Taman para perindu

Dalam taman tafsir kita akan bertemu dengan Tafsir Ibn Jarir . Keistimewaannya adalah: Pertama, Memuat tafsir dari hadits-hadits Rasul yang mutawatir. Kedua, Melengkapi tafsirnya dengan sanad. Nyaris tidak ditemukan perkataan Ibn Jarir. Ketiga,Memakai bahasa arab inti dengan dalil-dalil syair yang ditetapkan ahli bahasa keabsahannya.

Kitab tafsir kedua yang mungkin akan kita temukan pada TamanParaPerindu adalah Tafsir Ibn Katsir.  Asy-Syaukani menyebut kitab tersebut sebagai ensiklopedi tafsir terbaik yang pernah ada. Diantara keistimewaannya, adalah: Pertama, Menafsirkan Al Quran dengan Al Quran. Kedua, Memuat Hadits-hadits disertai dengan referensi hadits tsb, hingga mudah ditelusuri. Ketiga, Memuat juga perkataan sahabat, tabi’in dan ulama salaf lainnya.

Dari TamanParaPerindu juga kita akan menemukan Tafsir Al Qurthubi. Keistimewaan kitab tersebut: pertama, Mengumpulkan Ayat dan Hadits yang bermuatan hukum beserta perkataan ulama dalam masalah-masalah hukum. Iya kitab Fiqh dan Hukum Islam sebelum disebut sebagai bagian dari kitab tafsir dalam TamanParaPerindu. Kedua, Terkumpul sekian besar dalil-dalil, sebagaimana Adz Dzahaby berkata “bikulli ‘ajeebin” “Dengan beragam keajaiban” di dalamnya. Ketiga, Sebagaimana Ibn Jarir, Al Qurthuby juga melengkapi tafsirnya dengan dalil-dalil bahasa.

Dalam TamanParaPerindu kita akan berkenalan dengan kitab Tafsir “Al Kasysyaf” Zamachsyary. Keistimewaan kitab ini adalah, sebagai kitab hujjah dalam bahasa Arab Zamachsyary sendiri memiliki daya rasa yang unik dalam bahasa yang lembut.Dia memiliki kata-kata yang indah dengan sastra yang tinggi dan memukau. Kitab tafsir selanjutnya adalah: Tafsir Ar Razi. Dikatakan tentang Tafsir ini bahwa: di dalamnya termuat banyak hal kecuali tafsir. Tentu saja perkataan tersebut tidak mutlak kebenarannya, karena kitab tsb ada tafsirnya dan terdapat juga faidah yang banyak.

Selanjutnya kitab-kitab hadits dari TamanParaPerindu. Dalam daftar TamanParaPerindu Kitab Sohih Bukhory berada pada urutan pertama. Karena kitab tersebut menempati urutan kitab pertama setelah Kitabullah. Al Quran. Al Bukhory membagi kitabnya beberapa bab. Judul babnya terkadang diambil dari lafadz hadits. Terkadang juga dari perkataannya sendiri.

Dari TamanParaPerindu kita akan bertemu dengan Sohih Muslim yang memiliki peringkat kedua setelah sohih Bukhory. Kemudian secara berurutan Jami’ at Tirmidzi, Sunan Abi Daud, Sunan An Nasai, Sunan Ibn Majah, Musnad al Imam Ahmad dan sekian kitab hadits lainnya yang menjadi khasanah keilmuan Islam. Semoga Allah subhanahu wata’ala melapangkan rizki kita agar dapat memiliki kitab tafsir dan hadits tsb Amiiiiin. By @flpsaudi

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: