4 yang harus kita jauhi

Dalam sebuah hadits shahih riwayat imam Bukhari, Rasulullah shalallahu’alihi wasalam bersabda “Barangsiapa yang menjauhi 4 hal dalam kehidupan ini, kelak di hari kiamat akan masuk ke dalam Syurga (Yaitu) Darah, harta, kemaluan, dan minuman.” Rasulullah shalallahu’alihi wasalam adalah seorang pemimpin yang sangat menyayangi umatnya & memberikan arahan dengan ucapan & pernyataan.

Serta memberikan contoh keteladanan agar manusia hidup dalam keadaan selamat di dunia & akhirat. Hadits tsb a contoh kasih sayang beliau agar umatnya masuk ke dalam Syurga & terbebas dari siksa api Neraka. Serta di dunia ini pun mendapatkan keselamatan, ketenangan, kedamaian, & kesejahteraan.

Pertama, darah. Maksudnya tidak boleh seseorang dengan mudahnya mngalirkan darah orang lain tanpa alasan yang dbnrkan syariah baik melukai dan apalagi membunuhnya. Krn dalam ajaran Islam menghilangkan nyawa seseorang sama dengan menghilangkan nyawa seluruh umat manusia. Sebaliknya mnyelamatkan kehidupan seseorang sama dengan mnyelamatkan kehidupan seluruh umat manusia.

“..barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia.” (5: 32). “Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia.” (5: 32). Fenomena yang terjadi sekarang sungguh sangat memprihatinkan dan menyedihkan.

Karena dengan mudahnya sekelompok orang melukai & membunuh orang lain tanpa alasan yang jelas, bahkan karena masalah sepele. Tawuran antar pelajar, antar klompok, bahkan antar suporter sepakbola hingga mengakibatkn hilangnya nyawa orang lain. Inilah perbuatan yang sgt biadab & termasuk katagori al-Fasad yang pelakunya harus dihukum dengan hukuman yang berat. Hal ini sesuai dengan QS Al-Maidah (5) ayat 33.

Kedua, harta. Maksudnya agar jangan halalkan segala cara untuk mendapatkan materi, jabatan, & kekuasaan. Sebab hal ini akan mengakibatkan kerusakan moral, akhlaq dan perilaku. Jika seseorang terbiasa mengkonsumsi barang2 yang haram, baik bendanya maupun cara mendapatkannya maka akan menyebabkan kegelisahan sekaligus kehancuran hidupnya di dunia ini maupun di akhirat.

Para Koruptor atau kelompok orang yang tidak akan pernah merasakan nikmatnya Syurga dan jika mereka menghalalkan korupsinya itu, maka akan kekal di dalam Neraka. Di dunia pun, hidup para koruptor tidak akan pernah diwarnai oleh ketenangan & kebahagiaan yang hakiki.

Ketiga, kemaluan. Maksudnya adalah agar setiap orang berusaha menghindari perbuatan zina & hal2 yang mendekatkannya. Karena perbuatan ini termasuk kategori perbuatan yang sangat buruk. Perbuatan yang menghancurkan tatanan kehidupan pribadi, keluarga, maupun masyarakat & bangsa. “Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, & suatu jalan yang buruk.” (17: 32) Mendekati zina saja dilarang, apalagi melakukannya. Sungguh perbuatan zina & hal2 yang mendekatinya adalah perbuatan yang amat buruk.

Keempat, minuman. Yaitu setiap orang harus berusaha menjauhi minuman keras yang memabukkan (khamer). Termasuk di dalamnya benda2 yang merusak, seperti sabu-sabu, narkoba, ekstasi, dsb. Perhatikan QS. Al-Maidah (5) ayat 90-91. “Dengann minuman keras & judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan & kebencian di antara kamu dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah & melaksanakan shalat. Maka tidakkah kamu mau berhenti?” (5: 91)

Jika seseorang menghindari keempat Larangan tsb, maka Insya Allah kan dijauhkan dari siksa Neraka & dimasukkan ke dalam Syurga-Nya. “Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya & bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (5: 98). Demikian tentang 4 Larangan yang harus kita jauhi. Semoga bermanfaat & kita dapat menghindari keempat hal tsb. Amin.

By @hafidhuddin

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: