Cahaya Allah

Sedikit membahas tentang tafsir QS An-Nur ayat 35. QS 24: 35 ini menggambarkan tentang “Nurallah” atau cahaya Allah. Di dalam Al-Quran, 84 kali disebutkan kata “Nur” ini. Ada 2 jenis Nur, yaitu Nur Maaddiun (materi) dan Nur ghairu maaddiun (imateri). Nur maaddiun adalah cahaya yang bersifat materi, terlihat fisik & materinya, dirasakan kberadaannya.

Jadi yang dilihat disini adalah fungsinya. Dengan sebab cahaya orang jadi bisa melihat benda2, dll. Misalnya dalam QS. 6: 1. “Sgala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit & bumi, dan mjadikan gelap & terang..” (6: 1). Jenis Nur yang kedua adlh “Ghairu Maaddiun” yang artinya adalah cahaya yang bersifat spiritual, non-fisik, dan non-materi.

Artinya cahaya jenis ini tidak dapat dilihat keberadaannya secara fisik. Ia hanya dapat dirasakan oleh hati kita. Maaf, tambahan contoh nur maaddiun pun dapat dilihat dalam QS Yunus (10): 5. Dalam QS 10: 5, disebut kata “dhiya” yang berarti sumber energi dan sumber kekuatan. Sabar & puasa dapat menjadi sumber energi & kekuatan yang dahsyat bagi manusia. 

Puasa adalah latihan kesabaran buat kita tuk jadi manusia yang sabar. Sabar dalam hadapi tantangan & masalah hidup. Jika kita sabar, maka kita akan menjadi pribadi yg kuat, tidak mudah putus asa, optimis, & dapat mngendalikan diri kita. melanjuti jenis cahaya yANg kedua, ghairu maaddiun, stiap kali kata cahaya “nur” disandingkan dengan kegelapan “dzulumat”.. 

Kata “dzulumat” ini selalu dalam bentuk jamak, sedangkan “nur” selalu dalam bentuk single. Karena memang sumber & penyebab kegelapan (dzulumat) ini banyak, spti kemiskinan, kekufuran, menyembah selain Allah, dsb. Sedangkan cahaya “nur” hanya bersumber dari Allah Yang Maha Esa. Terdapat 3 jenis nur ghairu maaddiun di dalam Al-Quran, yaitu dinul (agama) Islam, al-iman, & Al-Quran. 

Pertama, dinul Islam. Jika cahaya Islam ini masuk ke dalam hati seseorang, maka hati akan menjadi tenang meski banyak tantangan. Pada wajahnya pun akan terpancar ketenangan. Meskipun di dalam hidupnya diberikan masalah & ujian dari Allah.  “Maka apakah orang2 yang dibukakakn hatinya oleh Allah untuk menerima agama Islam lalu dia mendapat cahaya dari Tuhannya.. 

..(sama dengan orang yang hatinya membatu)? Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mngingat Allah. Mereka dalam kesesatan yang nyata.” (39: 22). Dlm QS 39: 22 disebutkan bahwa agama Islam akan memberikan cahaya kepada hati manusia. Sehingga, apapun masalah yang kita hadapi, jika Allah berikan cahaya maka kita akan tenang. Sebaliknya, jika kita tidak diberikan cahaya oleh Allah melalui agama Islam, maka kita berada dalam kesesatan yang nyata.

Kedua, al-iman. Seperti digambarkan dalam QS 14: 1, “Alif laam raa. Ini adalah kitab yang kami turunkan kepada mu Muhammad. Agar kau keluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan,menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa,Maha Terpuji.” QS 14: 1 ini menggambarkan bhwa saat manusia di padang mahsyar, mereka akan menyebrangi jembatan siratal mustaqim.

Hanya orang yang beriman-lah yang sukses melewati jembatan tsb. Mengapa? Karena mereka memiliki cahaya keimanan yang bsumber dari Allah. Di dalam QS 66: 8, orang yang beriman tidak akan pernah dihinakan oleh Allah. Allah tidak akan pernah mengecewakan orang yang beriman.  Ketiga, Al-Quran. Bulan ramadhan adalah bulan cahaya, yaitu bulan Al-Quran.

“..sungguh, telah datang kepada mu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menjelaskan.” (5: 15). Ada ulama yang berpendapat bhwa cahaya disini maksudnya Rasulullah shalallahu’alaihi wasalam, ada pula yang menafsirkannya sebagai Al-Quran. Jika kita sering membaca Al-Quran, maka akan mendatangkan cahaya kepada diri kita. Maka, bacalah Al-Quran dengan tartil & tertib. Pahami. Maknai. Dan yang paling penting, berusahalah tuk diamalkan. 

Karena Al-Quran adalah mukjizat sepanjang zaman, dia a petunjuk bagi umat manusia yang bersifat lengkap, menyeluruh, & universal.  Demikian Semoga kita semua diberikan cahaya oleh Allah di dunia maupun di akhirat.

By @hafidhuddin

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: