Anak muda dan politik

Perubahan dan perbaikan memang tak selalu identik dengan politik. Namun politik dapat memastikan berlangsungnya perubahan dan perbaikan secara efektif. Koq efektif? yup, karena sistem yang mengakomodasi telah mengakui ini sebagai saluran aspirasi yang dilindungi konstitusi. Sedangkan di eksekutif, urusan ini dikelola oleh kementrian pemuda dan olahraga.

Di daerah, bisa memanfaatkan DPRD maupun dinas terkait sebagai wadah aspirasi formal. Kalau non formal, lewat ormas, organisasi keagamaan, lsm, organisasi profesi, organisasi kepemudaan/kemahasiswaan, dsb. Kenapa anak muda harus tau politik bahkan berpolitik?

Pertama, selain alasan perubahan, anak muda punya potensi baik dari segi kuantitas maupun kualitas . Secara kuantitas, menurut proyeksi BPS sampai tahun 2015, jumlah pemuda 62.2 juta jiwa, setara dengan 29,5 % penduduk Indonesia. Namun, bila ditinjau secara kualitas, hanya 7% yang dapat kuliah dan 60,5% adalah pengangguran. Jumlah pemuda yang cukup besar ini cukup seksi dibajak oleh “orang-orang tak dikenal”

Apa masalah anak muda paling aktual? Putus sekolah, pengangguran, narkoba, pergaulan bebas, dan tawuran. Dari masalah di atas kebayang solusinya friends? yup..kita mesti keroyokan menuntaskannya. Ngga bisa secara sosial atau ekonomi aja. Perlu diupayakan kebijakan politik yang berpihak kepada anak muda di segala bidang, agar anak muda tidak hanya korban kebijakan.

Kedua, Anak muda adalah aktor intelektual di balik berbagai perubahan yang terjadi, tidak hanya di negeri ini, namun juga dunia. Rahasia anak muda konsisten sebagai aktor perubahan adalah, SEMANGAT! KEBERANIAN! INISIATIF! Silahkan ditambahkan friends.. Jadi, bila ada anak muda yang tak semangat, tak berani, dan tak berinisiatif, TERLALU!

Alasan ketiga, karena anak muda adalah generasi pemimpin bangsanya. Semakin terbiasa ia berinteraksi dengan politik, ia semakin luwes dalam bersikap dan bertindak. Anak muda yang alergi politik, bersiaplah ‘dipolitisasi‘:)  Hati-hati dengan wacana, politik itu kotor..busuk…dan loe akan sama aja dengan ‘mereka’. Kalau kita, punya kompetensi, karya, integritas..’berpolitiklah!’

Kita kembalikan esensi berpolitik untuk melunasi janji-janji kemerdekaan. Berpolitik itu biasa, tapi bila anak muda yang melakukannya, sungguh istimewa! Anak muda..kuliah..lulus.. terus bekerja aja? ini seperti kacang lupa akan kulitnya. Jangan yaa friends..ingat anak-anak muda lainnya yang belum beruntung. Anak muda..kuliah..tapi ngga dilulusin, ini juga tanda kurang bersyukur…ingat kembali, anak-anak muda lainnya yang belum beruntung.

Soekarno, hatta, tan malaka, syahrir, natsir & founding fathers lainnya, berpolitik dengan gagasan sejak muda sehingga mampu memobilisasi massa. Anak muda berpolitik harus membawa gagasan, itu keharusan! Anak muda berpolitik karena ikut-ikutan, ini keterlaluan dan melecehkan kemanusiaan. Anak muda berpolitik harus didukung dan didoakan agar konsisten dan mampu memperbaiki negeri ini.

Bahaya kalau anak muda berpolitik hanya ikut-ikutan, khawatir orientasinya hanya kekuasaan🙂 Kalau anak muda berpolitik dengan gagasan ia akan punya visi dan inovasi untuk menciptakan perubahan dan perbaikan, ia juga mampu mengemas gagasan berupa visi dan inovasinya dengan elegan, karena anak muda berpolitik mencerdaskan! Politik memang bicara soal kemungkinan, tapi perubahan adalah kepastian. Bila anak muda berpolitik. ia harus ‘memastikan’ bukan membuka kemungkinan🙂

Ada yang mencela anak muda berpolitik, maka ia anti perubahan…hati-hati dengan orang seperti ini🙂 sahabat semua, yuk follow @udayusuf  pemuda kontributif dari ranah minang, tweetnya s.e.s.u.a.t.u. getoh, it works loh! Kalau lah politik hanya diisi oleh kebusukan, kotoran, dan noda bagi negeri ini, maka anak muda harus membersihkannya.. walau perlahan

Politik adalah ladang pengabdian & panggilan kemanusiaan. sebuah kemuliaan, bila ada anak muda telah ‘mendengar’nya. Coba beli buku menjadi pemimpin politik dari alfan alfian🙂 Semangaat pemuda..

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: