Manajemen kegagalan dalam bisnis

Mau sharing2 ahh tentang manajemen kegagalan dalam bisnis, masih harus belajar jadi mohon koreksi atau tanggapannya😀 Orang yang sering gagal tuh cenderung sugestif, apalagi dari awal gagal, atau sering berhasil tapi naik turun. Dan biasanya orang2 yang sayang sama kita tuh ga tega ngeliat kita begituh, karena mereka rasa kita “end” & menderita, bukan sedang “proses” & belajar.

Dengan baiknya akan memberi suguesti2 ampuh “sudahlah, kamu ga usah bisnis, toh gagal terus kan, kaya si anu ajah kerja dapat duit”, “maaf yah, kamu tuh emang ga bisa bisnis, ngerjain yang kecil2 ajah ga bisa, udah ga usah bermimpi yang besar2 dulu”, “baiknya sih sekarang kamu fokus kuliah dulu”, “baiknya sih sekarang kamu kerja dulu kalo dah ada modal baru bisnis” daan banyak lagiih..

Yang secara ga langsung kalo terus menerus terjadi akan masuk kedalam alam bawah sadar kita dan akan membuat mental-block. Penakut! Sangat penuh perhitungan! Dan rasa takut kegagalan yang sangat besar. Beberapa solusi yang perlu diperhatikan untuk memanajemen kegagalan. Biar ga gagal, dari awal untuk yang baru mau mulai, coba deh mulai dari yang kecil2 ajah, yang simpel & low risk. Bertahaapp.. Ikutin hukum proses

Jangan trlalu nafsu, belom apa2 sudah ekpansi Baru untung sdikit sudah ngembangin yang lain. Fokus! Biasanya disini yang sering, bisnis A blom stabil udah buka bisnis B. akhirnya bisnis B rugi, bisnis A juga kena. Yakinkan diri klo bisnis ada Untung ada Rugi. mana yang lebih besar antara untung & rugi trgantung skill kita masing2. Gagal -> proses belajar & belajar biasanya prlu biaya. Seberapa besar biaya (kerugian) yang kita keluarin, maka sebesar “kelas” kita di bisnis.

Ada yang 1 juta, 10juta, 200jt, 10M dan lain2. Mau dimana kelas kita? Siap bayar “uang belajar”nya?beraaattt… Hihi.. Dan terakhir, kalo gagal curhatnya sama Allah, boleh ngadu smuanya & jelasin secara spesifik, habis itu ke mentor bisnis atau guru biz. Sama rekan2 pengusaha juga bisa. Udah, tapi kalo yang lain macem keluarga, temen, dll mending kulit2 nya ajah..

Karena secara ga langsung mereka akan menyugesti kita sperti yang saya bilang diatas. Udah itu ajah dah sharing dari saya, Gagal itu pasti, temen lama dari seorang pengusaha, gimana kita menstrategikan biar ga besar dan bisa bangkit lagi itu yang harus kita pelajari. “Tidak ada yang mengalahkan pengalaman, Tidak juga bakat, tidak juga keberuntungan, tidak juga momentum…

…Semata2 keringat, tangisan, kerjakeras, jatuh, berdarah, dan TETAP BANGKIT ketika yang lainnya menyerah. Karena yang disebut Pengalaman adalah kemampuan mengulangi kegagalan berulangkali hingga menemukan kesuksesan”. Ini semua kata michael jordan. Kita semua pasti kenal lah yah, legenda pebasket dunia. “Seni kehidupan adalah mengatasi masalah ketika ia muncul, bukannya menghancurkan semangat dengan mencemaskan hal2 yang terlalu jauh didepan.”

Dan segini ajah sharing dari saya mengenai manajemen kegagalan dalam bisnis. Semoga bermanfaat,..

By @gesafalugon

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: