Cara menentukan emas asli atau palsu

Cek emas asli dari identIfikasi sertifikat, identifikasi fisik & yang paling jauh adalah melakukan pengukuran. Kalo emas keluaran LM-Antam atau emas lokal pabrikan, separuh pengecekan sudah done, karena sertifikat itu awal pembuktian. Sekarang mulai langkah paling sederhana, cek sertifikat. Ada 4 ciri. Detect 1 ciri gunakan lampu terang. Detect 3 ciri dengan UV lamp . Dengan bantuan UV Lamp,kita bisa terawang pendar bercak warna ungu di sekujur sertif,lalu hologram logo “LM” dan blok ungu di spek.

Pake UV lamp,3 tanda terlihat : block warna ungu di tulisan,logo LM & bercak-bercak ungu seperti pic ini,..

Tentu yang umum di sertif ada logo KAN,LBMA dan no seri. No seri harus cocok sama yang di body LM. Part 1 identifikasi sertifikat emas asli done. Lanjut identifikasi fisik emas nya ya. Gosok kuat pake jari tangan. Kalau hitam permukaannya itu bukan emas asli.

Gosok pelan sisi pipih emas ke kertas, kalo hitam kertasnya itu bukan emasasli. Lalu timang-timang. Berat jenis emas tinggi. Kecil gitu barangnya berat. Klo besi, perlu 5x lebih besar ukurannya emas asli. Meski warna tak tunjukkan kadar, (warna emas ditentukan logam campurannya) lihat warna emas nya,dia berkilau. Done utk identifikasi emas asli dari fisiknya. Bagian terakhir, kalo niat nih & perlu yakin banget, lakukan pengukuran dengan alat.

Timbangan digital dengan 2 digit di belakang koma & ada fitur ‘tare’ bisa digunakan untuk ngukur berat & kadar emasasli. Cara paling gampang, di body tertulis 100gr,di sertif tertulis 100gr,ditimbang cuma 95gr,berarti itu dicampur logam lain. Techincally,untuk emas batang, mustahil memalsukan tanpa merubah bentuk.’Mengisi’nya dengan logam lain akan membuatnya cembung/cekung.

Itu sebabnya makin tipis & berbentuk standar emas makin sulit dipalsu. Kalopun disepuh, pake teknik awal tadi, gosok denga jari. Untuk cek kadar emas asli , gunakan gabungan timbangan digital dengan gelas ukur berisi air. Untuk teknik ukur dengan timbangan + gelas ukur, agak panjang,  ada calculator online-nya. Cara lain ada uji lab, digital tester yang biasanya dimiliki institusi besar.Pegadai/ bank syariah gak pake,cukup timb+gelas ukur.

Jadi paling aman sejauh ini memang miliki emas asli produk institusi resmi (seperti Antam/Peruri), jual-beli disertai kuitansi & di toko yang reputable. Saya sering remind,bahwa invest emas asli bukan sekedar harga (murah) pas beli, tapi juga jaminan bahwa emas nya asli & jaminan harga belinya tinggi. Sekian tips untuk menentukan emas Asli atau Palsu semoga bermanfaat. Terrima kasih

, , , ,

  1. #1 by traduceri germana romana in galati on November 2, 2012 - 4:52 AM

    When I first saw this title Cara menentukan emas asli atau palsu heartcooler on google I just whent and bookmark it. I like the helpful info you provide in your articles. I’ll bookmark your blog and check again here regularly. I am quite sure I’ll learn plenty of new stuff right here! Best of luck for the next!
    qAlaJohnj

    • #2 by 3yuwono on November 2, 2012 - 6:23 AM

      Thanks you, i wait for your sugestions and ideas. let the next be better

  2. #3 by traducere romana maghiara in galati on November 2, 2012 - 7:36 PM

    When I first saw this title Cara menentukan emas asli atau palsu heartcooler on google I just whent and bookmark it. Hello, i think that i saw you visited my blog thus i came to “return the favor”.I am attempting to find things to improve my website!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: