Pemuda Sejati

Nara sumber, Ust Surma (Kepala sekolah SMPIT As-sibghoh, Tangerang Kabupaten)

Semua orang punya background berbeda. Banyak sekali kejadian di luar sana mulai anak sd, smp, mahasiswa carut marut tawuran. Corat-coretan ketika lulus sekolah. Sudah sepantasnya tugas kita untuk membantu membimbing ade-ade kelas kita, agar lebih baik mentalnya. Miris sekali yah, orang-orang di luar sana masih banyak yang kurang mampu sehingga tidak bisa sekolah, tapi mereka yang bisa sekolah tidak mensyukuri nikmat yang mereka dapatkan. Bukanya belajar dengan baik malah anarkis, tawuran dsb.

Banyak sekali sejarah orang sukses yang berawal dari jerih payah perjuangan dari awal sekolah, kerja hingga berumah tangga. Mereka bersungguh-sungguh dalam berikhtiar dan maksimal dalam kualitas dan kuantitas beribadah kepada Allah. So tanamkanlah kepribadian, mental sepiritual kepda generasi bangsa kita. Agar cerdas berfikir wawasan luas, untuk menjadi agen of change. Demi masa depan yang lebih baik lagi, dunia dan akhirat…

Sebagai Pemuda sejati sudah sepantasnya kita harus;

  1. Bersih aqidahnya

    Dari sesuatu yang menjerumuskan dirinya ke lubang sirik (dukun, jimat, ramalan/horoscop, takut dengan setan dsb)

  2. Beribadah yang benar

    Benar ibadahnya menurut Al Qur’an dan assunnah serta terhindar dari perkara bid’ah yang dapat menyesatkan. Tidak taqlid buta terhadap kiayainya dan menganggap jamaah sendiri paling benar, lau menganggap jamaah lain salah. Yang benar adalah mengikuti yang sesuai dengan Al Qur’an dan as sunnah yang di contohkan Rasulullah shalallahu’alayhi wasallam.

  3. Mulia Akhlaknya

    Mempunyai akhlak yang baik, menjadi pengispirasi / contoh bagi orang yang lain.

  4. Fisik yang kuat dan sehat

    Sehingga dapat nengatur segala kepentingan jasmaninya dalam beraktifitas dan beribadah dengan semaksimal mungkin. Jauhi rokok, sebab bisa melemahkan fisik kita. Merusak organ dalam tubuh kita.

  5. Berwawasan luas

    Harus luas wawasan berfikirnya sehingga mampu menangkap berbagai informasi serta perkembangan yang terjadi di lingkunganya. Dan juga kita harus berhati-hati terhadap wawasan yang berdampak negatif buat kita. Dalam sosial media pun juga begitu maksimalkan untuk berbagi kebaikan, agar ilmu itu bermanfaat juga buat yang lainya bukan Cuma kita sendiri yang tau.

  6. Mandiri

    Kita tidak boleh bergantung pada orang lain. MInta-minta/ngamen pada orang lain.

  7. Bersungguh-sungguh (Man jada wa jada)

    Bersungguh-sungguhlah dalam jiwa dan raga, sehingga menjadikan seseorang yang dapat memaksimalkan setiap kesempatan ataupun kejadian sehingga berdampak baik pada dirinya ataupun orang lain.

  8. Pandai memanfaatkan waktu

    Hargailah waktu jangan tunda-tunda pekerjaan karena tidak pernah ada waktu yang pas buat orang yang suka menunggu. Karena waktu yang kita ginakan selama hidup ini akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah Subhanahuwata’ala. Manfaatkanlah setiap waktu dengan baik tegakan ibadah yang wajib dan hidupkan yang sunnah. Allah menciptakan manusia dan Jin semata-mata untuk beribadah kepada-Nya.

  9. Tertata Urusanya

    Sekejul urusanya jelas. Dapat diselesaikan dengan baik tertib dan teratur.

  10. Bermanfaat bagi orang lain

    Naafi’un Li Ghairihi, Bermanfaatlah bagi orang lain. Sehingga orang akan merasa sejuk dengan kehadiran kita.

     

    Kesimpulan; Mengaji adalah kebutuhan, seperti kita butuh air, seperti kita butuh oksigen, seperti kita butuh kasih sayang.


    Keuntungan Orang Mengaji : Allah subhanahuwata’ala meridhoi, Malaikat mendo’akan, Nabi shalallahu’alayhi wasaallam mencintai, Ayah/Ibu merasakan bakti, yang tua akan menyayangi yang muda akan Menghormati >>Surgalah Tempat Kembali.

, , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: