Aplikasi berpikir cara Al Quran untuk pebisnis

Membaca Alqur’an bukan sekedar asal membaca. Selain makharijul hurufnya harus betul, kitapun harus mentadabburinya |Dalam Al Quran bisa kita temukan aplikasi berpikir cara Al Quran untuk pebisnis. Inqusitive Thinking (berpikir karena ingin tahu), cara bpikir melalui persoalan. Manfaat mengutarakan persoalan dengan pertanyaan-pertanyaan kritis banyak dalam Al Quran.

Contoh:”Bukankah Aku ini Tuhanmu?”(QS. 7;172). Seorang pembisnis harus sering mngevaluasi dirinya sendiri agar dapat berubah menjadi lebih baik. Objektive Thinking (berpikir objektif). Berpikir berdasarkan bukti & fakta yang kuat. QS2;111. Allah berfirman; Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: “Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani”. Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah: “Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar”.

Sebagai pebisnis, berpikir dengan cara ini dapat membantu meminimalkan asymetric information (salah keputusan) dalam menanggapi 1 berita atau masalah. Positif Thinking (berpikir positif). Al Quran mengajarkan tetap optimis, selalu percaya dengan janji Allah, obsesif, tawakkal. QS. 12;87,QS. 3;154.

Seorang pebisnis harus selalu berpikiran positif dan optimis terhadap peluang yang ada. Rational Thinking (berpikir rasional). Berpikir secara logis & argumentatif. Conceptual Thinking (berpikir dengan konsep). Berpikir dengan cara ini dapat membantu pebisnis mengmbangkan ide untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

By @_Bunda_Rahmi

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: