Perumpamaan hati

Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah berkata:”Apabila badan sakit tidak bermanfaat lagi padanya makanan dan minuman, Begitu juga apabila hati sakit karena syahwat, tidak bermanfaat lagi padanya nasehat-nasehat, Barangsiapa yang menginginkan kebeningan hati, hendaklah ia mengedepankan Allah atas syahwatnya, Hati yang terikat oleh syahwat akan terhijab dari Allah sesuai kadar keterikatannya dengan syahwatnya tersebut,.

Hati itu ibarat bejana-bejana Allah di muka bumi, yang paling dicintai-Nya adalah yang paling lembut, paling tegar dan yang paling bening”. Ingin hidup TENANG, MULIA dan selalu CUKUP ? Rahasianya PANTANG berharap/bergantung kepada siapapun selain hanya kepada ALLAH. Bergantung/berharap pada manusia akan membuat sengsara. Mintalah yang terbaik menurut Allah, doa geber ibadah yang wajib & yang sunnah. Jangan minta terbaik menurut kita karena ilmu kita terbatas oleh ruang dan waktu.

Dimabuk cinta kepada manusia pasti akan sengsara, namun cinta berat kepada Allah, dijamin akan semakin bahagia. Hidup yang meletihkan adalah sibuk pencari penilaian manusia, hidup yang menentramkan adalah sibuk hanya mencari penilaian Allah. Kepahitan yang membuat dekat dengan Allah jauh lebih baik daripada kenikmatan yang membuat lupa kepada Allah.

Cinta menggebu kepada Allah membuat hidup jadi indah & bahagia, mabuk cinta kepada manusia bikin sengsara dan hina. Allah lebih tau keperluan kita daripada kita sendiri, sibuk saja melakukan yang Allah sukai, nicaya akan terjamin. Hidup adalah perpindahan satu masalah ke masalah lain, sebagai karunia agar bertambah ilmu, pengalaman, pahala dan kemuliaan

Jangan pernah ragu kepada janji dan jaminan Allah, selama ini kita kurang patuh Allah tetap menjamin kita apalagi bila sungguh sungguh. Sibuklah megurusi apa yang Allah perintahkan/sukai niscaya semua urusan dan keperluan kita Allah yang urus dan bereskan. Semakin tak berharap apapun dari makhluk dan hanya berharap dari Allah Yang Maha Kuasa atas segalanya dijamin hati akan tenang.

Hidup ini sebenarnya sederhana, tapi diri kita sendirilah yang memperumitnya. Fokus itu indah. fokus itu nikmat dan fokus itu sukses.. fokuslah kepada Allah semata. Orang yang ikhlas adalah orang yang fokus hanya ingin diterima Allah, tidak sibuk dengan penilaian/balasan dari selainNya. Kemuliaan seorang Mukmin terletak pada shalat malam
(Tahajud) dan kehormatannya adalah pada saat ia tak lagi bergantung pada manusia.” (HR. Thabrani

Orang yangg menghina sedang mempertontonkan kehinaan dirinya, Orang yang pusat perhatiannya tertuju kepada Allah.. Hidupnya akan sangat tentram dan urusan urusannya diurus oleh Allah. mulut seperti moncong teko, hanya mengeluarkan isi teko, didalam hati bening keluar bening, di dalam comberan keluar comberan…

Semakin tak berharap apapun dari makhluk dan hanya berharap dari Allah Yang Maha Kuasa atas segalanya dijamin hati akan tenang. Ketenangan itu hanya milik Allah. hanya akan diberikan kepada yg ingat kpdNya.. maka jangan cari ketenangan dari apapun/siapapun. Sibuk dengan cinta manusia hati sering terluka, tapi sibuk dengan cinta Allah, DIA tidak akan melukai hati pecintaNya.

Yang terpenting sebetulnya bukan cinta manusia, tapi cinta Allah Yang tak akn pernah mengecewakan para pecintaNya. Semakin terpesona kepada duniawi, semakin berat dan meletihkan hidup ini, tapi terpesona ke akhirat hidup lebih enteng. Sebanyak apapun dosa bila sungguh sungguh taubat, ampunan Allah jauh lebih luas, DIA menyayangi orang yang taubat.

Yang membuat lelah hati adalah sibuk mengurusi masalah sendiri, tak menyerahkan dan menggantungkan kepada Dia yang Maha Kuasa. Kalau kita lemah, maka kita akan menyebarkan kelemahan. Kalau kita kuat dan tegar.. Kita akan menguatkan. Sebetulnya kita tidak disuruh mnyelesaikan masalah sendiri, kita disuruh yakin dan taat, lalu Allah menuntun kita dapat solusi.

Apa urusan kita dengan orang yang menghina, penghinaan adalah urusan dia dengan Allah, urusan kita adalah mnjaga hati agar selalu bersih. Rahasia Allah terhadap hamba hambaNya begitu sempurna, berliku liku agar semakin bersih tauhidnya tak menuhankan siapapun selain DIA. Hidup sibuk mencari penilaian manusia akan melelahkan.

Kita terlalu banyak ‘ngatur Allah’, harusnya atur diri supaya yakin & patuh kepada Allah, selebihnya DIA akan ngurus urusan kita. Yang jadi masalah dalam hidup ini bukan pada masalahnya melainkan pada SIKAP kita terhadap masalah. Tidak ada satupun masalah yang kita hadapi kecuali Allah pasti sudah siapkan jalan keluarnya, bila kita sungguh sungguh mendekat kepadaNya

Berbisiklah terus, memohon kepada Allah Yang Maha Dekat, yang Maha Mendengar stiap bisikan dan Maha mengabulkan doa. Yang beruntung dalam hidup ini adalah yang hatinya tidak BERGANTUNG dan TAKUT selain hanya kepada ALLAH, niscaya akan tentram dan mulia. Makin tidak silau duniawi hati makin tenang, pikiran makin jernih, akhlaq makin baik, ibadah kian khusyu, prestasi mudah diraih

Kita sibuk mengaharapkan cinta manusia yang tak punya apa apa. Tapi tidak sibuk mencari cinta DIA Penguasa dan Penentu segalanya. Bila hati ini nyantel terus kepada Allah dalam aktivitas apapun, pasti akan beda rasanya, lebih ringan, adem, semangat & nikmat. Lahiriah kita bisa bergaul dekat dengan manusia tapi hati jangan berharap apa apa darinya, hati cukup hanya brharap kepada Allah.

Bila hanya duniawi saja yang ada dalam pikiran tidak ingat DIA Yang Memiliki & Menggenggam dunia ini pasti akan slalu resah & lelah. Janganlah kau habiskan waktu dan tenaga mu hanya untuk memikirkan duniawi saja, siang malam mikirin mahluqNya (pacar, rumah mewah dll). Sehingga tinggal waktu sisa buatNya bahkan sampai tidak tersisa sedikitpun waktu buatNYA. Ingatlah Allah yang memiliki dunia & akhirat. Dekatilah Allah,.. bila ingin meraih dunia dan akhiratNya,..

Saudaraku, Mari kita terus bertaqwa kepada Allah tanpa henti, tanpa malas, tanpa ngedumel, tanpa merasa beban. Panjang angan-angan merupakan sebab kesengsaraan. Diantara tipu daya iblis yang paling berhasil dimana dia menyerang manusia supaya menunda taubat, menimbulkan Keraguan di hati| Bertaubat kepada Allah dari seluruh dosa-dosa adalah wajib bagi kita pada setiap waktu. Siapa yang kenal Allah, maka hatinya pasti akan lunak dan lembut, dan siapa yang jahil terhadap-Nya, maka akan keras hatinya. By @aagym

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: