Hari hari purnama

Kamis s/d sabtu (5-7 April 2012) 13-15 jumadil awwal adalah ayyamul bidh .. Disunnahkan shaum sunnah di 3 hari tsb. Selain shaum di bulan ramadhan hukumnya adalah sunnah. Sepanjang tahun selain ramadhan kita disunnahkan mmperbanyak shaum sunnah. Shaum wajib & juga shaum sunnah adalah ibadah utama dalam Islam. Shaum adalah ‘tameng’ dari perbuatan dosa serta maksiat.

Shaum melatih kita untuk jujur, karena saat shaum tidak ada yang berani minum walo sendirian. Shaum pun bikin sehat raga, hati juga dompet🙂 Shaum bikin kita dekat sama Allah dan bikin smangat berdo’a. Shaum sunnah itu bermacam-macam jenisnya, ada shaum yang moment tertentu stiap tahun, seperti 9-10 muharrom & shaum arafah. Ada juga jenis shaum sunnah yang berulang-ulang bisa rutin kita amalkan, sprti senin kamis, shaum daud dan ayyamul bidh.

Senin-kamis shaum sunnah di saat pergantian tugas malaikat pencatat amal, shingga laporan catatan amalan kita selalu bagus. Shaum nabi Dawud adalah shaum terbaik karena komitmen menjadikan 1 hari berbuka & 1 hari berpuasa.  Adapun ayyamul bidh adalah hari-hari purnama setiap bulan hijriyyah yaitu tanggal 13,14 & 15. Di tanggal-tanggal tsb sunnah kita berpuasa.

Niyat shaum, wajib maupun sunnah berlaku per hari puasa. Artinya bila ada kendala memuasai 1 hari or lebih di bulan ramadhan cukup diqodo hari-hari yang tidak shaum.  Juga bila senin terkendala berpuasa, maka tetap boleh shaum di hari kamisnya, juga sebaliknya. Begitupun shaum dawud, yang penting tidak berturut-turut hari dengan berpuasa.

Ayyamul bidh atau hari-hari purnama yang disunnahkan puasa berarti niat puasanya 3x di 3 hari tsb, bila 1 or 2 hari berpuasa gapapa. Berarti shaum hari-hari purnama tidak mesti tiga hari bila di salah satu harinya kita terkendala untuk berpuasa. Keutaman shaum sunnah di hari-hari purnama yang utama adalah ketaatan kita kepada Rasulullah yang nyuruh kita berpuasa ..

Dalam hadits shohih Rasul berwasiat untuk shaum minimal 3 hari di stiap bulan, dan itu adalah shaum sunnah hari-hari purnama. Sekian penjelasan shaum sunnah hari-hari purnama yang populer disebut shaum ayyamul bidh, semoga kita dipermudah mengamalkannya, amiiin. Ajak anak istri (suami), teman kerja, teman facebook, followers & muslim/ah dimanapun berada untuk shaum sunnah pada hari-hari purnama.

Jazakumullah atas perhatiannya, mohon maaf atas kekeliruannya .. wallahu a’lam bishshowab dan wassalamu’alaikum.

By @Ustadzhilman

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: