Boros Demi Anak?

Demi anak-anak” seringkali jadi alasan para ortu untuk boros. 4 pengeluaran paling boros “demi anak”: diapers, susu, mainan, sekolah. Yang merasa punya pengeluaran besar tuk diapers, coba cek lagi deh berapa usia anak & sudahkah lakukan potty training? Lebih sehat & hemat. Anak 1,5-2 tahun sudah bisa potty training… Kalo sudah 2tahun+ masih pake diapers juga, boros banget.

Yang merasa pengeluarannya besar sekali tuk beli susu anak, jangan mau termakan iklan. Perbaikan pola makan lebih penting daripada susu yang mahal. Anak di atas 2 tahun itu sudah TiDaK WAJIB susu setiap hari selama pola makannya bagus. Jadi kalo masih beli susu berkilo-kilo… boros banget. Yang merasa keluar uang besar tuk mainan/rekreasi anak…. coba cek lagi, yang mereka perlukan itu mainannya atau waktu berkualitas dengan ortunya?

Luangkan waktu berkualitas dengan anak, jauh lebih penting daripada mainan mahal yang harus dicicil berbulan-bulan dengan menambah jam kerja di kantor😦 Yang merasa harus keluar uang buwanyak buwanget buat sekolah, les, dll…. coba tanya anaknya apkah mereka makin senang? atau makin stress? Kalo anaknya malah tambah stress dengan yang kita sebut sebagai pendidikan, ortunya juga makin stress karena bayarnya mahal… apa bukan boros tuh namanya?

Alasan “Kasian anak klo gak minum susu” atau “gue males bujukin anak makan yang bener”…? Alasan “kasian klo gak dibeliin mainan” atau “biar dia maen sendiri, gue males ngajak maen bareng” ….? Alasan “kalo gak sekolah di situ ntar gak pinter” atau “sekolahnya yang pulangnya lama + les biar gak lama nungguin ortunya pulang” …?

Cobalah kita evaluasi lagi semuanya buat anak pasti lah yang terbaik. Kalo bisa hemat kena mesti boros. Lagian juga kita mesti berbagi juga dengan anak-anak yang lain yang tidak bisa sekolah, putus sekolah. Mereka membutuhkan uluran tangan kita juga.🙂

By @ahmadgozali

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: