Mahasiswa Baru

Jadi mahasiswa baru bisa jadi sebuah kebahagiaan tidak terkira buat sebagian besar anak muda indonesia. Apalagi kalau kampusnya sesuai dengan minat. Antusias. Energik. Mencoba hal baru adalah sebagian dari karakter mahasiswabaru . Kampus baru berarti hidup baru. Banyak juga yang menjadikan perpindahan dari sekolah ke kuliah sebagai momen tranformasi. Kesempatan buat berubah. Ganti citra dll.

Dulu bandel berandal di kampus pengen jadi anak baik. Dulu baju terbuka sekarang mulai sopan dan rapih. Momen perubahan. Di masa transformasi ini. Seorang mahasiswa baru tentu sangat perlu menjaga track nya. Jangan sampai terpeselet atau salah arah. Salah kawan. Tempat kost yang tidak kondusif. Keadaan batin yang ga stabil membuat mahasiswa baru gamang. Berbagai ketidaknyamanan terjadi

Homesick. Studyblue. Sampai akhirnya malas kuliah bisa terjadi. Kontraproduktif dengan semangat untuk berubah. Maka merencanakan dengan baik awal jadi mahasiswabaru adalah bekal penting agar masa kuliahmu berhasil. Apa sajakah ? Pertama, cari tempat tinggal yang kondusif dan sesuai. Jarak yang tidak terlalu jauh. Dekat dengan masyarakat.

Cari juga tempat kost yang dekat dengan tempat makan. Agar bisa mendukung keseharianmu. Tentunya juga harga yang pas.  Buat yang pertama jauh dari orang tua. Pilih juga kost yang ada fasilitas penunjang. Seperti jasa laundry.  Saya dulu kost hanya 50 meter dari kampus. Kamar 3×3. Kamar mandi di luar. Ada jasa laundry deket kost. Jadi cukup sesuai. 

Ada juga kost yang tipe kontrakan rumah. Memang lebih murah. Tapi. pastikan juga teman se rumah sevisi dengan kamu.  Rumah kontrakan memang lebih murah dan asik. Tapi lebih asik kalau temen se rumah yang sama sama minatnya. Jadi rumah konsolidasi.
Kedua, pilih aktivitas yang sesuai di kampus. Jangan terlalu banyak. Nafsu di awal. Tapi kuliah jadi keteteran. Coba seimbang dulu

Prinsipnya antara kuliah dan non kuliah harus seimbang. Jangan men zalimi satu sama lain. Prioritaskan kuliah dulu. Kan unit kegiatan mahasiswa banyak bener tuh. Dan di kampus semua unit itu asik. Jadi santai aja milihnya. Pilih yang sesuai minat. Suka film masuk liga film. Suka seni ikut unit kebudayaan. Yang mau tobat masuk unit agama. Seperti saya yang tobat saat masuk kampus. 

Dulu saya ikutan @GAMAISITB sejak tingkat satu. Fokus disana dan saat semester 4 jadi kepala selama 1.5 tahun. Kenapa saya memilih @GAMAISITB karena saya pikir kegiatannya sesuai minat. Tidak terlalu menyita waktu dan banyak belajarnya. Yah apapun pilihan organisasi kamu. Pastikan. itu menunjang perkuliahanmu. Jangan sampai kontraproduktif

Ketiga. Biasakan ritme perkuliahan. Adaptasi sistem sks,kenali dosen. Sesuaikan tugas kuliah dan teman. Bagus juga kalau teman kita agak variasi. Jangan cuma satu sekolah atau daerah. Basi lah ya. Kenali semuanya. Dulu pas saya jadi mahasiswabaru di angkatan ada geng jakarta geng sma 3 bandung hehe. Ah males bener. Kita mah asik sama semuanya

Suasana kuliah agak beda dENgan sekolah. Kadang persaingan terasa. Tapi emang banyak nyampahnya sih saat kuliah hehe.. Keempat. Pilih sahabat seperjuangan. Apakah ini ? Ya sahabatmu yang akan menemani hingga selesai.  Sahabat di kuliah maupun di organisasi. Jadi seiring sejalan menapaki kisah di kampus hehe.. Sahabat seperjuangan inilah yang akan menguatkan dan mengingatkan kala kita lemah dan gentar. 

Bung @luthfinurhakim dan @gumi_rh adalah dua sahabat seperjuangan saya. Di kampus. Satu organisasi beda jurusan.  Bahkan bung @gumi_rh jadi menteri saya di dua organisasi dengan posisi yang sama yaitu ekonomi/entrepreneurship.  Kelima. Bikin rencana kuliah. Target apa yang mau kamu capai setelah meninggalkan kampus. Bikin indikator. 

Ipk diatas 3. Lulus cum laude. Jadi ketua organisasi. Toefl 550. Punya jaringan tokoh. Punya jaringan pengusaha dll.  Atau ikut konferensi.internasional. Menang lomba akademik. Punya proposal bisnis. Punya karya sebelum lulus. Saya dulu lulua ipk 3.3. Sempet 4,0 beberapa semester. Jadi kepala @GAMAISITB dan presiden @KM_ITB . Ikut beberapa conf intl tk asean-aussie.

Mission statement atau rencana kuliah ini bisa kamu tuliskan lalu tempel di kamar kamu. Jadi penyemangat diri.  Keenam. Jangan habiskan waktu buat bergalau. Percayalah jodoh gak akan kemana. Mending fokus kejar prestasi dari pada bergalau ria jadi ga produktif. Hehe… Sekedar saran aja. Single itu keren. Mungkin karena diriku aktivis ya. Single lebih bebas. Ga ada ikatan. Bisa flexible dan tidak terikat. Jadi produktif kejar prestasi. 

Ketujuh. Coba lah jaga kesehatan makan yang baik dan olahraga yang cukup. Kalau sakit kuliah terbengkalai.  Kurangi makanan pengawet seperti mi instan. MSG itu ga baik buat kesehatan. Mending makan nasi dan kuah soto deh. Terakhir kedelapan. Banyak doa sama Allah agar Dia memudahkan jalanmu menempuh perkuliahan di kampus. 

Jangan pernah sedetik pun lepas dari Allah. Karena Ia lah yang akan mengokohkan dan menguatkanmu. Sekian tentang mahasiswa baru. By @udayusuf

  1. #1 by zero on September 22, 2012 - 10:23 PM

    artikel menarik
    izin copas
    buat menyemangati adek2 saya angkatan 2012
    nanti sumbernya saya tulis di awal dan di akhir artikel kok
    by : zulfauzi.blogspot.com

    • #2 by 3yuwono on September 22, 2012 - 11:08 PM

      🙂 semoga bermnfaat

  2. #3 by 3yuwono on September 27, 2012 - 4:18 PM

    Gratefully

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: