Fakta tidur dan kesehatan

Tahukah anda bahwa tidur 1 jam ekstra setiap malam dapat menurunkan risiko serangan jantung sampai 33%? Kurang tidur menyebabkan peningkatan risiko hipertensi, gagal jantung, diabetes, serangan jantung mematikan, stroke, kegemukan. Di Australia, orang yang tidak tidur selama 18 hari, 21 jam, 40 menit, sebelum akhirnya tertidur sempat mengalami halusinasi dan bicara kacau.

Survei di AS, 50% pilot dan 40% sopir truk mengaku tidurnya tidak cukup/berkualitas sehingga mmpengaruhi pekerjaan. Dulu banyak yang menganggap mimpi terjadi pada fase tidur REM (rapid-eye movement), namun ternyata mimpi dapat terjadi pada setiap fase tidur. Orang yang sedang stress kerap terjaga di malam hari karena dipengaruhi peningkatan produksi hormon stress adrenocorticotrophin.

Remaja yang enggan bangun pagi umumnya disebabkan karena lama tidurnya yang memang tidak cukup. Remaja rata rata membutuhkan 10 jam tidur stiap hari seperti halnya anak2, sedangkan orang dewasa butuh 8 jam. Wanita mmbutuhkan tidur sejam lebih lama daripada pria. Jika tidak, mereka lebih mudah mengalami depresi dan kelelahan. Mereka yang berusia diatas 65 tahun membutuhkan tidur rata rata 6 jam sehari.

Walau tubuh anda tertidur, otak anda tidak pernah tidur sebab banyak fungsi tubuh yang perlu diatur oleh otak saat anda tidur. Otak tidak pernah tidur karena mengatur fungsi bernafas, pencernaan dan peredaran darah agar anda tetap hidup saat terlelap. Orang yang kerap bermimpi sambil mengamuk saat tidur, 50% lebih besar risikonya mengalami kepikunan kelak.

Orang yang sering bermimpi sambil mengamuk sebaiknya memeriksakan diri ke dokter saraf. Perubahan timezone atau shift kerja menyebabkan perubahan siklus tidur tubuh dan mmbutuhkan seminggu bagi tubuh untuk menyesuaikan. Berhentilah makan 16 jam sebelum anda berencana bangun dari tidur untuk mencegah kekacuan jam tidur saat perubahan timezone.

Untuk dapat tidur nyenyak, suhu ruangan harus harmonis dengan suhu tubuh alias tidak boleh terlalu panas.Temperatur ruangan yang optimal atau nyaman untuk tidur adalah antara 17 sampai 30 derajat celsius. Kurang tidur menurut beberapa studi dapat menurunkan konsentrasi, atensi dan kemampuan menyelesaikan masalah. Kurang tidur menyebabkan menurunnya kemampuan belajar dan mengingat pelajaran.

Kurang tidur menyebabkan tubuh menghasilkan hormon stress kortisol yang menganggu produksi kolagen sehingga kulit tampak keriput. Semoga dapat memberikan manfaat. Pertanyaan, kritik dan saran silakan langsung sruduk follow @dokterMade

  1. #1 by traducere rusa romana in galati on November 2, 2012 - 5:49 AM

    When I first saw this title Fakta tidur dan kesehatan heartcooler on google I just whent and bookmark it. I am only commenting to make you know of the superb experience my friend’s girl undergone studying your blog. She even learned a lot of things, including what it’s like to have a wonderful helping spirit to make certain people completely fully understand several complicated subject areas. You undoubtedly did more than people’s desires. I appreciate you for offering those powerful, safe, educational not to mention fun guidance on this topic to Emily.

    • #2 by 3yuwono on November 2, 2012 - 6:38 AM

      May be usefull. Please sent your sugeestions and ideas to me. I hope next can be better again

  2. #3 by traduceri slovena romana in galati on November 2, 2012 - 8:03 PM

    When I first saw this title Fakta tidur dan kesehatan heartcooler on google I just whent and bookmark it. I haven’t checked in here for some time as I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I will add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend

    • #4 by 3yuwono on November 2, 2012 - 8:12 PM

      Thanks you very much

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: