Keutamaan sya’ban, nifsu sya’ban dan puasa setelahnya

Alhamdulillah, bulan sya’ban sudah menjelang dan ramadhan telah dekat | apa amalan-amalan yang biasa Rasul lakukan di bulan sya’ban? Dari Aisyah radiyallahu’anha, “aku tak sekalipun melihat Rasulullah shalallahu’alayhi wasalam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali (pada) bulan Ramadan dan aku tidak pernah melihat beliau (banyak berpuasa -ed) dalam suatu bulan kecuali bulan sya’ban. Beliau shalallahu’alayhi wasalam berpuasa pada kebanyakan hari di bulan sya’ban” (HR Bukhari Muslim) | dalam lafadz hadits lain “hampir sebulan penuh”

” (sya’ban) adalah bulan yang kebanyakan orang lalaikannya yaitu antara rajab dan ramadhan, bulan yang di dalamnya diangkat amalan2 pada Allah Tuhan seluruh alam. Maka aku ingin (ketika) amalanku diangkat, aku dalam keadaan berpuasa” (HR An-Nasai). J adi jelas bahwa di bulan sya’ban, Rasulullah mencontohkan ummatnya untuk banyak2 berpuasa | karena sya’ban adalah bulan penuh keutamaan.

Adapun amalan di nishfu sya’ban (pertengahan sya’ban) | maka ulama ramai bersepakat hadits2 tentangnya dhaif (lemah), bahkan palsu. Jadi pd nishfu sya’ban tidak perlu mengkhususkan shalat sekian rakaat, setiap rakaat membaca surat tertentu sebanyak sekian kali dll. Hanya saja, bagi yang tidak terbiasa berpuasa | nishfu sya’ban menjadi batas dimana ia mesti berhenti berpuasa sunnah di bulan sya’ban.

Rasul bersabda, “jika tersisa separuh bulan sya’ban, janganlah berpuasa” (HR Tirmidzi). Rasul juga bersabda, “jika tersisa separuh bulan sya’ban, maka tahanlah diri dari berpuasa hingga datang bulan ramadhan” (HR Ahmad). Namun bagi yang terbiasa berpuasa (misal: senin-kamis), maka boleh baginya lanjutkan puasa setelah nishfu sya’ban (pertengahan sya’ban)

Dalilnya, “janganlah mendahulukan ramadhan dengan sehari atau dua hari berpuasa” (HR Muslim) | artinya puasa sebelum itu dibolehkan. Jadi kalo mau bayar qadha puasa sampe 1-2 hari menjelang Ramadhan, tentu masih diperbolehkan. Ramaikan sya’ban dengan berpuasa | bila shalat sunnah sempurnakan shalat wajib, semoga puasa sunnah kita sempurnakan puasa wajib esok🙂

Ada yang semangat banget amalin nishfu sya’ban sampe cari2 hadits dhaif | tapi kalem aja pas dikasi hadits shahih tentang menutup aurat (berjilbab&berkerudung) hehe.. Ada yg semangat banget amalin nishfu sya’ban sampe shalat 100 rakaat | pulangnya masih boncengan sama pacar, lha piye ki? Padahal, dalam Islam udah jelas, bahwa kewajiban itu prioritas diamalkan, dari segi apapun | wajib dulu, sunnah hiasan, gitu kan🙂

Coba bayangin, kalo ada orang yang shalat sunnah shubuh terus tidur nggak shalat shubuh yang wajib | aneh nggak?😀 Beginilah kondisi ummat kita sekarang | hobi “heboh” yang sunnah tapi lupakan yang wajib, sori kalo salah, tapi kayaknya nggak deh. Apa mungkin karena yang wajib itu nuntut pengorbanan dan konsekuensi, sementara yang sunnah itu bisa kita lakukan/tinggal sesuka hati?

Sedekah, tahajud, dhuha >> mungkin nggak terlalu banyak korban | dibanding tutup aurat, bebaskan diri dari riba, atau putus pacaran?🙂 Padahal zaman dulu para shahabat selalu utamakan yang wajib, dan perbanyak yang sunnah | bukan merasa sunnah bisa gantikan yang wajib. Perhatikan perkataan ulama besar Ibn Mubarak “Meninggalkan 1 dirham yang syubhat; lebih aku suka daripada sedekah 1000 dinar” | nah

In other words, bila kita semangat broadcast amalan nishfu sya’ban, harusnya lebih semangat sebarin “wajibnya tutup aurat” kan?🙂 Kesimpulannya, yuk, di pertengahan sya’ban ini (nishfu sya’ban), mari kita lihat, kewajiban apa lagi yang belum kita penuhi sebagai Muslim? Penuhi semua kewajiban yang Allah beri, agar jadi hiasan berharga sunnah2 yang kita telah usahakan | agar Allah ridha dan cintakan kita🙂

By @felixsiauw

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: