Jangan Kuliah

Sebuah refleksi untuk kita semua. Calon mahasiswa, mahasiswa dan alumni mahasiswa. Percuma aja lah kuliah kalau ternyata bukan pilihan jurusan yang kita minati. Bohong akan panggilanjiwa hanya sekadar tuk PTN saja. Kamu pikir alumni kampus beken itu terjamin masa depannya? abis lulus banyak yang galau karena ga bangun karakter ketika kuliah. Buat apa kuliah kalau ujung ujungnya cuma jadi sekrup kapitalis. Emang kuliah ga di subsidi rakyat ?

Buat apa capek-capek belajar masuk PTN kalau abis lulus ga bisa berkontribusi buat bangsa. Hanya memetingkan isi perut belaka. Sayang deh mengisi 4-5 tahun kuliah kalau ujung-ujungnya cuma jadi koruptor, merusak negeri. Buat yang ujian kebiasanya suka nyontek nih. Warning. Menyontek adalah budaya korupsi. Jujurlah pure dengan kemampuan kita. Apalah arti hasil akhir yang bagus di atas kertas. Tapi proses dalam meraihnya tidak jujur dan membudayakan korupsi.

Buat apa kuliah kalau cuma mikirin IPK. Emang mahasiswa yang ipk nya 4 itu bener-bener cerdas? Jangan-jangan dia cuma robot yang jago kerjain soal. Percumalah kuliah di kampus pertanian kalau ga mau bangun agro negeri ini dan memikih untuk jadi bankir. Mahal mahal kuliah bisnis eh jadi pegawai biasa. Sayang banget. Yuk bikin lapangan kerja dan mensejahterakan bangsa. 

Ngapain kamu bangga masuk itb kalau cuma mau jadi mahasiswa kupu kupu. Kuliah pulang kuliah pulang. Udah mending pulang sana!  Malu lah guwe pakai almamater kuning Ui kalau gak peka sama isu sosial masyarakat. Taunya cuma kuliah cafe bioskop dan mall. Segen saya pakai jaket warna karung goni UGM kalau melihat realita rakyat aja ga mau. Itu jaket bukti pengorbanan kawan. 

Malu lah gue jadi mahasiswa kalau gak pernah turun aksi/demo di jalan. Ah capek lah kuliah itu kalau cuma pengen biar cum laude tapi anti sosial. Manusia robot yang bangga jadi sekrup kapitalis.  Lo bangga lulus snmptn? Berani janji berkontribusi apa selama mahasiswa? Apa cuma mau mejeng aja dengan label “dari kampus negeri”? Masuk FK UNPAD. Tapi ga mau praktek di daerah terpencil. Huff. Cuma mau jadi dokter di kota. Ah. Percuma,mundur aja mendingan deh. 

Ayolah kawan. Kalian MAHAsiswa ada kata maha didepan siswa. Masa masih sama sama aja konsep berpikirnya. Kalian beda! Idealisme itu dibangun sejak dini. Fase terakhir di mahasiswa. Jangan pragmatis kawan. Hidup bukan hanya tentang duit duit dan DUIT.  Jangan bangga ke kampus pakai mobil ortu. Mejeng sana sini. Ga peduli sekitar. Manja dalam belajar. Mahasiswa itu punya karakter. 

Percuma kamu wisuda nanti kalau cuma nambah daftar penganguran negeri ini. Apa bedanya dengan pengangguran yang ga kuliah?  Sahabat. Yuk kita maknai dengan baik dan tulus kenapa kita harus kuliah. Ini bukan tentang sekedar mengikuti mainstream / tendensi kebanyakan orang. Sorry kalo banyak yang tersinggung. Saya cuma pengen kasih alternatif wawasan tuk mereka yang mau jadi someone beneficial. 

Kamu Mahasiswa ? Apa kontribusi mu untuk bangsa ?🙂 selamat datang di dunia kampus kawan! Majulah di garda terdepan untuk perubahan diri dan bangsa ini.

By @udayusuf

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: