Pemuda dan perannya dalam merekayasa peradaban

Sejarah telah banyak menorehkan sejarah emas dan keemasan dari pemuda. Pemuda punya peran strategis dalam rekayasa peradaban. Hampir di semua negara dunia, pemuda punya peran strategis ini. lalu bagaimana tahapan yang bisa dilakukan pemuda? Saya ingin perkenalkan 5 tahapan dalam merekayasa peradaban. Semua itu punya sebuah kata kunci, yakni “perbaikan”

Perbaikan yang dilakukan pada setiap tahapnya. Individu, keluarga, masyarakat, dan negara. lalu peradaban itu sendiri. Ini merupakan tahapan, melewati satu tahap jangan sampai melupakan tahap sebelumnya. Semua punya tahapnya. Perbaikan individu. Sebagai pemuda kita perlu terus berbenah dan memperbaiki diri. Diri kita perlu memiliki kapasitas.

Kapasitas pemuda setidaknya ada 3 hal, hard skill,soft skill,dan life skill. Keseimbangan dalam kapasitas ini sangat penting.  Hard skill adalah kompetensi atau spesiaslisasi diri. apa yang kamu pelajari di kelas maupun di luar kelas. Soft skill adalah kemampuan pemuda dalam bekerjasama, memimpin, merekayasa isu, komunikasi, dan mempengaruhi.

life skill adalah IDEALISME. Pemuda perlu memiliki ini sebagai akar yang kuat bagi hidupnya. fondasi dalam bergerak. Kapasitas kamu adalah kunci pertama dari membangun peradaban kawan! jadilah yang terbaik. teladan ekstrim. Bila seorang pemuda telah baik dan terus memperbaiki. akan menjadi embrio penting bagi peradaban masa depan.

Tahap perbaikan peradaban kedua adalah keluarga. percaya ga? keluarga adalah kelompok terkecil dari perubahan. Ilmu yang utama dan pertama didapat dari keluarga. Pendidikan di keluarga menjadi sangat urgen saat ini. Maka pilihlah pasangan hidup yang mampu menemani kamu berjuang dalam membangun peradaban. Sehingga pernikahan bukan sekedar menikah tetapi sebagai upaya untuk membangun peradaban. keren banget kan ?

Siapkan pembinaan diri dan keluarga dengan matang. ilmu akhlak, budi pekerti dan semangat kerja yang membara. Keluarga adalah cerminan dirimu. kamu sudah dewasa kan? yuk kita berpikir bijak dan matang tentang keluarga. Keluarga yang bermanfaat. itu keren banget tuh kawan! kehadiran keluarga kamu dinanti oleh peradaban masa depan.

Saya selalu berdoa ,”Ya Allah semoga kami bisa membangun keluarga yang soleh dan menyolehkan umat” Dan saya ingin mengajak pemuda Indonesia. Mari kita jadikan keluarga sebagai embrio perbaikan. Semangat pembaharu. Ubahlah keluargamu jadi keluarga pembaharu. Lalu bersama keluargamu, kamu memperbaharui negeri ini. Selanjutnya perbaikan masyarakat. komunitas. lingkungan sekitar kamu. jadilah pembaharu peradaban di lingkup kecil.

Perubahan peradaban tidak akan terjadi begitu saja. Perlu gerak-gerak kecil di lingkungan terdekat. Apa peran kamu?  Jadilah agen-agen pembaharu di lingkungan atau komunitas. Buat mereka meningkat kesejahteraannya. Berikan keadilan. Buat masyarakat bersyukur telah menjadi warga Indonesia. Mari kita satukan asa anak muda. perbaiki negeri.

Restorasi negeri dilakukan bukan dengan membuat partai saja. Kita butuh kerja nyata. Perbaiki kualitas hidup masyarakat. Kita tentu ingin negeri ini berdiri diatas kakinya sendiri. menjadi negeri mandiri yang berdaya saing global. Kita tentu ingin masyarakat merasakan haknya dengan cara terbaik. Mereka tersenyum karena hati mereka bahagia.

Kita tentu ingin kohesi sosial diantara warga Indonesia semakin erat. toleransi kehidupan bisa terwujud dengan kesejahteraan. Wahai pemuda, mari kita jadi inovator sosial di akar rumput. Majukan sebanyak mungkin komunitas masyarakat di Indonesia. Tahap terakhir adalah perbaikan negara. Pemuda bisa masuk ke 4 sektor. akademisi, privat, publik-birokrat, dan sosial masyarakat.

Akademisi, jadilah ahli-ahli yang mampu membuat inovasi penting untuk merekayasa peradaban. Kuliah setinggi mungkin dan kembali ke Indonesia dengan berjuta solusi perbaikan bangsa. Privat. indonesia masih kekurangan pengusaha. Kita belum 2% dari jumlah penduduk. Bikin bisnis skala industri. Semakin banyak pengusaha, semakin banyak lapangan kerja baru. Semakin banyak rakyat yang sejahtera.

Semakin banyak pengusaha, semakin banyak riset dan inovasi teknologi. mendorong daya saing bangsa. competitive advantage. Semakin banyak pengusaha, semakin banyak dana CSR yang bisa dimanfaatkan untuk perbaikan komunitas. Semakin banyak pengusaha semakin kuat perekonomian negara. Membuat Indonesia semakin kuat secara geo-politik-ekonomi.

Pemuda masuk birokrat ? siapa takut! tetapi jangan sampai jadi the next gayus yah :-)  Negeri ini bobrok karena birokratnya juga sebagian besar bermasalah. pemuda jadi PNS jangan cuma nambah bobrok. Kamu jadi PNS bukan hanya tuk habiskan uang negara. buat inovasi. jaga idealisme. jangan banyak mengeluh dengan gaji.  amu jadi PNS harus punya target cepat naik pangkat, ubah lingkungan kantormu. buat inovasi kebijakan yang bijak.

Kamu jadi PNS,tekadkan anti SPPJ. biasakan efektif dalam menyusun anggaran negara kawan!  Harapan besar negara banyak bergantung pada kamu semua. PNS muda. 20 tahun lagi jadi eselon 1 dan 2. buat perubahan.  Kamu anak muda suka politik, sekarang jadi staf ahli anggota DPR/DPRD. jadi staf ahli yang bener. bantu bikin kebijakan oke.

Jadi staf ahli legislatif bukan buat seneng2 atau gagah2an. jadikan kesempatan ini tuk bikin perubahan. Okelah banyak yang bilang anggota DPR/DPRD kurang perform. yah itu tugas anak muda yang staf ahli buat mereka perform.  Sektor publik-birokrat juga termasuk dalam lingkungan eksekutif. yuk kita masuk pemerintahan. buat perubahan disana.

Jangan juga punya anggapan kerja sama pemerintah minim inovasi,kamulah inspirasi besar untuk melahirkan inovasi pembangunan. Kalau ada diantara pemuda yang suatu hari berkesempatan menjadi pemimpin bangsa. ingatlah terus idealisme kamu kawan!  Sektor keempat adalah bidang sosial masyarakat. bisa bikin LSM, NGO, CBO, dll. bergerak di akar rumput.

Bikin NGO kajian dan kritik pemerintah. buat pemerintah semakin perform dalam kepemimpinannya. ekstraparlemen movement. Bikin gerakan community development. bersama membangun rakyat. terjun langsung. hidup sama rakyat bertahun2.  Being world class leader with grass root understanding (quote by @aniesbaswedan). Masyarakat masih butuh di advokasi. pemuda punya peranan dan kekuatan strategis untuk melakukan ini semua kawan!

Human trafiicking, akses kesehatan, ketidakadilan HAM, kekerasan, kondisi pasar yang asimetris. advokasi yuk ! Semakin banyak yang bergerak di masyarakat secara langsung akan sangat penting dalam perbaikan bangsa dari bawah. Jadilah inovator sosial. buat perubahan dari akar rumput. buat masyarakat merasakan kesejahteraan hidup.  Bayangkan bila semua pemuda di dunia melakukan perbaikan individu-keluarga-masyarakat-negara.menjadi bola salju peradaban.

Kawan ! ini mimpiku tentang pemuda dan peradaban. apa mimpimu ! mari kita berbagi :-)  mari kita sebar inspirasi pemuda dan peradaban.

By @udayusuf

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: