Proteksi penduduk miskin

Mengikuti perkembangan di tanah air, setiap muncul rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) selalu menimbulkan efek domino. Efek domino berupa gejolak harga kebutuhan dan biaya hidup yang menimbulkan himpitan ekonomi pada golongan masyarakat menengah ke bawah. Penundaan keputusan kenaikan harga BBM bersubsidi membuat lega, namun diharap mampu menekan harga-harga yang terlanjur merambat naik.

Dalam situasi seperti ini rakyat kecil tidak punya pilihan lain, kecuali “pasrah” dengan apapun keputusan Pemerintah dan DPR-RI. Namun yang harus dperhitungkan secara matang dari segala sudut pandang, termasuk sudut pandang hati nurani, adalah dampak inflasi menjadi berlipat. Jumlah penduduk miskin bertambah, karena menurunnya daya beli.

Tarif pelayanan transportasi naik, dunia usaha terpukul, serta munculnya potensi pengangguran baru. Kompensasi pemerintah atas kenaikan harga BBM tidak dipungkiri merupakan kebijakan yang pro-rakyat. Namun kompensasi yang diberikan pemerintah memiliki keterbatasan. Yaitu kterbatasan dalam memproteksi penduduk miskin/bpenghasilan menengah ke bawah ketika harus menerima dampak bila harga BBM tetap dnaikkan.

Dr. Yusuf Qaradhawi, dalam bukunya Musykilah Al Faqr Wakaifa ‘Aalajaha al Islam menjelaskan 6 sarana dalam Islam yang berfungsi atasi kemiskinan;

  • Bekerja;
  • Jaminan keluarga/kerabat yang berkelapangan 
  • Zakat;
  • Jaminan Baitulmal dari negara dengan segala sumbernya
  • Berbagai kewajiban di luar zakat; dan
  • Sedekah sukarela 

Menurut Qaradhawi, zakat sebagai sistem jaminan sosial dalam pengentasan kemiskinan mengisi posisi yang sangat penting. Karena dalam pandangan Islam, setiap individu seharusnya dapat hidup secara layak di tengah masyarakat sebagai manusia. Sekurang-kurangnya dapat memenuhi kebutuhan pokok berupa sandang, pangan, dan memperoleh pekerjaan. 

Dalam kondisi masyarakat yang rawan atau tercancam kemiskinan, peran lembaga zakat tentu diharapkan harus lebih aktif. Lembaga zakat diharapkan lebih aktif menggulirkan program-program yang responsif terhadap kebutuhan para mustahik. Alokasi penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah untuk bantuan bersifat karitas dalam situasi sekarang ini perlu diperbesar.

Dana karitas, selain diperbesar juga perlu diperluas sasarannya dalam rangka proteksi penduduk miskin. Harapan tinggi kepada lembaga zakat sebagai pemberi solusi bagi masyarakat (mustahik) harus kita respon dengan peningkatan pelayanan. Pelayanan lembaga zakat harus memudahkan akses para mustahik untuk memperoleh hak-haknya dari dana zakat 

Dukungan dari para muzaki, baik perorangan maupun lembaga/badan usaha juga dibutuhkan. Muzaki diharap menyalurkan zakat, infaq dan sedekah yang lebih besar guna mendukung program-program lembaga zakat. Dalam kaitan ini BAZNAS mengajak BAZ di daerah dan LAZ untuk bisa memberikan solusi. Yaitu solusi untuk membantu masyarakat yang terkena dampak psikologis dan ekonomis dari isu kenaikan harga BBM.

Harga BBM dperkirakan bisa naik jika harga minyak dunia mlebihi harga tertentu. Pemberian dana zakat konsumtif bisa jadi solusi jangka pendek untuk membantu masyarakat miskin. Untuk memaksimalkan pendistribusian zakat, lembaga zakat dapat bekerjasama dengan masjid di wilayah masing-masing. Potensi zakat yang cukup besar dan kesadaran berzakat yang semakin meningkat di negara kita merupakan sumber harapan.

Adalah optimisme kita semua, bahwa zakat dapat “membantu” menyantuni dan memberdayakan masyarakat miskin. Semoga zakat dapat memberdayakan masyarakat miskin di tengah gejolak perekonomian nasional dan ketidakstabilan pasar. Wallahu a’lam bisshawab. Demikian “Program Lembaga Zakat Untuk Proteksi Penduduk Miskin” dari Ketum BAZNAS Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.Sc

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: