IHSAN

Bismillahirrahmanirrahim, Al Qur’an menyatakan: Hal jaza-ul ihsan illal ihsan. Balasan ihsan itu ya ihsan juga. Jadi apa itu ihsan? Ihsan berasal dari kata hasan, yang artinya baik. Ihsan mengandung makna “sangat baik” atau excellent. Yang menarik, Nabi shalallahu’alyhi wasallam menjelaskan ihsan: an ta’budallaha kaannaka takun tarohu fain lam takun tarohu fainnahu yaroka. Ihsan itu kamu beribadah kepada Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, tapi jika kamu tidak bisa melihat-Nya sesungguhnya Dia melihatmu.

Jadi, kunci melakukan yang terbaik atau ihsan adalah rasa dekat dengan Allah sehingga seolah-olah kita mampu melihat-Nya. Atau setidak-tidaknya, rasa dekat itu memberikan perasaan bahwa kita merasa selalu dilihat-Nya, diawasi-Nya. Perasaan melihat Allah atau dilihat Allah subhanahu wata’ala ini tidak akan tumbuh kecuali kita memiliki iman. Karena itu ihsan adalah buah iman.

Perasaan melihat atau dilihat Allah ini akn menimbulkan reaksi/proaksi trkait perintah/larangan-Nya, yang tcermin dalam kepatuhan/Islam. Dengan demikian refleksi dari mereka yang ihsan trlihat dari ke Islamannya. Dan itu berarti, bila tidak ihsan maka perlu direnungkan Islamnya.

Demkianlah, iman, islam, & ihsan saling berhubungan erat dalam suatu model Pohon Yang Baik: iman-> akarnya, Islam-> dahannya, ihsan-> buahnya. Jadilah orang yang iman, Islam, dan ihsan. Jadilah Pohon Yang Baik, wahai saudaraku. Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik.

By @dedhi_suharto

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: