Adab Nasehat menasehati

Agama adalah nasehat! Untuk beriman kepada Allah, kitab & Rasul-Nya, serta bagi para pemimpin & seluruh muslimin (HR.Bukhari-Muslim). Jika budaya saling menasehati hidup, berarti masyarakat “hidup”. Bila budaya tsb mati, berarti masyarakatpun telah “mati”. Sebesar apa kesiapanmu dalam menerima & merespons positif setiap nasehat baik, seperti itulah kebesaran jiwa & imanmu ditentukan. Seistiqamah apa engkau dalam semangat berbagi nasehat, setingkat itulah keistiqamahan iman & Islammu dibuktikan.

Untuk penerima nasehat: Terimalah nasehat, dari siapapun & dengan cara apapun ia disampaikan, yang paling menyakitkan sekalipun. Untuk punerima nasehat: Jangan pilih-pilih & mengurung diri dengan hnya menerima nasehat dari yang engkau sukai saja, jika tak ingin rugi sendiri. Jangan syaratkan hanya mau menerima nasehat dari orang tertentu saja ato dengan cara tertentu saja. Jangan lihat siapa yang menasehati. Tapi lihat & perhatikanlah apa yang dinasehatkannya. Istiqamahkan diri berbaik sangka terhadap setiap pemberi nasehat, siapapun orangnya & apapun caranya.

Untuk pemberi nasehat: Berikanlah nasehat dengan ikhlas, jujur &benar-benar ingin agar yang dinasehati menyambut & menerimanya. Nasehatilah orang lain dengan bahasa & cara yang denganya engkau yakin/harap, ia akan menyambut & menerimanya. Janganlah menasehati orang dengan bahasa &cara yang denganya engkau sendiri yakin/duga, ia akan menolaknya. Jangan mnasehati orang dengan bahasa & cara,dimana engkau sndiri tidak suka jika dinasehati dengan bahasa & cara serupa.

Niatkanlah setiap nasehatmu adalah tertuju pertama kali kepada dirimu sendiri sebelum orang lain. Berbaik sangkalah terhadap setiap obyek nasehat, siapapun orangnya & apapun respons yang ditunjukkannya.

By @UstMudzoffar

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: