Hardiknas

Nggak kebayang bagaimana nasib diri bila tidak terdidik. Beruntung sekali orang terdidik..apalagi bila mampu menikmati pendidikan tinggi setinggi-tingginya. Untuk mensyukurinya, mendidiklah dalam kebaikan apa saja, dari hal yang sepele sekalipun. Karena orang besar berawal dari hal-hal sepele. Hardiknas adalah cerita tentang bagaimana sebuah bangsa menghargai pendidikan sebagai spirit untuk maju, beradab, dan lebih baik.

Berturut-turut negeri ini dtinggalkan orang-orang terbaiknya, pak wid (wamen esdm) & bu endang (menkes). Semoga amanah dalam pendidikan ini mampu kita tuntaskan. Penasaran dengan pendidikan di brazil, china, india, & rusia. Tapi, shock saat denger prof ken sutanto bicara tentang pendidikan di tibet. Saat dgr tibet, mungkin kita langsung teringat perjuangan dalai lama, tapi, dsana setiap orang memiliki akses yang luas untuk berpendidikan. 

kalo bicara fisik, indonesia bangga dengan beberapa gedung kokoh nan megah, karena di tibet begitu sederhana namun kualitasnya istimewa. Kesadaran penduduk tibet untuk berpendidikan, terlihat sejak dini. Saat beranjak dewasa mereka sudah biasa ada kegaduhan apapun di kelas, bila guru sedang menerangkan mereka fokus mendengarkan. Bahkan lagi sedang shooting -> pendidikan karakter.

Tibet terisolasi, namun kemampuan mereka menerima perbedaan luar biasa. santun & berbudaya –> apa isi kurikulum sekolah tibet ya?  Kuliah kerja nyata (kkn) seharusnya di masa-masa mendatang dikembalikan ke semangat awal untuk mmudahkan anak-anak bangsa mengakses pendidikan. Kalo tiap kelompok kkn bawa 2 anak daerah (co/ce) agar berkesempatan kuliah di jawa, maka luar biasa efeknya. 2 anak daerah ini nantinya akan diberikan beasiswa penuh (termasuk biaya hidup dan tempat tinggal), berikutnya mereka disiapkan bangun daeerah. Am azing🙂 smoga Indonesia bisa!

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: