Politik Kantor


Politik ada dimana-mana. Di pemerintahan, kantor dan bahkan rumah. Tujuan dari politik itu simpel : Mempengaruhi orang lain sehingga tujuan kita tercapai. Karyawan rajin & pintar belum tentu mendapatkan reward yang bagus kalau dia gak ngerti Politik Kantor. Karyawan yang bodoh dan males-malesan bisa dapat reward yang bagus kalau dia jago memainkan Politik Kantor.

Hal tersebut memang gak adil. Tapi siapa bilang dunia ini adil? :) Jika anda orang yang supel dan gaul, maka memainkan Politik Kantor akan mudah. Sebaliknya jika anda nerve dan kuper, maka akan sulit untuk memainkan Politik Kantor. Untuk memainkan Politik Kantor dibutuhkan People Skill tingkat tinggi. Hal pertama yang harus dilakukan untuk memainkan Politik Kantor adalah Pemetaan Power.

Pemetaan Power adalah mengetahui siapa yang memiliki power di kantor dan kubu-kubu yang terbentuk. Di tiap organisasi pasti ada kubu-kubu yang terdiri dari beberapa orang. Makanya kita sering dengar bahwa si A ini orangnya si bos B atau si C orangnya si bos D , dan sebagainya. Mengetahui siapa yang memiliki Power kadang harus obsevarsi lebih jauh, karena belum tentu posisi tinggi itu punya power.

Contohnya adalah sekretaris dirut bisa punya power lebih tinggi dari general manager di kantor.  Anda WAJIB disukai oleh orang-orang powerful di kantor (walaupun sebenernya anda gak suka dengan mereka). Jika anda sudah berhasil disukai oleh orang-orang powerful, jangan cuekin orang-orang yang kurang powerful. Tetap ramah dengan semua orang. Jangan pernah cari musuh.

Jangan juga anda sampai dianggap bergabung dengan salah satu kubu.Terlalu riskan. Di mata bos anda harus dianggap sebagai orang yang menyenangkan namun tidak berpihak ke kubu tertentu. Ada beberapa cara DISUKAI oleh para bos di kantor. Cara pertama adalah “Under Promise, Over Deliver ” jika anda diberi tugas oleh bos. Jangan kasih janji muluk-muluk ke bos, namun berikan hasil yang lebih baik dari yang anda janjikan.

Jangan sungkan minta nasihat ke bos. Puji nasihat dia (walaupun nasihatnya sebenarnya tolol). Anda harus belajar ilmu “Menjilat Pantat Tanpa Terlihat Menjulurkan Lidah” Usahakan anda bisa ngobrol tentang hal-hal di luar pekerjaan dengan bos anda. Hal paling mudah biasanya adalah ngobrol tentang hobi bos anda. Cari tahu dulu apa hobi dia. Jangan pernah lewatkan acara-acara formal maupun informal yang dihadiri oleh orang-orang powerful di kantor anda.

Jangan ambil risiko dekati cewek cantik di kantor. Siapa tau bos anda suka dengan cewek itu. Buat bos anda berpikir bahwa anda menghormatinya dan menganggap dirinya mentor. Di tim anda, anda gak perlu jadi yang paling pintar, namun anda harus jadi yang paling sering berkomunikasi dengan bos. Jangan pernah lupa untuk mengabarkan kesuksesan anda dalam menjalankan tugas pada si bos. Sekecil apapun itu.

Proses pendekatan tidak berhenti pada supervisor anda langsung, sebisa mungkin dekati juga level-level yang diatas dia.  Jika level anda di kantor udah lumayan tinggi, keuntungan BESAR jika anda bisa main golf. Habiskan 18 hole selama berjam-jam di lapangan golf bersama para bos adalah momen yang gak boleh dilewatkan. Istri bos atau anak bos , adalah BOS ANDA JUGA. Jangan sampai mereka gak suka dengan anda.

Dalam Politik Kantor yang penting bukan seberapa baik anda bekerja, namun SEBERAPA SENANG para bos dengan anda. Ingat guys, di dunia nyata yang penting adalah PERSEPSI orang pada prestasi anda. So, don’t be naive.  “It’s not about what you can do well, but it’s about who you know well”. Intinya orang ingin dihargai dan dianggap penting. Baik klien maupun bos. People skill is everything. Realita memang kadang cadas dan keras. Gak semua orang siap hadapi realita :)” Kalau sampai kita disebelin teman-teman berarti kita mainnya gak rapih. Kita untung, bukan berarti teman harus rugi🙂

, , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: