Keutamaan Penghafal Al Qur’an

Para pejuang Al-Qur’an; mereka menghafal, membaca, serta menjadikan kesehariannya penuh dengan warnanya. Para penghafal Quran mendapat perlakuan yang lebih daripada yg lainnya dalam hal memberi fatwa, musyawarah, serta meminta pendapat dan pandangan. Orang ysng hatinya diterangi Allahsubhanahu wata’ala dengan Al-Qur’an, lebih mampu mengetahui yang haq dari yang batil, yang benar dari yang salah.

“Para PenghafalQuran adalah orang2 yang senantiasa berada di dalam majelis Umar bin Khatab, baik yang tua maupun yang muda.” (Hr. Bukhari). Para PenghafalQuran jauh lebih kokoh dan lebih teruji di medan perang dan perjuangan daripada yang bukan penghafal. Rasa tanggung jawab dan beban berat diletakkan di pundak PenghafalQuran, dan pasukan Islam berjalan di belakang mereka.

Tahukah kisah pad aperang Yamamah? yakni saat pasukan Islam mengalami guncangan. Mereka minta dukungan para PenghafalQuran dalam pertempuran. Prajurit Islam seru mereka,”Wahai para PenghafalQuran!” Maka, mereka pun berdiri, pasukan juga ikut bangkit, hingga para penghafal syahid. Para PenghafalQuran menemui syahid pada perang Yamamah berjumlah 50 orang. Lalu, kaum muslimin menyeru penghafal surat alBaqarah, ….

“Wahai para penghafal al-baqarah!” mereka pun bangkit hingga banyak sekali yang menemui syahid. Begitulah rekam jejak para PenghafalQuran. Nafi bin Abdul Harist pernah berjumpa dengan Umar bin Khattab. Ia ditunjuk Umar sebagai Gubernur Mekkah. Ia bertanya kepada Umar, “Siapa yang Anda tunjuk sebagai pemimpin untuk penduduk Wadi?” Umar menjawab,”Ibnu Abza.” Nafi tanya lagi, “Siapakah dia?”

Umar menjawab,”Ia salah seorang maula (budak yang sudah dimerdekakan) kita.” Nafi berkata,”Anda menunjuk seorang maula sebagai gubernur?” Umar menjawab, “Sesungguhnya, ia seorang PenghafalQuran dan sangat alim tentang ilmu warisan (fara’idh).” Umar juga berkata,”Bukankah Nabi kalian telah bersabda,’Sesungguhnya Allah tinggikan derajat suatu kaum dengan kitab ini.'”

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu’anhu bahwa Nabi shalallahu’alihi wasalam pernah kumpulkan 2 jasad dari para Syuhada Uhud dalam 1 lahad. Beliau bertanya,.  “Siapakah diantara keduanya yang paling banyak hafalannya?” ditunjuk mereka yang banyak hafalannya untuk didahulukan dikubur. Dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu’anhu bahwa Rasul shalallahu’alihi wasalam bersabda,”Sesungguhnya diantara penganggungan Allah adalah memuliakan orang tua (berusia lanjut) yang Muslim, muliakan PenghafalQuran yang tidak kasar & tidak gersang terhadapnya, serta muliakan penguasa yang adil.

Sampai saat ini kita tidak menemukan sebuah kitab suci selain Al-qur’an yang dapat dihafal dengan sempurna dan tidak ada perubahan. Sejak Allah subhanahu wata’ala menurunkannya kepada Nabi shalallahu’alihi wasalam, telah banyak yng menghafalnya dan tidak ada perubahan seayat pun kandungannya. Hal ini menjadi bukti akan keistimewaan yang sangat luar biasa dari sang maha Pencipta akan keutamaan yng dimiliki PenghafalQuran.

Ada banyak manfaat yang didapat para PenghafalQuran, yang antara lain :

  • Allah subhanahu wata’ala mencintai para PenghafalQuran. Nabi shalallahu’alihi wasalam bersabda,”Allah subhanahu wata’ala memiliki ahli-ahli dari golongan manusia, yaitu ahlul Qur’an (orang yang hafal & mengamalkannya), mereka adalah ahli Allah (wali Allah), dan memiliki kedudukan khusus.
  • PenghafalQuran adalah pionir. Nabi bersabda,”Tidak boleh hasad kcuali pada 2 orang, yaitu orang yang Allah anugerahkan padanya harta lalu ia infakkan pada jalan kebaikan, dan orang yang Allah karuniai ilmu Al-Qur’an & sunnah, ia menunaikan dan mengajarkan. Nabi shalallahu’alaihi wasalam katakan bahwa orang yang harus kita iri adalah mereka yang dikaruniai ilmu PenghafalQuran karena Qur’an adalah sumber kebahagiaan.
  • Investasi jangka panjang. Rasul shalallahu’alaihi wasalam bersabda, “Yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia dapat satu kebaikan.” jJika 1 huruf 1 kebaikan, lalu menghafal dan terus membacanya, maka jelas akan mendapat miliaran kebaikan yang didapatkan.
  • Ensiklopedi kehidupan yang paripurna. Artinya, para PenghafalQuran akan menghafal ensiklopedi terbesar & terlengkap secara mutlak. Karena Al-Qur’an mengandung ilmu dunia dan akhirat, hakikat ilmiah, juga kisah2 kaum terahulu maupun yang akan datang.
  • Teman yg paling setia. Rasul bersabda,”Bacalah Qur’an krn ia pemberi syafaat bagi para pembacanya di hari Kiamat.” Al-Qur’an yang kita hafal dan kita jaga hari ini menjadi teman kita di alam kematian. karena ia akan memberi syafaat.
  • PenghafalQuran adalah mentoring ideal. ketika menghafalnya kita akan miliki kekuatan sastra dari tingginya nilai sastra ayatnya. Dan kita pun akan mengecap manfaat manfaatnya dengan menjadi mampu bergaul, berkorban, bersabar, dan rasakan kebahagiaan.

>> Enter http://www.proumedia.co.id/buku-baru/details/179/18/buku-baru/agar-orang-sibuk-bisa-menghafal-al-quran

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: