Anak muda dan Indonesia

Cerita dan sejarah negeri ini adalah tentang konsistensi anak muda melakukan perubahan.  Cerita dan sejarah itu dimulai dari sebelum proklamasi hingga reformasi. Masing-masing era memiliki cerita dan sejarah dalam sebuah siklus 20 tahunan, di mana muncul perubahan dan lahirnya generasi baru. Sumpah Pemuda (1928), Proklamasi (1945), Orde Lama (1966), Orde Baru (1998), Orde Reformasi (> 2018)

Artinya momentum generasi muda untuk berperan lebih dimulai setelah > 2018, bagaimana 2014? Yup..masih cerita ‘orang tua’. Oleh karenanya, anak muda harus mulai mengawal momentum ini, agar kerusakan yang terjadi bisa diminimalisir.  Blueprint Indonesia 2020? Dan follow up nya menjadi salah satu cara untuk memastikannya.  

Ide ini sudah lama berada di kepala dan akhirnya tertulis juga di sepanjang perjalananku dari Malang menuju Yogyakarta via kereta api Malabar yang bertujuan akhir di Bandung. Aku terinspirasi dan merasa bersyukur dalam satu waktu dapat mengisi dan diisi oleh forum seminar tadi (Sabtu/25 Feb 2012).

Inspirasi gagasan ini berasal dari CK Prahalad, seorang profesor Michigan University berkebangsaan India, yang mampu membuat sebuah blueprint cita-cita untuk pemuda di usia kemerdekaan India ke-75, pada tahun 2022 nanti. Melalui visi ini, pemuda India diharapkannya bersatu untuk mendorong India menjadi aktor utama global

Gagasan CK Prahalad menarik untuk disimak, walau ia telah tiada tahun 2010 kemarin, namun visinya mampu menjadi spirit kebangkitan India. Dalam konteks Indonesia, secara personal, figur CK Prahalad di negeri ini melekat dalam diri Marwah Daud Ibrahim hingga Anies Baswedan dengan visi 2045-nya. Sedangkan secara kolektif, gagasan ini pernah disampaikan oleh Yayasan Indonesia Forum dengan Visi Indonesia 2030 atau Indonesia 2033 oleh Andrinof Chaniago, dkk.

Sampai di sini mengapa ‘visi baru’ lainnya penting untuk dihadirkan?

Pertama, belum ada blueprint yang dihasilkan dan implementasinya dikawal oleh para pemuda. Sehingga, diperlukan sistematisasi gagasan agar visi ini  tak hanya mimpi atau sekedar janji. Tawaran 75 tahun atau 100 tahun kemerdekaan hanyalah batasan, yang bertujuan memastikan generasi muda memiliki respon dan sikap dalam menjawab tantangan global.

Alasan kedua, momentum perbaikan dan perubahan harus diciptakan dan direncanakan. Sejarah bangsa ini adalah cerita tentang itu, mulai sumpah pemuda hingga reformasi bergulir. Visi tentang masa depan Indonesia ini, diharapkan mampu memberikan energi  positif bagi setiap generasi untuk memainkan peranan yang lebih strategis di masa-masa mendatang.

Dengan blueprint  ini, setiap generasi khususnya anak-anak muda Indonesia memperoleh panduan, bagaimana cara terbaik mengelola negeri ini.

Alasan ketiga, konteks yang terus berubah dan bergerak menuju sebuah era baru, meniscayakan perlunya revitalisasi cara dan obyektifikasi peran masing-masing agar janji-janji tersebut segera terlunasi.

Akhirnya, tulisan ini ditutup dengan sebuah pertanyaan klasik, what next? Apa yang harus kita lakukan?

  • Mendiskusikan blueprint Indonesia 2020 untuk membangun titik temu dan kolaborasi aksi strategis para pemuda
  • Membentuk kabinet Indonesia Muda untuk memastikan jalannya pemerintahan 2009-2014 & 2014-2019 profesional dan bertanggung jawab.

Ditunggu tanggapan rekan-rekan semua karena bangsa ini masih memiliki masa depan, mari kita menciptakan dan merencanakannya bersama. Semakin banyak anak muda yang membacanya dan menanggapinya semakin baik…

  1. Mendiskusikan blueprint Indonesia 2020 untuk membangun titik temu dan kolaborasi aksi strategis para pemuda
  2. Membentuk kabinet Indonesia Muda untuk memastikan jalannya pemerintahan 2009-2014 & 2014-2019 profesional dan bertanggung jawab.

Ditunggu tanggapan rekan-rekan semua, karena bangsa ini masih memiliki masa depan, mari kita merencanakannya bersama. Semakin banyak anak muda yang membaca dan menanggapinya semakin baik…

Dengan blueprint ini anak muda bisa mempersiapkan diri & turut serta mengontrol kinerja penyelenggara negara. Dengan merancang masa depan, kita dapat mengantisipasi tantangan zaman sekaligus menciptakan berbagai alternatif dan pilihan2 rencana. Cerita dan sejarah yang dimaksud bukan sebatas soal anak muda, karena ia hanya anak muda terdidiklah yang dapat melakukannya. 

Anak muda terdidik ini adalah maestro perubahan namun di masa mendatang harus turut serta mengisi perubahan.  Visi, kompetensi, inovasi, dan integritas pribadi menjadi syarat mutlak sang maestro agar dapt berperan mengisi perubahan. Ia tak hanya jago bicara di luar sistem, namun bisa membuktikan bila diberi amanah di dalam sistem. Basis ia bicara adalah berbagai karyanya untuk Indonesia diusia muda. 

Mengkritik biasa, melawan apalagi…namun, memberikan solusi & trus mncari alternatif di tengah kompleksnya masalah itu s.e.s.u.a.t.u.  Di masa mendatang ia mengerti apa yang harus ia lakukan dan bagaimana mewujudkannya agar Indonesia semakin lebih baik.  Blueprint Indonesia 2020? setidaknya memandu agar tujuan itu semakin dekat dan dapat diraih. 

Menyalahkan? mencari kambing hitam? Ini tak bisa terus dibiarkan. Harus ada yang bertanggung jawab! kelangsungan Indonesia akhirnya menjadi tanggung jawab anak muda. hal ini smakin relevan ditengah ‘krisis kepemimpinan nasional yang profesional’. Kemampuan menghasilkan perubahan dan keberanian bertanggung jawab ini tak mungkin terjadi bila sendiri, tak bersinergi. 

Bila masih ada anak muda terdidik di negeri ini hanya mengeluh, mengutuk, apalagi pura-pura tak peduli, ini T.E.R.L.A.L.U. B lueprint indonesa 2020? mengajak seluruh anak muda negeri ini untuk senantiasa berkolaborasi, mencari solusi, serta membangun titik temu. Apakah sebelumnya tidak ada blueprint tentang negeri ini? ada..(check link artikelnya), namun, yang dirancang oleh anak muda belum ada. 

Apa bedanya? Bedanya, anak muda di sini sebagai subyek dan obyek yang berperan dalam lakon utama cerita Indonesia di masa2 mendatang. Memang anak muda Indonesia bisa memastikan masa depan negerinya? kenapa ngga? Apa manfaat lain dari blueprint ini? kita lebih obyektif melihat riil kondisi negeri ini. Kapan negeri ini tak korup lagi, bagaimana agar kita kembali berdaulat sebagai negara maritim dan agraris

Bagaimana agar ekonominya berdikari dan politiknya tidak dagang sapi. Apakah Indonesia hanya ‘jakarta’? sumatera hingga papua..setia membuat ‘berita’ berbeda..apakah kita sudah mengetahuinya? Blueprint Indonesia 2020? Juga dapat mengusir ke-galau-an, ke-lebay-an, dan ke-alay-an yang melanda seluruh anak muda indonesia.  Koq bisa ngusir galau, lebay & alay? tulis visi & inovasi kita tentang diri, lanjutkan untuk negeri ini.. :) 

By @AgungBaskoro ; http://smartgeneration.wordpress.com/

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: