Laknat dan Barakah


Merenungi nasehat Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah tentang laknat dan barakah. Semoga Allah Ta’ala limpahi kita barakah & terjauhkan dari laknat. “Setiap yang dilaknat oleh Allah baik suatu tempat, seseorang atau perbuatan, maka ia terjatuh dari kebaikan dan barakah.

Hal-hal yang terkait dan berhubungan dengannya atau jalan menuju sesuatu yang dilaknat, maka semua itu tidak mendapat barakah. Allah telah melaknat musuhnya, iblis, dan menjadikannya sebagai makhluk terjauh dari-Nya. Maka semua yang sejalan dan searah dengan iblis adalah terlaknat oleh Allah tergantung tingkat jauhnya.

” Ibnu Qayyim al-Jauziyah menambahkan, “…. Perbuatan maksiat adalah faktor terbesar yang menghapus barakah usia, rezeki, ilmu, dan amal. Setiap waktu yang Anda gunakan untuk maksiat kepada Allah, setiap harta, fisik, kedudukan, ilmu dan amal yang Anda gunakan untuk maksiat kepada-Nya, maka sebenarnya semua bukan milik Anda.

Usia, harta, kekuatan, kedudukan, ilmu & amal yang merupakan milik Anda sebenarnya adalah yang digunakan untuk melakukan ketaatan kepada Allah.” Semoga Allah Ta’ala ringankan kita untuk melaksanakan ketaatan kepada-Nya. Semoga kita dapat membenahi iman & ibadah kita, amiin

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: