Isra Mi’raj

Bismillahirrahmanirrahim, saya share IsraMi‘raj ya. Semoga bermakna. IsraMi‘raj Nabi Muhammad shalallahu’alyhi wasallam adalah ujian keimanan bagi para mu’minin saat itu. Sebagai hal yang luar biasa, bila kurang kuat iman bisa goyah. Bagaimana mungkin jarak Mekah-Palestina bolak-balik bisa ditempuh dalam satu malam saat itu tanpa teknologi transportasi? Bahkan Nabi shalallahu’alyhi wasallam menyatakan telah mi’raj ke langit hingga Sidratul Muntaha terus balik lagi ke bumi dalam satu malam? Bikin gempar.

Karena itu menarik memperhatikan sikap sahabat Abu Bakar radiyallahu’anhu yang stay cool and calm menanggapinya. “Apakah benar Nabi shalallahu’alyhi wasallam mengatakan hal itu?” Tanyanya. “Bila benar, bahkan lebih dari itu saya percaya !”  Sikap seperti Abu Bakar ra ini pantas diteladani muslimin. Terus kepada pemimpin yang shalih harus diutamakan, agar tidak termakan fitnah.

Yang perlu diteladani dari Abu Bakar radiyallahu’anhu juga terkait keimanan yang mendalam terhadap Allah subhanahu wata’ala dengan keakbarannya. Bagi Allah subhanahu wata’ala tak ada yang tidak mungkin. Karena itu beruntunglah para wali Allah subhanahu wata’ala, yaitu yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Hal menarik lainnya dari IsraMi‘raj adalah ceremony penetapan kewajiban shalat 5 waktu, karena sebelumnya Nabi shalallahu’alyhi wasallam telah melaksanakannya.

Ini menunjukkan betapa pentingnya shalat bagi kaum muslimin. Dan shalat merupakan amal yang akan dihisab pertama kali. Begitu hebatnya shalat, maka kita dapat menjadikan shalat (bersama shabar)sebagai tool u memohon pertolongan Allah subhanahu wata’ala. Tentu bila shalat kita berkualitas: shalat yang mampu cegah kita dari berbuat keji dan mungkar, termasuk cegah berbuat korupsi.

Termasuk kemungkaran adalah bila kita tak mau berzakat padahal kita sudah masuk sebagai muzakki. Na’udzu billahi min dzalik.  Hal lain yang menarik dari IsraMi‘raj adalah kondisi yang dialami Nabi shalallahu’alyhi wasallam sebelum peristiwa itu terjadi. Yaitu kematian pamannya (Abu Thalib) yang melindunginya secara politis dan kematian isterinya (Khadijah radiyallahu’anha) pemasok logistik. Kematian kedua tokoh itu mrupakan pukulan terhadap dakwah yang luar biasa, karenanya Nabi shalallahu’alayhi wasallam bersedih hingga tahun itu disebut ‘Amul Huzn.

Karena itu salah satu hikmah dari IsraMi‘raj bagi Nabi Shalallahu’alayhi wasallam adalah penyegaran dari beban Tahun Kesedihan. Agar kembali optimis. Karena itu bila kita suntuk dengan suasana dakwah yang stagnan atau pekerjaan yang overload, silakan travelling. Semoga tersegarkan.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik.

By @dedhi_suharto

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: