ROHIS

Siapa yang pernah atau masih ikut rohis atau rohani islam? Buat saya rohis sangat berkesan. Kenapa ? Kita bisa belajar banyak. Saya pikir tadinya yang namanya rohis kerjaannya cuma ngaji. Ternyata ada baksos dll nya. Saya tadinya juga berpikir kalo orang begajulan macem saya ga boleh ikut rohis , ternyata boleh. Hehe menyenangkan

Syukur alhamdulillah. Karena rohis jadi tempat aktualisasi pertama saya. Saya jadi punya basis pemahaman Islam yang cukup. Sehingga saya jadi punya frame berpikir tentang Islam dan peradaban dengan baik. Kami anak rohis selalu dinamis. Dengan celana necis, selalu prestatif. Berbekal quran dan hadits kita bangun indonesia optimis. Menarik bila mengingat lagu tsb. Kita mensenandungkan untuk membangun konsep kalau anak rohis harus terbaik di kelas. Juara satu

Saya mulai dibenerin cara ngajinya di rohis . Diajarkan berakhlak naik. Jangan nakal. Punya tujuan hidup. Fondasi Islam. Mulai terpacu untuk menghafal quran juga karena rohis . Mencoba meraih salah satu keutamaan dan kemuliaan sebagai penghafal quran. Kata mentor saya dulu, anak rohis ga boleh malu maluin Islam. Kita diajarkan nasyid. Islam cinta keadilan. Tak akan takut akan rintangan. ALLAH jadi tujuan.

Dulu pernah juga ikut acara mabit rohis . Sangat menyenangkan. Penuh ilmu. Penuh persahabatan. Tak terlupakan. Salah satu acara yang menarik adalah bagian muhasabah. Wew. Bocah smp diajarin tobat nasuha sama kakak kakak. Konsep muhasabahnya sangat dinamis. Kita ditutup matanya. Ada beberapa fase. Lahir. Hidup. Kematian. Kubur. Flow yang oke. Pas sesi kubur. Kakak-kakak rohis bikin lobang kuburan beneran. Kita disuruh tidur disana . Wew. Trus ada “malaikat” yang nanya.

Terus ada teriakan minta ampun dan tobat. Serem lah. Tobat deh gue saat itu haha. Rohis membuat diri ini berbeda memandang hidup. Ada baiknya menurut saya ya. Siswa smp dan sma ikutan rohis . Kalo udah kuliah ikut KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) dan Juga LDK (Lembaga Dakwah Kampus). Agar basis agamanya baik. Karena di rohis kita bisa belajar berbagai ilmu Islam dasar yang sangat menguatkan konsep hidup. Ini pengalaman saya loh.

Setidaknya anak rohis dididik untuk jujur dan santun. Kuta diajarkan untuk juga jadi teladan dikelas. Menyenangkan kan? Dulu mentor saya alumni sekolah. Masuk SMA Unggulan, trus kuliah di kampus beken. Jadi termotivasi deh hehe. Kita tidak hanya belajar Islam tapi juga bisa menyiapkan dunia kampus sejak dini. Jadi lebih matang merencanakan masa depan. Karena di rohis / KAMMI / LDK kita kan menggunakan konsep Mentoring yang sejatinya adalah coaching. Perkembangan di pantau. Penuh inspirasi.

Bayangkan. Kita anak smp di didik oleh mahasiswa ui. Stan. Uin. Unj. Lipia. Sebi. Hebat hebat mereka. Sangat matang dan dewasa.  Saya pikir anak rohis anti musik. Ternyata pada jago main alat musik. Sangat dinamis sekali. Penuh canda dan ceria. Saya pikir kalo masuk rohis harus jadi kaku. Ternyata justru sangat asik dan penuh ide baru dan gila, dalam koridor Islam. Belajar tentang hidup di rohis karena kakak mentornya udah lebih matang dan lebih dewasa. Dan mereka semua prestatif. Kita jadi bersemangat.

Saya pikir dengan masuk rohis . Waktu belajar saya tersita , ternyata malah ada kelompok belajar yang bisa bantu akademik saya. Saya pikir kegiatan rohis cuma dimesjid. Ternyata banyak outbound. Ke masyarakat. Variasi kegiatannya sangat hebat. Baksos. Loketa / lomba ketrampilan agama . Hafidz quran. Outbound. Kunjungan panti asuhan. Games. Camping. Itu kegiatan-kegiatan rohis.

Saya terpacu sholat subuh di mesjid ya karena disemangatin sama temen temen rohis. Malah ada yang mau bangunin saya pas sebelum azan via telpon. Saya kenal mengisi waktu nunggu dengan tilawah dan baca buku ya dari rohis . Membuat waktu luang lebih bermanfaat. Masih smp udah diajarin tentang baksos. Kumpulin dana berbagi dengan yang kurang mampu. Berbaur dengan masyarakat.

Menariknya ya di rohis itu minim konflik. Karena visinya kuat dan sama , yaitu ridho Allah. Mencari cinta-Nya. Innamal mukminunal ikhwah (semoga gue ga salah ketik) . . Ya sesama mukmin kita bersaudara. Menanggung hidup satu sama lain. Uniknya ada beberapa kelompok yang ga suka sama kehadiran rohis . Katanya ekstrim. Tempat cuci otak. Anti demokrasi dll. Benarkah ? Gini aja deh. Gue anak rohis sejak smp. Apakah gue ekstrim ? Fundamentalis atau apapun istilahnya ? Adakah kalimat saya yang mencuci otak?

Saya justru di rohis belajar untuk bijak dan terbuka. Toleransi dalam beragama. Prestatif dan kompetitif. Mau berubah untuk kebaikan. Saya tak bisa memungkiri bisa jadi ada diantara sahabat semua punya skeptisisme terhadap rohis . Atau cerita lainnya. Tapi tidak semuanya seperti itu. Percayalah jika kamu pernah dikecewakan okeh rohis atau anak rohis. Tidak semuanya seperti itu. Mungkin ada yang tidak terkomunikasikan.

Saya ingin mengajak sahabat semua yang punya pengalaman buruk dengan rohis untuk berkenan melihat perubahanya sekarang.🙂 Dan saya juga mengajak adik adik yang sedang beraktivitas di rohis untuk bisa memberi teladan dan sikap positif di sekolah. Yah intinya sih ikutan rohis aja deh. Buat dirimu memiliki fondasi Islam yang baik. Jangan malu mengaku anak rohis. Ga ada yang salah. Justru jadikan status anak rohis agar kamu semakin menjaga diri. Jadi anak rohis , jadi pribadi yang paripurna jasad akal dan hati. Jadi pribadi seimbang dan bermanfaat. Jadi anak rohis jangan malu malu in, Kalau bisa sepuluh besar di kelas. Aktif bermasyarakat. Punya visi yang kokoh

Buat sahabat sahabat yg masih istiqomah terlibat di rohis sekolah. Terus berjuanglah. Bibit peradaban ada ditanganmu. Menyenangkan kan ikut rohis ? Banyak manfaatnya. Gak radikal kok. Justru sangat toleran anak rohis tuh. Cool and calm hehe Cool calm cheerful charity care itulah ciri anak rohis . . Mau ga seperti itu sahabat ? Di rohis saya diajarkan tuk menggunakan social media dengan bijak. Bukan tuk bergalau. Tapi tuk menebar manfaat.

Di rohis saya dulu diajak ke UI . . Dikenalin jurusan disana. Tapi saya aja ga tertarik ke ui hehe. Maunya ke ITB. Apakah anak rohis celananya harus ngatung dan berjenggot ? gue pake jeans kok kemana mana hehe , kalo jenggot ?yah hehe🙂 poin saya adalah, janganlah kita terjebak pada simbol. coba lihat isinya. bagaimana perilaku dan prestasi yang di berikan anak-anak rohis.

Yuk sahabat sahabat semua,kita buka mata dan telinga kita. kita coba kenal rohis lebih bijak. Tempat anak muda berkumpul mencari cinta Allah.🙂 yuk ikutan rohis / KAMMI / LDK hehe last but not least. Semoga Allah menjadikan kita priabadi yang mulia, berkah dan bermanfaat🙂

By Ust. udayusuf ,pendiri rohis smp 85 Jakarta. Aktif di rohis smu 34 Jakarta & pelayan umum di rohis ITB.

, , , , ,

  1. #1 by traducere araba romana in ploiesti on November 2, 2012 - 8:04 PM

    When I first saw this title ROHIS heartcooler on google I just whent and bookmark it. I feel you made a few somewhat interesting points. Not too many individuals would really take into consideration this the way in which you just did. I am truly impressed that there is so much about this subject that has been revealed and you probably did it so nicely, with so considerably class. Top-notch one, thank you.

  1. Solution culture violence and fighting between students in Indonesia « heartcooler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: