , thankyou for putting up.

    • #6 by 3yuwono on November 8, 2012 - 3:48 PM

      gratefully, may be usefull

  5. #7 by 3yuwono on October 19, 2012 - 10:00 PM

    gratefully, hopefully we can be stronger in the face of all obstacles🙂

  1. You sir, are awesome!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: