Kartini

Tanpa mengurangi respek saya terhadap kartini kita tidak boleh mentok hanya padanya. Banyak perempuan nusantara yang lebih dahsyat lho!🙂 Saya setuju dengan Prof Harsya W Bachtiar yang ‘menggugat’ campur tangan Hugronje, Abendanon dalam memunculkan kartini sebagai tokoh. Mengapa? Kita tahu

kartini baik, cerdas. ia resah dengan keberadaan kaum perempuan, mengupayakan pendidikn, menulis surat-surat yang dibukukan abendanon. Tapi dimana ya kisah kartini menentang penjajah Belanda seperti Safiatuddin, Cut Nyak Dhin, Rohana Kudus, Rasuna Said, Martha tiahahu dll?

Yang terekspos adalah persahabatannya dengan orangorang Belanda. Bandingkan dengan tokoh-tokoh perempuan pahlawan lain yang seabreg dilahirkan di tanah ini. Safiatuddin misalnya, sultanah Aceh: cerdas, kirim tokoh-tokoh aceh belajar jauh, bikin 40 UU tentang keberadaan perempuan di perlemen.

Pada masanya Aceh makmur, hingga zakat dari rakyat Aceh dibawa sampai ke Mekkah oleh ulama mekkah Yusuf alqodri. Keumala hayati laksamana perempuan dengan armada terbesar di dunia, ahli perundingan & strategi, ia bunuh Cornelis deHoutman di atas kplnya.

Rohana Kudus: pelopor jurnalis perempuan, sastrawan,buat skolah, radio di padang, selundupkn senjata untuk pejuang diantara sayur-sayuran. Rohana Kudus lebih banyak menulis daripada kartini, juga concern pada pendidikn kaumnya. Banyak lagi perempun hebat lainnya.

Christina Martha Tiahahu dan Emmy Saelan contoh nyata bagaimana kecerdasan, keteguhan dan perlawanan pada penjajahan berpadu. Pokoknya terlalu banyak tokoh perempuan yang dahsyat sebelum maupun sesudah kartini. Karena itu meski Kartini berjasa ia jadi terkesan ‘biasa’.

Kita tahu siapa Snouck Hugronje, siapa Abendanon. Mereka “memilih” Kartini padahal mereka tahu banyak tokoh lain yang lebih istimewa. Jadi mengapa kita ‘membiarkan’ Belanda menyetting kita soal siapa tokoh perempuan kita harus kita teladani? Saya kira kartini pun sedih :”( Saya sangat hormat pada nya tapi kita hrs kritis.

Mohon maaf atas kekurangan saya. I Love u Ibu🙂

, , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: