Mahasiswa baru

Langkah awal yang perlu dibangun ketika memulai kuliah adalah membangun rencana kuliah, visi selama kuliah. DREAM BOARD. Hidup tanpa tujuan seperti sayur tanpa mangkuk. Jadi rencanakanlah masa 4-5 tahun kamu dikampus dengan baik dan seksama. Kalau kita sudah tau akhirnya, maka kita akan lebih muda dalam menurunkan tahapan atau langkah yang perlu kita siapkan. 

Sebutlah di akhir masa kuliahmu, kamu mau berkontribusi di masyarakat dalam hal tertentu. Atau membuka bisnis baru. Atau ada mimpi posisi tertentu di jenjang kemahasiswaan kamu. apapun itu. rencanakan dengan baik kawan. Sebutlah kamu mau jadi entrepreneur. kamu bisa memanfaatkan dunia kampus untuk latihan bisnis. belajar dari mentor. ikut lomba. 

Kamu juga bisa memulai bangun jaringan alumni buat dukung bisnis kamu dan juga untuk menguatkan basis bisnis kamu. Latihan bisnis pin, pulsa, donat, herbal, atau apapun. mulailah berlatih selama di kampus. abis lulus kamu akan lebih matang. Atau kamu mau jadi profesional tulen. mulai kejar target IPK mu. belajar membangun CV, bangun etos kerja. 

Cari peluang magang atau belajar di perusahaan yang kamu minati. dan jadikan itu sebagai kesempatan untuk berkembang. Tiap perusahaan punya kebutuhan yAng khas. coba cari tau itu dan lihat apakah itu cocok dengan minat dan potensi kamu. Kamu pengen jadi aktivis tulen. lihatlah peluang karir kemahasiswaan yang mungkin kamu langkahi. bertahap dan terencana. 

Ikuti kepanitiaan skala kampus untuk meningkatkan kemampuan sosial dan interaksi kamu. buka wawasan dan teman. Jadi aktivis tulen juga perlu kompetensi. jangan cuma jago cuap cuap tanpa isi. apa keahlian yang mau kamu jadikan keunggulan ? Seru deh jadi aktivis. hari ini demo. besok baksos. lusa kajian. besoknya lagi olahraga di kampus. hidup jadi makin hidup.

Aktivitas di organisasi mahasiswa juga bikin kita makin matang dengan segala konflik dan romantisme yang menarik.tak terlupakan.Pilihan lain kalau kamu mau jadi akademisi. naikin tuh IP. ikuti kegiatan keprofesian dan lomba ilmiah. cari pengalaman. Untuk jadi akademisi, jiwa peneliti kamu perlu ditingkatkan. jangan hanya teori. tapi juga bagaimana potensi aplikasinya. 

Banyak kesempatan untuk seminar kepemudaan dan ilmiah muda. di dalam dan luar negeri. ambil kesempatan itu kawan ! Kalau ada kesempatan lihat dunia gratis selagi mahasiswa. coba di ambil kawan. makin seru pengalamanmu.Saat tingkat 4 mulai rencanakan kalau mau lanjut kuliah. tingkatin kemampuan bahasa inggris. bikin proposal penelitian.

Sehingga saat kamu meninggalkan kampus. kamu sudah siap mencari kampus dan beasiswa untuk master kamu. Buat target, maksimal 2 tahun setelah lulus udah berangkat kuliah. agar tak terlalu telat berkarya nantinya. Buat akademisi, titel minimal master sangat penting. karena jadi pengakuan civitas academia. bargain power. Banyak kampus bagus dan kesempatan beasiswa. detailnya cek beasiswa LN , yuk semangat Mahasiswa baru

Itu tadi cuma contoh contohnya aja ya🙂 apapun kamu mau jadi apa nantinya. rencanakan kawan. apa mimpimu kawan ? Tantangan besar masa depan negeri ini akan sangat bergantung dari bagaimana besarnya mimpi pemuda dan mahasiswa. Berjuta rakyat menanti tanganmu kawan. mereka berharap ada perbaikan di negeri ini. mereka ingin tersenyum :-) 

Kamu ingin kah bermanfaat bagi negeri ini kawan ? apa potensi mu yang bisa kamu berikan buat terangkainya senyum negeri ini? Salah satu langkah penting untuk berkontribusi bagi negeri adalah rencana hidup. buat dirimu lebih berarah dan terarah. Antara akademik dan non akademik pastikan seimbang. jangan berat sebelah. dan idealnya bisa kok. kamu hanya perlu fokus. 

Jangan sampai kamu berat sebelah. seimbang penting. kurangi waktu tidur dan main-main. waktumu harus produktif. Langkah-langkah awal mahasiswa baru akan segera dimulai. dan langkah awal akan sangat menentukan langkah selanjutnya. Jangan sampai kamu lalai dan kehilangan waktu dan kesempatan emas yang telah Allah berikan. manfaatkan untuk kebaikan. 

Jangan terlalu banyak habis buat galau akan cinta. cinta itu datang ketika kamu sudah layak untuk mendapatkannya. Tidak perlulah kamu mengemis cinta ke mahasiswi atau mahasiswa. stay cool aja. tingkatkan kapasitas dirimu. Jangan berlindung dibalik nama almamater. buat almamatermu bangga pernah memiliki mahasiswa bernama dirimu ! 

Menjadi Mahasiswa baru adalah sebuah anugrah. kesempatan besar untuk memulai hidup baru. gaya baru. semangat baru. Yang dulu SMA masih bandel, yuk tobat saat jadi mahasiwabaru , jadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat untuk bangsa. Yang dulu pas SMA udah terjebak pada cinta playboy dll. yuk saat jadi mahasiswa baru mulai menata diri dan berbuat lebih bijak.

Yang dulu pas SMA males belajar. nah mulai rajin di kelas dan ngerjain tugas saat jadi mahasiswa baru , bangun budaya akademikmu. Karena saat jadi mahasiswa barulah kamu punya kesempatan besar untuk mengubah hidupmu. apalagi yang udah terlanjur kacau di SMA. Yuk sahabat-sahabat semua. bangun mimpi dan jiwa besarmu selagi jadi mahasiswa baru :-) buktikan kepada dunia bahwa kamu mampu

Mentari menyala disini. di dalam hatiku. aku yakin kalau mahasiswa baru tahun ini adalah para calon pemimpin dan penggubah bangsa Indonesia! Demikian berbagi singkat tentang mahasiswa baru.

By @Udayusuf, Mahasiswa baru Erasmus University Rotterdam

  1. #1 by lista de emails on August 19, 2012 - 2:04 AM

    this website is recommended for all ages, as it contains good and informative stuff. lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails

  2. #2 by 3yuwono on October 11, 2012 - 11:52 PM

    gratefully

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: