Pribadi Muslim Yang Ideal Layaknya Pohon Yang Baik

Bismillahirrahmanirrahim, saya share Pohon Yang Baik. Mudah-mudahan bermanfaat. Tak akan bosan-bosan saya sampaikan bahwa pribadi muslim ideal telah digambarkan al Qur’an dalam bentuk model Pohon Yang Baik. QS Ibrahim 24-25.

Atsluha tsabit (akarnya menghunjam ke dalam bumi), wa far’uha fissama (dahan rantingnya menjulang ke langit). Tu’thi ukulaha biidzni robbihaa (memberi buah di segala musim. Ini menunjukkan pribadi muslim ideal adalah: Pribadi yang kokoh, Pribadi pengayom, dan Pribadi yang bermanfaat.

Untuk jadi Pribadi yang kokoh kita perlu iman, untuk jadi Pribadi Pengayom perlu islam, dan untuk Pribadi yang brmanfaat kita perlu ihsan. Karena itulah dalam agama kita ada relasi indah antara: Iman-Islam-Ihsan. Sesuatu bangetšŸ™‚

Tetapi juga ada perspektif lain, yaitu melihat Pohon Yan gBaikĀ dari aspek modal dasar atau karakter yang dibutuhkan untuk jadi ketiga pribadi tsb. Modal dasar Pribadi yg kokoh: ikhlas; modal dasar Pribadi Pengayom: sabar; dan modal dasar Pribadi yang bermanfaat: syukur.

Karena itulah dalam agama kita ada 3 keajaiban, yaitu: Ikhlas-Sabar-Syukur. 3 modal dasar yang ajaib untuk sukses dan bahagia.Ā Demikianlah model Pohon Yang BaikĀ ini telah merangkum konsep Islam-Iman-Ihsan sekaligus konsep Ikhlas-Sabar-Syukur. Sebuah model yang berkah.

Dan ada perspektif lain dalam melihat model Pohon Yang BaikĀ ini, yaitu dari aspek kecerdasan yang dibutuhkan 3 Pribadi tersebut. Pribadi yang kokoh butuh kecerdasan spiritual (SQ), Pribadi Pengayom butuh kecerdesan emosi (EQ), & Pribadi Bermanfaat butuh IQ. Karena itu pribadi muslim ideal butuh sekaligus SQ, EQ, dan IQ. Butuh multikecerdasan, tidak cukup hanya menjaga hati.

Perspektif berikutnya dalam memandang model Pohon Yang BaikĀ adalah dari aspek ketauhidan dan buahnya. Pribadi yang kokoh cermin bertauhid, pribadi pengayom cermin ketakwaan, dan pribadi bermanfaat cermin al-birr (kebajikan).Ā Karena itu dalam Islam kita diwajibkan bersyahadat agar bertauhid, diwajibkan shalat & puasa agar bertakwa, dan diwajibkan berzakat dan haji agar mabrur (selalu berkebajikan untuk orang lain).

Perspektif lain dalam memandang model Pohon Yang BaikĀ bisa kita lihat dari pentingnya ilmu. Pribadi yang kokoh membutuhkan ilmu, pribadi pengayom otomatis beramal, dan pribadi yang bermanfaat senantiasa berjihad.

Karena itu Islam mendorong kita untuk berilmu, beramal, dan berjihad. Luar biasa kan?Nah, pandanglah Pohon Yang Baik. Boleh jadi akan banyak perspektif lain yang bisa dijelaskan dengan model ini. Model Pohon Yang BaikĀ adalah model ciptaan Allah yang berkah. Adakah yang lebih baik dari model ini? Mengapa kita tidak memikirkannya?

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik.

, , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: