Review Ramadhan dan manfaat silaturahim

Alhamdulillah kita berkumpul di tempat yang nyaman dan mungkin jarang jarang yah, sering sering juga boleh sebenarnya😀 bisa diatur aja. Ya ini merupakan salah satu kenikmatan yang Allah subhanahuwata’ala berikan kepada kita. Sehingga kita dapat berkumpul bersama disini. Ketika kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat kita. Mudah mudahan berkumpulnya kita disini dapat menjadikan keistiqomahan kita di jalanNya

Shalawat serta salam mari kita panjatkan kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam. Santai aja yah kaya di pantai😀 kita ngobrol aja mungkin sedikit ada tausiah dari saya. Buat mengingatkan diri pribadi saya sendiri buat ibroh kita semua. Yang pertama masih ingat kan yah kita baru saja berpisah dengan Ramadhan, masih ingat kan dengan ramadhan yah🙂 baru kemarin masa udah lupa nih

Ada sebuah kisah yah, mudah mudahan ini bukan di umpamakan buat kita, sebuah perumamaan seperti ini; ada seorang perempuan yang mengumpulkan benang di pagi harinya dia menenunya untuk dijadikan sepotong kain. Disore harinya jadilah tenunan itu sepotong kain Namun pada malam harinya ia urai lagi kain itu jadi benang Kembali. Terus seperti itu

Apa maknanya perumpamaan ini. Sama seperti ibadah di bulan Ramadhan yah. Aktif yah ketika ramadhan shalat tarawih, bangun malam tahajud & jamaah di masjid. Tilawahnya pun juga lebih banyak lebih rajin bisa khatam 1 bulan. Tapi pertanyaanya apakah di bulan syawal dan bulan selanjutnya kita masih melakukan hal yang sama. Ya ini mungkin sebagai refleksi buat saya sendiri, buat kita semua apakah kita seperti perumpamaan perempuan penenun benag yang tadi udah melkukan suatu kebaikan tapi kebaikan itu di sia siakan,

Akhirnya ia memulai lagi kembali ke titik awal lagi. Apakah kita mau rajin ke masjid nunggu bulan Ramadhan lagi ? Apakah kita mau baca Quran nunggu Ramadhan juga, “ah nanti aja ah bulan ramadhan khatam quran nya. Bukankah bisa juga kita khatam Quran setiap bulan. Ini jadi renungan buat kita kembali jangan sampai kebaikan yang sudah kita dapatkan kita sia siakan. Dan pemenang yang sesungguhnya,yang sejati adalah mereka yang mampu mempertahankan apa yang telah didapatkan di bulan ramadhan di 11 bulan berikutnya,.

Mudah mudahn kita bisa seperti itu. Semangat ramadhan 3 minggu yang lalu masih ada pada kita semua. Kalo belum ada semangat nya ya saya coba ingatkan kembali jangan sampai semangat ramadhan kita ilang seiring dengan habisnya kue lebaran. Jadi kue lebaranya habis puasa nya udah ngga inget lagi. Ibadah ibadahnya juga udah ngga inget, Al Quranya juga udah di taruh di lemari di simpen di kunci lagi.

Mudah mudahan tidak seperti itu yah Al Quranya masih jadi teman setia kita setiap hari ( http://www.santritahfidz.com/ ) mungkin mengingatkan diri saya sendiri suaya kita jadi pemenang sejati. Menang yang sesungguhnya dalam latihan di bulan ramadhan untuk 11 bulan berikutnya. Lalu kita nyambung ke silaturahim nih, mungkin sudah sering dengar tentang silaturahim yah

Ini sesuatu yang istimewa sekali dalam Islam yah suatu hubungan persaudaraan, untuk menjaga hubungan persaudaraan di antara kita. Dan manfaatnya pun banyak sekali bukan hanya dunia bahkan bermanfaat samapi akhirat. Dan dalam dunia bisnis orang orang atu bangsa lain yang bukan muslim pun menerapkan silaturahim ini tapi mungkin dalam bahasa yang berbeda

Misal istilahnya nertwoking, jaringan. Tapi bukan jaringan komputer yah namun intinya sama seperti jaringan komoputer. Jaringan komputerkan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain. Begitu juga silaturahim, networking. Orang orang bisnis itu jaringanya harus kuat, Orang orang politik pun menerapkan silaturahim itu. Namun sebagian orang muslim itu melupakan dengan manfaat silaturahim.

Manfaat silaturahim itu;

  1. Manfaat di akhirat nya silaturahim itu merupakan salah satu penyebab kita masuk surga dan bisa juga sebaliknya jadi penyebab kita masuk neraka kalo kita memutuskan silaturahim.Dalam sebuah hadist Rasulullah riwayat muslim, abi ayub al anshari mengataka;
    ada salah seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah shalallahu’alaihi wasallm ”Ya Rasul beritahukan kepadaku amalan apa yang menyababkan saya masuk surga, yang pertama rasul menjawab shalat & jangan menyekutukan Allah. Lalu disebutkan yang lain & yang terahir jagalah silaturahim.

    Jadi kalo ada yang dengan sengaja tidak tegur sapa itu tidak boleh. Makanya dala Quran dijelaskan tidak boleh marahan lebih dari 3 hari. Antara teman kelurga. Apalagi suami istri marahahnya ada etikanya loh. Tidak boleh misalnya kita marah dalam hal yang parah sekalipun piring berterbangan, banting bantingan pintu/apalah. Udah banyak yang nikah belum? Udah banyak yang mau kali😀

    Etika marah suami istri yang pertama balik badan kalo tidur. Istri menghadap kemana suami sebaliknya. Itu di bolehkan & tandanya lagi marahan. Tidak boleh langsung pisah ranjang suami/istri tidur diluar, ini tahap berikutnya tahap awal balik balikan badan.

    Jadi kalo kaya istilah bercerai dsb itu langkah terahir. Begitu juga ketika kita ada masalah dengan teman. Kita tidak boleh langsung, “loe gue end” Dalam keluraga juga sering biasanya seputar masalah warisan. Tidak mau berkunjung atau mengunjungi. Tidak mau bertegur sapa karenA ada masalah itu ancamanya neraka. Tidak boleh dalam Islam

  2. Manfaat di dunianya;
  • Silaturahim bisa bikin panjang umur. Logikanya kita hubungkan dengan hal ilmiah yah hasil penelitian dari negara negara barat orang yang kesepian hidup sendiriian itu lebih cepat mati. Makanya hati hati nih yang ga punya bnyak temen & kegiatan pulang kerja, pulang kuliah langsung kekontrakan. Sendirian kesepian,..ga ada temenya ga suka bergaul ga suka berkumpul
  • Beda kalo orang yang kumpul silaturahim beginian nih kita disini senang senang senyum sharing sharing. Walupun banyak utang nya😀 Masa mau ceriati kalo lagi banyak utang disini.. Apalagi di acara acara yang seperti ini membuat kita rileks. Misal orang orang tua yang udah pensiun biasa sibuk pulang sore, ketuka pensiun secara psikologis dia akan kesepian apalagi istri udah ngga ada. Anak udah pada misah
  • Berbeda sekali dengan kita yang sering kumpul sering berinteraksi seperti ini. Contoh lain ayam kampung. Ayam kampung lebih kuat, makanya lebih banyak, lebih enak dagingnya, banyak temenya karena sering jalan sering silaturahim. Beda dengan ayam negri yang terkurung dalam kandang yang temmenya itu itu aja dan tidak silaturahim
  • Silaturahim bisa memperbanyak rizki. Logikanya kalo kita sering ketemu banyak orang maka peluang bisnis besar sekali. Contoh di kitalah orang padang misalnya. Kalo mau bisnis gampang kalo mau bisnis ga punya modal tinggal ketemu orang sekampung, jalan tuh bisnis. Karena silaturahim itu tadi mereka saling percaya kan. Bisa juga bikin perut kenyang😀
  • Kalo kita ga punya temen susah mau dapat informasi dari mana. Apalagi kalo kita besrsilaturahim dengan orang orang sukses itu berdampak sekali pada kita. Yang aktif di organisasi dia punya temen yang lain, banyak. Beda yang tidak ikut organisasi temenya orang sekelas saja itu aja kalo akrab. Sering kali Cuma kenal namanya doang. Bahkan sampe lulus kuliah pun Cuma kenal muka dikelas😀 masih ada banyak
  • Silaturahim bisa menambah ilmu dan mendatangkan hidayah. Kalo orang jarang ketemu dengan orang lain jarang ngobrol bisa dia kurang informasi wawasanya cetek. Seperti pepatah katak di dalam tempurung dia tidak tau dunia luar selain dalam tempurungnya saja. Tapi kalo orang yang sering berkumpul silaturahim berinteraksi dengan orang lain dia akan dapat banyak wawasan
  • Orang yang tadinya malas ibadah kalo ketemu dengan oranga yang rajin Ibadah kita bisa jadi kebawa rajin juga. Begitu juga sebaliknya kalo yang rajin ibadah ketemunya orang orang yang malas kita juga bisa ketularan malas. Jadi hati hati silaturahimnya kemana dulun nih jangan salah
  • Silaturahim mempermudah jodoh kita. Temenya banyak, daftarnya banyak. Phone book nya banyak. Kalo yang jarang silaturahim temenya sedikit relasinya juga sedikit. Tidak punya referensi. Sering seringlah bersilaturahim jodohnya tergantung kita orang yang baik dapat jodoh yang baik, orang yang jahat ya jodohnya jahat juga. Sunatullah nya begitu yang baik ketemu yang baik dan yang jelek ketemu yang jelek
  • Orang yang sering ngaji, sering ke mesjid ya jodohnya di pengajian di mesjid itu juga. Orang yang sering ke diskotik, ke klub malam jodohnya disitu juga. Tidak jauh dari situ karena itu udah ada kemistrinya, ibarat mur sama baut. Karena tidak mungkin orang yang senang dugem sering ke diskotik nyari suami/istri yang rajin ngaji rajin ibadah, rajin ke mesjid. Kecuali benar benar mau taubat. Begitu juga wanita/pria yang alim, shaleh taat ibadah tidak mungkin nyari suami/istri yang rajin ke diskotik rajin dugem, preman.

Silaturahim akan terasa sekali yah kalo kita ada di perantauan, bahagianya mudik😀 walaupun biayanya naik 2 kali lipat yah. Seperti disini yah kita sama sama merantau sebelumnya belum saling kenal. Sekarang kita saling kenal kita jadi saudara disini yah mungkin saudara saudara kita jauh dikampung. Insya ALLAH kita lebih mudah berinteraksi karena mulai semester ini saya sudah ngajar di STIE INSAN PEMBANGUNAN.

Nambah lagi yah😀 masa muda adalah seperti kristal. Semakin tua kita akan semakin mengeras seperti kristal. Seperti halnya orang tua kalo kita nasehatin ngeyel yah walaupun salah susah sekali untuk dibentuk lagi. Beda kalo anak kecil/muda itu masih seperti tanah liat masih gampang di bentuk. So Mumpung kita masih muda perbanyaklah dengan ilmu kebaikan, banyak ngaji yah. Agar lebih baik lagi kulaitas iman & taqwa kita. Terimaksih semoga bermanfaat,.. By Ust Ahmad Farhan,MM.MBA alumni Universitas Utara Malaysia. Dosen STIE STMIK Insan Pembangunan.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: