Nulis aja koq repot

Nulis awalnya karena orang lain. maksudnya? waktu itu iri, koq mahasiswa kampus tetangga bisa nulis di kolom utama surat kabar nasional. Iri karena diri konsisten banget ngasi endorsement.. sampai pada akhirnya diri sadar harus juga menulis. Nulis blog and kuliah twiter juga karena iri, ngeliat anak muda yang selalu rutin menulis..ngga terima aja:) Nulis aja koq repot”, yup..buat saya memang merepotkan, karena nulis  kebutuhan sekaligus panggilan…

kebutuhan? yup..saya ingin tetap utuh jadi manusia dan sadar dengan kemanusiaan saya. Nulis membuat saya merasakan keduanya. kalo panggilan kenapa? Nulis mampu ‘menggerakkan’. cara ini membuat saya lebih bermanfaat & secara efektif mampu mereproduksi perubahan & perbaikan. Ada yang jago nulis tapi susah bicara, ada yangg jago bicara susah nulis. koq bisa? kenapa yaa?

Nuis & bicara itu satu paket, bila bermasalah salah satunya, jelas karena kurang latihan (praktek). praktek nulis? nulis..nulis..sama seperti bicara. Gimana praktek nulis? coba manfaatin account social medianya dengan efektif. Misal note fb, abis nulis, tag temen-temen..mesti ada comment nah dari comment tadi kekurangan dan kelebihan tulisan jadi terlihat, buat kita nambah semangat untuk nulis.

Via update status bisa, nulis sekreatif mungkin..ngga perlu terlalu kaku dengan gaya tertentu. Untuk di awal, agar nulis jadi kebiasaan optimalin ‘baca’ karena ini amunisi utama. ‘baca’ bisa baca buku, film, data, fakta, lingkungan.. namun dengan seksama..agar hasilnya beda. setelah itu tulislah..apa yang dirasakan. Jangan membebani diri dengan anggapan nulis harus ini itu..tulis aja, nikmati kreasi imaji dan hati, apresiasi nulis.

@Hurriyahazhar fokus buat nulis yangg udah pernah dihadapi/lakukan untuk menjaga produktivitas, kalo ingin mencoba ke yang lain..nikmati prosesnya:) keliatannya hanya nyusun huruf & kata tuk jadi kalimat..tapi, bila menyatu, maka ia akan bernyawa & mampu menggerakkan nyawa-nyawa lainnya. Entah berapa banyak revolusi dan reformasi yang terjadi di bumi terinspirasi karena nulis jadi..tunggu apa lagi..

Tiap nulis, saya niatkan untuk dikonkritkan, eh jadi konkrit:) karena saya percaya, ide adalah benda maya yang nyata..it works tweeps:) mulut untuk jadi public speaker, tangan untuk jadi penulis, otak untuk jadi analis,..semua organ tubuh kita bisa jadi sesuatu kalo kita mau.  Role model saya nulis salah satunya mba @asmanadia iri dengan beliau.Nulis ap aja jadi, mulai buku hingga film. Kata Bang Rhoma terlalu:)

Musuh utama buat saya bila ingin nulis adalah diri sendiri. Mulai dari rasa malas hingga padatnya aktivitas..tapi ini alasan ngga mutu:) Saya bukan siapa-siapa, koq nulis? nah justru bukan karena siapa-siapa, nulis jadi lebih seru! jika rowling hingga andrea hirata telah membuktikannya. Mas..saya kan masih mahasiswa baru, ngapain juga nulis saya ngga suka. Ok deh, kalo mau lulus, kan nulis skripsi, ngga suka juga kah? N yang awalnya karena iri dan terinspirasi, membuat saya menjadikannya sebagai salah satu hobi, seru🙂

, , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: