Merdekakah Engkau

Merdeka itu berawal dari jiwa, bukan materi. Tanyalah jiwamu, apakah ia merdeka, atau terpenjara? Tahanan Palestina mogok makan, salah satu tuntutannya adalah pendidikan. Sudah dipenjara, disiksa, masih ingin belajar. Di balik jeruji, ternyata hal yang terus jadi bahan pemikiran mereka adalah pendidikan. Itulah kemerdekaan jiwa yang dahului kemerdekaan fisik.

Anda, bangsa yang merdeka, bagaimana? Apa isu yang sibuk Anda bicarakan? Ke mana uang Anda habiskan? Untuk apa waktu digunakan? Tempo hari ada Justin Bieber, Katy Perry, Lady Gaga. Berapa miliar rupiah berpindah tangan, apa manfaatnya? Orang berbaris, tak tidur dan sebagian tak shalat demi dapatkan tiket. Menangis ketika tak kebagian. Merdekakah engkau?

Begitu banyak uang keluar, engkau cuma bisa bilang “Ini uangku, urusanku”. Kapan engkau akan pikirkan urusan orang lain? Sekerdil itukah duniamu? Engkau terpenjara oleh dunia, sedangkan tahanan Palestina merdeka di balik jeruji. Engkau sibuk dengan konser, padahal ada konser setiap pagi. Tahanan Palestina sibuk dengan buku dan didera-siksa, namun mereka ingin lebih banyak ilmu.

Merdekakah engkau, wahai generasi yang merasa hidupnya sempit hanya lantaran sebuah konser musik? Merdekakah engkau, wahai generasi yang tak lagi berteman dengan buku dan tak lagi hargai ilmu?

By @malakmalakmal

  1. Sumpah pemuda awal lahirnya Indonesia « heartcooler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: