Pemuda dan mimpi mimpinya

Sepertinya saya tidak perlu lagi menjelaskan tentang betapa pentingnya pemuda dalam setiap perubahan, termasuk dalam skala negara. Silahkan simak sejarah bangsa kita ini, selalu ada pemuda dalam setiap perubahan, dari dulu sampai sekarang, seterusnya begitu.  Saya tidak ingin mengatakan pemuda hanya dikotomi umur biologis saja, walau memang umur memang sering berpengaruh.

Menjadi tantangan adalah bagaimana menciptakan pemuda yang dibutuhkan oleh bangsa, mampu menjawab tantangan yang disediakan oleh. Pemuda yang mampu menjawab dan menyelesaikan tantangan yang disediakan oleh realitas jaman. menjadi penerus pemimpin negara ini. Mencari pemuda itu gampang, apalagi ditengah warga negara indonesia yang super banyak ini. bisa kita temukan dimanapun.

Tapi membuat mereka menjadi lebih baik, menjadi pahlawan pada zamannya adalah menjadi tantangan tersendiri. Kesimpulannya : Pemuda untuk Bangsa menjadi hal yang tidak bisa ditawar2 lagi, memang sudah begitu seharusnya. Karena itu, pemuda2 indonesia harus punya mimpi tentang Indonesia. tentang peran apa yang bisa dilakukan untuk bangsa ini.  Mimpi menjadi penting, karena itu hidup kita menjadi lebih fokus, punya tujuan. ada proses evaluasi juga yang bisa kita lakukan.

Di dunia ini, banyak hal2 hebat yang awalnya hanya sebuah mimpi, bahkan sangat kecil kemungkinan untuk terwujud. Wright bersaudara yang menciptakan pesawat terbang, Alexandre Graham bell dengan pesawat telponya. Juga @Andreahirata dengan laskar pelanginya atau @fuadi1 dengan Negeri 5 Menara :)  Tapi memang tidak sembarang mimpi yang harus kita punya. Mimpi yang memang tidak sekedar mimpi🙂

Mimpi yang bukan sembarang mimpi, dapatkan diturunkan menjadi misi, program dan rencana2. mimpi itu disebut dengan visi.  Sedang kalau mimpi saja biasanya tidak terstruktur dengan baik, cenderung hanya menjadi lintasan2 pikiran saja.  Agar mimpi tidak hanya sekedar menjadi mimpi, tapi bisa diturunkan menjadi visi, ada beberapa hal yang harus diingat.  Yaitu apa yang dikenal dengan SMART. Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Tangible (Tirtamihardja)

  • Specific. Ada kejelasan dalam target, sasaran dan bahkan bentuk. hingga dapat dioperasionalkan dan dievaluasi.
  • Measurable. Terukur, mimpi yang mempunyai batas2 yang jelas. hal ini dapat membantu kita menilai apakah sudah sesuai target atau tidak.
  • Attainable. Rasional, mimpi yang berbasiskan sumber daya yang dimiliki, basisnya jelas, sehingga Mimpi ini menjadi begitu Realistic. Ada perasaan yakin untuk menggapai atau meraihnya, sikap mental ini perlu hadir dalam setiap pemimpi.
  • Tangible. Ada tahapan waktu, tidak instan, sehingga dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam meraihnya, dibagi menjadi rencana2 kecil.

Selain SMART, ada hal penting yang perlu saya luruskan dalam merumuskan dan memiliki sebuah mimpi, para pemuda penting tahu ini.  Sering sekali para pemuda (mungkin termasuk kita) salah dalam menentukan mimpi. Hanya berpusat pada keunggulan saja. Dan bahkan mimpi tersebut hanya untuk diri sendiri saja atau sedikit lebih baik, untuk orang tua atau keluarga.

Padahal kalau meyakini tujuan penciptaan kita di dunia ini adalah tidak hanya untuk pribadi dan kelurga saja. Tapi untuk seluruh umat manusia, makhluk lain dan bahkan alam semesta. Khalifah Fil Ard.  Pemahaman yang benar dan tepat tentang tujuan hidup ini membuat para pemuda tahu dan tepat untuk merumuskan mimpinya. Jadi mimpi tersebut tidak hanya untuk pribadi saja, atau keluarga, tetapi untuk masyarakat banyak, negara dan bahkan dunia.

Bukankah sebaik manusia adalah mereka yang paling banyak manfaatnya bagi yang lain?  Walaupun mimpi tentang peran apa yang ingin kita lakukan tsb tetap berpusat pada pusat2 keunggulan kita.  Mimpi yang berbasikan pada pemahaman yang seperti inilah yang diharapkan mampu untuk membawa indonesia menjadi lebih baik.  Pemuda2 seperti inilah yang kita harapkan, bahkan bisa membawa negara ini memimpin dunia, guru peradaban.

Anak2 muda yang penuh dengan semangat dan vitalitas, punya mimpi yang mulia untuk menjadikan indonesia memimpin dunia. Mereka yang telah selesai dengan kedirian mereka, lepas dari penyakit narsis akut, ingin bermanfaat sepenuhnya bagi masyarakat luas. Maka apakah kita (saya dan anda semua) sudah berpikir dan merasa seperti itu? manjadi tanya bagi kita semua.  Kita buat lagi sejarah, hidup kita tidak lama, sayang sekali kalau hanya menjadi penonton saja.

Menjadi aktor, dan bahkan aktor utama yang memerankan lakon utama dalam sinetron kehidupan ini. Kita pasti bisa, kawan. Dream bagi kita yang muslim, visi kita sebenarnya sudah given, Allah sudah tentukan🙂 adalh Menjadl pemimpin (pelayan) bagi dunia dalam rangka ibadah kepada-Nya, :)  Kesalahan kita dalam merumuskan mimpi adalah tidak menyadari tentang itu, sehingga seenaknya saja memutuskan.

Dalam bingkai kesadaran seperti itulah kita merumuskan mimpi2, tetap subjektif memang, tapi itu jauh lebih baik. Islam adalah penyerahan diri secara total, sepenuhnya diatur oleh-Nya, dalam hal apapun, termasuk mimpi. Maka kita perlu bertanya. Apa yang diinginkan Islam untuk kita kerjakan? Apa mimpi islam? Apa maunya Allah, itu yang kita kerjakan. Islam menjelaskan tentang tahapan2 nya. Tinggal kesadaran kita jadi penting,.

Sekian tentang anak muda dengan mimpinya, silahkan dibaca dan di share smoga bermanfaat🙂

By @Aangku

  1. Solution culture violence and fighting between students in Indonesia « heartcooler
  2. Sumpah pemuda awal lahirnya Indonesia « heartcooler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: