Reviuw tarhib ramadhan

Shaum itu adalah menahan diri dari hal hal yang membatalkannya | dengan niat, dari terbit matahari sampai terbenamnya. Adapun rukun shaum, adalah menahan diri dari yang membatalkannya | yaitu keinginan perut dan keinginan kemaluan. Di bulan ramadhan, puasa bernilai spesial bagi Muslim | karena ia termasuk salah satu rukun Islam, penanda ke-Islam-an. Maka dalam Quran surat 2:183 | Allah hanya menyeru puasa bagi yang miliki iman sahaja, agar meningkat derajat ketakwaannya

“seandainya para hamba tahu yang terdapat pada ramadhan, niscaya mereka harapkan ramadhan terjadi sepanjang tahun” (HR Thabrani). Mengapa, karena kebaikan yang sangat banyak terdapat dalam bulan penuh kebaikan ini | Allah berikan seluas-luasnya pahala. “bila ramadhan telah datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu” (HR Bukhari Muslim)

Saat kebaikan dimudahkan, dan keburukan dihijab dari hati Muslim | pahala bertebaran, itulah ramadhan, bulan penuh berkah. Rasul bersabda “setiap amal kebaikan untuk anak adam dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat.. >> Allah subhanahu wata’ala berfirman “kecuali puasa. Karena ia milik-Ku, dan Aku akan membalasnya..” (HR Muslim)

“orang berpuasa punya 2 kebahagiaan: satu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan yang lain ketika bertemu dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi” (HR Muslim) | masyaAllah😀 Syarat wajib puasa: 1) Muslim 2) baligh dan berakal 3) mukim (tidak safar) | syarat sah: 4) tidak haid/nifas 5) Bulan ramadhan

Nah, biar puasa kita afdhal, mari kita review keutamaan2 saat ramadhan🙂 Pertama, niat yang bener saat puasa | niat nggak perlu dikeraskan, dalam hati boleh, boleh bahasa arab, juga boleh indonesia🙂 Setelahnya jangan lupa ikutan sahur, jangan mengarang kalau nggak sahur pahala puasa lebih banyak, nggak ada itu. “bersahurlah kalian karena dalam sahur terdapat berkah” (HR Bukhari Muslim)

“sahur adalah berkah, karena itu janganlah kalian meninggalkannya meskipun dengan menelan seteguk air.. sesungguhnya, Allah dan malaikat-Nya memberikan shalawat kepada orang-orang yang melakukan sahur” (HR Ahmad). Kapan enaknya sahur? | “Ummatku selalu berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur” (HR Ahmad)

Waktu imsak hanya berhati hati saja, masih boleh sahur | bahkan ada dalil yang mengatakan saat adzan shubuh juga masih boleh🙂 “jika seseorang dari kamu mendengar adzan (shubuh), sedangkan bejana (air) di tangannya maka janganlah dia meletakkan bejananya hingga dia menyelesaikan hajatnya darinya (minum)” (HR Ahmad). Jadi batas akhir sahur adalah sampe selesai adzan shubuh | bagusnya ya jangan mepet-mepet, berhentilah sebelum adzan shubuh

Saat berbuka pun usahakan agar diawal waktu, jangan ditunda-tunda | karena Rasulullah contohkan begitu. Rasul biasa berbuka dengan kurma yang jumlahnya ganjil dan air putih lalu shalat maghrib | bukan ditujukan balas dendam kayak kita kita. Banyak banyaklah berdoa pas puasa | “..yang doanya tidak akan ditolak, yaitu orang yang shaum hingga ia buka.. (HR Tirmidzi)

Doa buka Rasul | “Telah hilang rasa haus dan urat urat telah basah serta pahala akan tetap, insyaAllah” (HR Abu Dawud) 

Dari sekarang, jadwalkan kasi banyak orang makan buka puasa | kalo deket masjid, ketua DKM gilir warga buat ngasi makan buka puasa🙂 Ini nggak boleh dilewatkan pas ramadhan >> kasi makanan buka ke orang yang puasa | pahala dia kita dapet, pahala dia nggak kurang. Apalagi ngasi buka puasa ustadz ustadz (#eh salah ya hehehe.. ngguyu-ngguyu) | apalagi kasi makan puasa yang kesulitan, tambah mantep!

”siapa beri makanan berbuka orang yang berpuasa, baginya pahala yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala yang berpuasa sedikitpun” (HR Tirmidzi). Jangan berkata dusta, maksiat, nggosip, ghibah, hasud dll pas puasa | batal sih nggak, cuma ngabisin pahala banget. “siapa tidak meninggalkan perkataan dusta, maka Allah tidak memerlukan makanan dan minuman yang ditinggalkannya” (HR Bukhari)

Dusta aja jangan, apalagi pacaran, waduuh, bisa bisa minus tuh pahala | jaga diri dan hati selama ramadhan, bekal buat abis ramadhan🙂 Makanya #Udah Putusin Aja, sebelum ramadhan ini waktu yang tepat | nanti abis puasa baru putusin lagi (#ehh sama ya? :D) Hati hati kata Rasul, banyak yang puasa, tak dapatkan kecuali lapar, haus dan ngantuk | karena puasanya jalan, tapi maksiatnya tetep

Rasul contohkan bahwa di bulan ramadhan beliau lebih sering bertadarus Al-Qur’an | kita juga, jangan lepas sehari tanpa Al-Qur’an. Selanjutnya, itikaf di 10 hari terakhir ramadhan | asyiik kan, begitulah beberapa keutamaan keutamaan di bulan ramadhan. Menurut madzhab syafi’i, apa aja yang dimakruhkan saat puasa? simak list list berikut dan usahakan jauhi supaya afdhal ramadhannya

Puasa, makruh untuk: berbekam, mengeluarkan darah, mencium istri, cicip masakan, sering sering masuk kamar mandi, sering sering kumur kumur, sahur dengan makanan makanan yang buat haus, dan mencari kesenangan lewat 5 indera (gim, nonton film, dll) Siapa aja boleh nggak puasa?: Ibu hamil/Ibu menyusui/Ibu mengandung, ,safar, sakit, jihad, tua renta, lapar/haus yang memaksa

Terhadap yang barusan disebut, maka wajib meng-qadha (mengganti) puasanya di waktu-waktu yang lainnya. Bila kurang jelas tentang qadha puasa, fidyah dll, silakan liat catatan saya sebelumnya yang berkaitan dengan ini. Gosok gigi boleh ketika puasa, bagusnya sebelum shubuh gosok giginya | siang siang gosok gigi makruh. Wanita boleh ikut i’tikaf pas 10 hari terakhir di masjid, asal tempatnya pisah, cari masjid yang mumpuni | walau utamanya itikaf dirumah

Buat perencanaan sebelum ramadhan, banyak banyak siapin sedekah buat ramadhan | yang paling penting siapin iman biar jadi takwa. Yang ibu Muslimah, hayo beresin rumah | mertua dateng aja beres beres rumah, ini tamu lebih agung, kudu bersih dan indah rumahnya. Beli baju baru sekarang aja menjelang ramadhan, biar semangat ramadhan | biar nanti pas 10 hari terakhir fokusnya amal, bukan mall..

Jangan lupa setelah putusin pacar, tutup auratnya | itu sebaik-baik persiapan bagi yang masih buka aurat pacaran pula. Dan inget, keberhasilan ramadhan itu ditentukan bukan pas ramadhannya | tapi pas setelah ramadhan | kita berubah lebih baik atau nggak. Ya Allah sampaikan kami di ramadhan, sampaikan kami di bulan penuh berkah, terima doa dan pahala kami, aamiin …. By @felixsiauw

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: