Negarawan Muda

Bismillah.. .. kita mulai bercerita tentang negarawanmuda :-) Perubahan dunia yang semakin datar membuat manusia perlu menyesuaikan diri agar mampu berdaya saing global. Kini sangat mungkin pemuda di India belajar dan bekerja di luar negeri dengan sangat mudah. Begitu juga dari negara lain.  Teknologi membuat pemuda dapat terkoneksi dengan sangat mudah dan cepat. Tiada ada lagi batas informasi yang menghalangi jejaring.

Pemuda korea yang di doktrin untuk dapat “mengalahkan jepang” kini tinggal 1-2 langkah lagi agar mampu bersaing dengan jepang.  Pemuda singapura yang ulet sekarang mampu lebih kuat dari malaysia yang merupakan negara induknya. Percepatan globalisasi. Pemuda di Cina kini telah banyak yang “berkeliaran” di Amerika. sebagai pakar teknologi dan sains. Unggul berdaya saing.

Pemuda India kini telah menguasai lebih dari 40% industri IT dunia. India telah berubah jadi silicon valley kedua. Pemuda taiwan, ingin membuktikan diri di tingkat dunia , mereka menjadi ahli di bidang semi konduktor. unjuk gigi ! Pemuda di afrika pun sekarang mulai menjajah eropa dan amerika. Pelajar mereka telah mengisi dunia akademia dunia.

Thailand dengan ribuan Ph.D bioteknologi. Cina dengan 3000 Ph.D setiap tahun. India dan taiwan dengan ratusan pengusaha muda baru.  Data mendiknas (2009) dari 270.000 dosen di negeri ini hanya 23.000 atau tidak lebih dr 10% yang sudah Ph.D. Amerika serikat punya 1.5 juta Ph.D dan taiwan mengirim 5000 Ph.D setiap tahun keluar negeri (Yohanes Surya). Jumlah pengusaha Indonesia hanya 0.18% dari total penduduk. Ideal ? 2%. kita butuh 1.82% = 45.500.000 untuk berdaya saing.

Amerika 11% , Singapura 7%, malaysia 5% jumlah pengusaha yang mereka miliki saat ini. dan terus beranjak.  60.5 % pemuda Indonesia adalah pengangguran (BPS, 2011). 35.6% adalah kelompok rentan ekonomi (SMERU,2007). Usia pendidikan pelajar adalah 7-8 tahun. Setara dengan kelas 1& 2 SMP. Masih banyak anak negeri ini yang belum bisa sekolah.

90% memang telah mengenyam pendidikan dasar. Tapi tdk sampai 4% yang bisa menikmati bangku kuliah.  Secara umum Indonesia peringkat 46 dari 142 negara dalam hal daya saing (WEF,2011) melalui 12 pilar dan 103 indikator.  Dari 12 pilar, Indonesia hanya naik di 2 bidang dr 2010 dan 2011. yakni infrastruktur dan makro ekonomi. Dari data ini, sekilas terlihat Indonesia mengalami peningkatan. tapi ingat, itu peningkatan makro ? real nya begitu kah ?

Usia rata-rata penduduk Indonesia adalah 27 tahun (BPS, 2011) diprediksikan akan mendapatkan demographic advatageous tahun 2025. Jumlah pemuda yang sangat besar ini menjadi kekuatan di saat negara lain sedang mengalami sebaliknya. Jepang&Amerika banyak manula. Angka demokrasi Indonesia juga meningkat, 4.99 dari skala 10. ditahun 2011. sebuah kesempatan untuk berpolitik dan bersuara.

18% siswa SMA yang bisa melanjutkan ke Universitas. Bandingkan ? Filipina 28%, Malaysia 33%,Thailand 43%,Korea Selatan 91%. Demokrasi di Indonesia lebih memungkinkan lahirnya pemimpin baru baik pada skala lokal, regional, maupun nasional. Terbukanya ruang media memungkinkan apresiasi gagasan lebih terdengar. Difusi inovasi dan ide terbesar luas.

Lahirnya komunitas kreatif yang berupaya menyelesaikan permasalahan lokal. Kepemimpin yang berbasis kompetensi berkembang.  Anak muda lebih ekspresif dan tidak lagi depresi ruang aktualisasi. siapapun bisa berkarya. jejaring menguat.  Anak muda yang lebih bergairah untuk bergerak di bidang inovasi sosial serta entrepreneurship. Menjadi sebuah trend set tersendiri.

Dan anak muda yang lahir di rahim reformasi. Memiliki keyakinan bahwa korupsi harus dibasmi dan pandangan positif tentang bangsa.  Seorang negarawanmuda bukan hanya mereka yang punya semangat untuk bersaing dan memimpin. Tapi juga mereka yang punya kejernihan hati, 1.018 kasus korupsi telah terkuak di Indonesia. Ini akibat para politisi yang mengaku negarawanmuda mengais nafkah dari uang rakyat.

Birokrat korup pun juga menjadi budaya. Rekening gemuk PNS muda. uang miliaran. hati jernih tidak bekerja. Mencari uang dari politik, mengais nafkah dari anggaran rakyat, mencari harta dari jabatan publik. Karakter ini harus kita jauhi. Berapa banyak uang rakyat yang terbuang untuk pengelolaan negara yang lemah. Pengusaha menyuap, birokrat korup. Peneliti tidak produktif.

Cukup dengan itu semua. ilmu uang dan daya saing itu adalah alat. alat bagi mereka yang menggunakannya. jernih kah hatinya?  Jadi PNS untuk mengabdi bukan tuk memotong anggaran rakyat untuk SPPJ dan uang rapat. Jadi politis untuk buang uang bukan cari uang. Jangan mengaku negarawanmuda jika masih ngemis proposal bantuan negara secara fiktif dan tidak bertanggungjawab, tunjukkan integritasmu.

Hati jernih menjadi fondasi kokoh bagi negarawanmuda , godaan dunia tak mudah. ilmu uang dan kekuasaan itu alat. bukan tujuan. Indonesia akan semakin kokoh bila para pemuda tidak serakah dan mengutamakan kewajibannya pada rakyat ketimbang ego pribadi. Meningkatkan daya saing global pemuda dengan 3I : Integritas , Intelegensia, Inspirasi; jernih hati, pemikiran, berbagi.

Negeri ini butuh pemuda yang berintegritas. kuatkan mental berbagi bukan mengemis. apalagi mengemis uang negara.  Negeri ini membutuhkan pemuda yang cerdas & mau berpikir untuk perbaikan bangsa pada skala apapun. Berpikir keras untuk rakyat. Negeri ini membutuhkan pemuda yang mau berbagi kepada rakyat. Mengutamakan rakyat ketimbang diri.Yakin bahwa dirinya tuk umat.

Negeri ini butuh dikelola oleh negarawanmuda . Mereka yang menjalani negeri ini dengan sepenuh hati. mewakafkan diri utk rakyat. Kepemimpinan negeri yang efektif. tidak hanya sekedar pencitraan dan program untuk kelangengan kekuasaan. Kepemimpinan negeri yang efisien. Menjadi anggaran sebagai alat kesejahteraan rakyat, bukan tuk perkaya diri dan kelompok.

Kepemimpinan yang handal, melahirkan program yang tepat sasaran, mengakomodasi aspirasi dan menguatkan daya saing rakyat. Kepemimpinan berbasis moral spiritual. mengajak rakyat untuk turut bersama berjuang untuk negara. Dengan sentuhan Iman. Kepemimpinan yang lahir dari integritas, intelegensia dan inspirasi penuh dari para negarawanmuda di republik Indonesia.

semoga bermanfaat. Mohon di share bila dirasa bermanfaat.🙂 semoga bisa menjadi inspirasi. By @udayusuf

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: