Peran Akademisi Muslim Dalam Pembangunan Bangsa dan Peradaban Dunia

saya mau berbagi ke sobat2 semua yang masih bangun di malam minggu yang indah ini :)  Produk domestik bruto (GDP) Dunia Islam adalah US$ 5,54 triliun US$ pertahun atau setara dengan 9,14% GDP dunia.  GDP Uni Eropa atau AS adalah sekitar 12 triliun US$. Sebagai perbandingan, GDP Uni Eropa atau AS adalah sekitar 12 triliun US$. Produksi baja di Dunia Islam ditaksir baru 60 juta ton pertahun. Baru menghasilkan 15 juta mobil. Angka yang kecil untuk 1,2 miliar populasi.

Sumberdaya negeri-negeri Islam banyak diekspor, sering dengan nilai tukar amat rendah karena kandungan teknologinya rendah. Contoh, tahun 1980, sebuah negeri Muslim menukar 12.910 karung kopi untuk satu lokomotif dari Swiss. Tahun 1990, untuk lokomotif serupa mereka harus menukar 45.800 karung! Neraca perdagangan Dunia Islam sebenarnya positif (1042,9 miliar US$ ekspor-733,7 miliar US$ impor)

Namun, dari jumlah ini, yang merupakan ekspor ke sesama Dunia Islam hanya 113 miliar US$ dan impor 118 miliar US$. Dalam 15 Tahun China telah mencetak 250.000 Ph.D dan India telah mendirikan 5.000 perusahaan IT. Dalam 20 Tahun Thailand telah menghasilkan 1300 Ph.D Biotechnology. Indonesia ? Angka melek huruf pada orang dewasa di Dunia Islam baru 69%!  Ini pun masih dengan bahasa nasional masing-masing.

Adapun rasio yang dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi baru 15% dari lulusan SLTA. Hampir sepertiga penghuni dunia ini (2,8 miliar) harus hidup dengan kurang dari 2 dolar sehari. Pada saat 1 miliar manusia di negara maju menguasai 80% sumber daya dan produk dunia ini, Miliar lainnya yang kebanyakan berada di negara miskin harus saling memperebutkan 20% sisanya.

Salah satu kunci dari pembangunan sebuah bangsa dan peradaban adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan pengetahuan, kita bisa merekayasa masa kini dan masa depan. Siapa yang kuasai pengetahuan akan kuasai peradaban. Pernah dengar salah satu versi asal kisah laut hitam? singkat cerita,saat itu perang,Islam kalah,perpustakaan terbesar Islam dibakar.

Buku-buku di perpus ini di buang ke laut dan tintanya meluap dan menjadilah hitam itu laut. jadilah nama laut hitam. Sejarah mencatat bahwa setelah titik tsb, Islam mulai menurun pengaruhnya di dunia. Peradaban silih berganti. Islam tidak lagi kuasai ilmu. Sebagai seorang muslim, kita dituntut untuk menjadi seorang yang berilmu. Spesialisasi pada bidang tertentu. Jadi ahli dan rekayasa dunia.

Aspek pendidikan sangat krusial. dalam skema quadro helix, perguruan tinggi sangat memegang peran strategis. suplai manusia intelek. Tahun 1996-1997 ada seorang jenius muslim bernama Habibie. membuat pesawat sistem fly-by-wire. termutakhir saat itu. N 250. IPTN dikenal sebagai rising star industri dirgantara. Saat itu dikuasai boeing dan airbus. Eropa dan amerika saja.

ketika sang “gatot kaca” N 250 terbang, dunia muslim bertakbir untuk Indonesia. Kebangkitan teknologi negara Islam. Di otak Habibie, segala kompleksitas pesawat bermukim. Tapi resesi 1998 memaksa subsidi untuk IPTN dipangkas. Barat gak suka sama IPTN. Padahal jika dilanjutkan, saya yakin pesawat sekelas bombardier, atau boeing jet bisa di buat oleh insinyur negeri ini🙂

Sekarang teknologi kita dipakai sama ATR dari perancis, MA-60 dr cina , dan embrarer brasil. itu teknologi kita kawan ! Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. kita akan mulai kembali bangun peradaban ini. negeri ini harus mandiri dengan ilmuwan lokalnya. Kita punya kok banyak profesor dan doktor hebat yang bisa berbuat banyak hal untuk perubahan dunia. ahli bioteknologi, ahli nuklir, dll

Tapi kamu tau gak ? anggaran untuk riset di negeri ini adalah anggaran sisa. Tidak banyak yang bisa dikerjakan. Kita jadi import segalanya. Di negara manapun di dunia. yang sukses. anggaran Research and Developmentnya gila-gila an. mereka tau pentingnya ilmu dan teknologi. Kini, banyak kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk bisa menuntut ilmu di luar negeri. kuliah yang tinggi. rebut kembali ilmu kita,

S1 tidak cukup untuk jadi ilmuwan, S2 itu nanggung, belum cukup diakui kepakarannya. minimal Ph.D .. gerakan sejuta Ph.D 2030 Indonesia. Ph.D di berbagai bidang. sesuai minat kamu. sosial, teknologi, pertanian, nuklir, ekonomi, dll. kamu siap anak muda ? Kini kita belajar ke barat. tahun 2030, orang barat yang belajar ke kampus kampus negara muslim. Kita jd centre of excellent.

Ketika semakin banyak pakar yang hadir dari negara muslim ini lahir. kita bisa berkolaborasi. mengembalikan fitrah ilmu itu sendiri. Islam sangat menjunjung ilmu. derajat seorang yang berilmu di tinggikan. raih dunia dan surga dengan ilmu mu kawan ! Tahun 2012, MIT harvard cambridge, oxford, berkeley jadi idaman anak muda dunia. Tahun 2030 ITB UI UGM isinya mahasiswa asing semua. Kita sedang berlomba untuk meraih kembali peradaban ini sobat. semua bertahap, penguasaan terhadap ilmu pengetahuan sangat krusial.

Selesai S1,matangkan kapasitas dan kedewasaan diri &keilmuan. langsung segera cari ilmu di luar negeri&segera balik ke negeri ini. Tunjukkan kpd dunia, bahwa civitas academia dari negara muslim seperti Indonesia mampu bersaing di dunia global. perkuat jejaring kita. Saya mohon doa, Kita sedang berjuang melawan waktu kawan, jangan sampai umat muslim belum bisa membuktikan bahwa Islam itu Rahmatan Lil Alamin.

Setiap tantangan bangsa dan dunia bisa diselesaikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. kita harus memiliki kepakaran itu kawan. Ilmu kita bukan hanya untuk menambah tumpukan jurnal dunia. tetapi untuk menyelesaikan permasalahan dunia. Istilah world class university pun bukan sekedar keren2 an. tetapi seharusnya world class itu bila bisa selesaikan masalah bangsa.

Waktu kita tidak banyak kawan. sebagai seorang muslim yang ingin menjadi bagian dr solusi bangsa. kita perlu bergegas. Kejar ilmu setinggi mungkin, selesaikan tantangan bangsa, dan raih kemuliaan. Untuk yang masih bangun,yuk teriakkan kamu ingin jadi spesialis dibidang apa? Dream, pray & Action….

By @udayusuf

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: