Tips Moderator Yang Efektif

>>1. Minta pada panitia rundown acara dan Cv pembicara (selanjutnya: Narsum). Sehingg akita tahu berapa lama waktu narasumber. 

2.Baca CV singkat yang penting, jika audience orang Indonesia maka CV yang berbahasa Inggris di sampaikan dengan bahasa Indonesia saja.

3.Pembukaan oleh moderator jangan terlalu lama, karena anda bukan Narsum. Jadi jangan banyak mengambil waktu Narsum. Audience sudah ingin dengar Narsum 

4.Jika waktu sudah selesai, Beritahu Narsum berkala 10 menit lalu 5 menit. Lalu selesai (waktu habis). Bisa dengan mnyela untuk tulis catatan kecil. 

5.Diskusikan dengan Narsum tentang sesi pertanyaan. Apakh stiap prtanyaan langsung dijawab or pertanyaan dikumpulkan per 3-5 dulu baru di jawab

6.Sebelum membuka sesi pertanyaan,sampaikan pada audience: 1) sebut nama 2)langsung pada pertanyaan. Jika ada background cerita, yang singkat. 

7.Interupsi segera jika ada yang bertele-tele. Jika waktu sempit. Pertanyaan bisa ditulis disampaikn diawal sebelum narsum mulai.

8.Ada narsum yang ikut mencatat pertanyaan, modetor aman. Ada yang tidak sama sekali, maka harus detail mncatat pertanyaan audience. 

9.Ingatkan narsum jika ada prtanyaan yang terlewat belum terjawab. Tanya ke penanya apakah sudah puas trjawab atau ada pertanyaan susulan. 

10.Jika Narsum lebih dari satu, maka bisa disarankan mnjawabnya dirapel (dijadikan satu), satu pembicara menjawab semua pertanyaan tertuju.

11.Siapkan beberapa pertanyaan untuk narsum, saat audience belum siap bertanya atau malu. Hingga suasana cair, pertanyaan anda jadi pancingan. 

12.Kesimpulan bukan berarti mengulang apa yang dibicarakan Narsum. Bs diambil high lightnya dengan kalimat sendiri lebih pop, atau bahasa sederhana 

13.Jika ada hadiah bagi penanya maka jangan disampaikan diawal atau boleh disampaikan diawal atau ditengah jika tidak ada yang bertanya. 

14.Tambah ilmu setiap saat, hingga bisa melengkapi dan menambah apa yang terlupa oleh Narsum. Tapi jangan seperti menggurui, audience tidak suka.

15.Irit bicara, Narsum & audience sebal dengan moderator yang trlalu banyk bicara. Seolah-olah lebih pandai dari Narsum. Tp harus bisa cairkn suasana. 

16.Brpakaian tidak mncolok, peran anda penting tapi bukan yang utama. Jk berkerudung, yang praktis, jangan terlalu banyak hiasan dan jangan unfinished. 

17.Moderator yang sukses,adalah yang dapat menyelesaikan diskusi tepat waktu, bahkan selesai 3- 5 menit sebelum waktunya akan lebih baik. 

18 Sekali anda menyenangkn sebagai moderator maka akan bergulir pekerjaan itu, dari narsum, dari panitia, dari audience atau dari sponsor acara tsb.

19 Selamat mjadi moderator. Selamat memandaikan audience. SSelamat bermanfaat. Selamat mereguk keberkahan. Selamat punya profesi baru #moderator

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: