Pengawasan Isi Siaran TV dan Radio

Berbagi tentang pengawasan isi siaran Televisi dan Radio yang menjadi tugas Mayarakat dan KPI. Beberapa contoh tayangan yang mendapatkan teguran dari KPI. Diantaranya Fesbukers, bioskop TransTV, Indonesia Sehat. Siaran Indonesia Sehat dari TVRI mendapatkan teguran KPI karena menampilkan operasi kelamin, tangan terputus dan adegan lain yang melanggar P3SPS. Ada beberapa contoh tayangan tidak sensitif lembaga penyiaran kita saat ini. Termasuk tayangan bom buku, yang mplihatkan tangan putus seorang polisi.

Aduan terbaru ke KPI adalah Tentang Pelecehan Simbol Hindu Mahabarata dan Figur-figur Suci Hindu Diacara Wayang Bandel Trans TV. Pengolok-olokan thd orang-orang dengan gangguan kejiwaan juga dilarang. Karena hal tersebut justru malah mengganggu para penderita. “Kapan kami bisa sembuh?”, “Kapan kami bisa sembuh?”

Demikian keluhan penderita sakit jiwa, ketika muncul tayangan yang mengolok-olok penderita sakit jiwa. Bahkan penayangan berita bunuh diri yang gagal, itu dapat menginspirasi para penderita sakit jiwa untuk melakukan hal serupa, Tapi Lebih Baik! Pelanggaran Pemilukada: kasus tahun lalu KPI tegur lembaga penyiaran saat pemilukada Banten. Salah satunya siaran OVJ yang dinilai mempromosi kandidat.

Total pengaduan ke KPI pada 2011 sebanyak 3856. Tahun ini diyakini akan lebih banyak, karena pada Maret lalu, ribuan pengaduan bonek atas ILC. RCTI paling banyak mendapatkan pengaduan. Yang paling populer diadukan adalah sinetron “putri yang ditukar”.

Salah satu aduannya adalah panjangnya durasi sinetron dan alur cerita yang dinilai tidak logis🙂 Apakah perlu pengaduan banyak untuk ditangani KPI…? Tidak! Ada teguran untuk lembaga siaran, dikarenakan satu orang yang mengadukan. Prigram bedah rumah

Terakhir, on the spot yang siarkan pembantaian penyu di Bali untuk acara keagamaan. Muncul aduan dari kelompok agama Hindu, nyatakan itu TIDAK ADA. Banyak pertanyaan dari DPR soal iklan di televisi yang membuat tayangan kita tidak lagi nyaman.

Seharusnya iklan maksimal 20 persen saja. Itu pun perintah Undang-Undang penyiaran, bukan sekedar P3SPS. Kenyataannya, hasil pemantauan KPI,iklan di lembaga penyiaran rata-rata leibh dr 20 persen. Selama ini KPI belum tegur mereka atas pelanggaran itu. Tapi dalam P3SPS 2012, pelanggaran atas durasi iklan ini berkonsekuensi atas sanksi denda.

Kewajiban KPI untuk menjaga ranah penyiaran memang tidak mudah. Banyak tantangan, termasuk penolakan P3SPS 2012. Tapi kita tetap maju, jalankan tugas. KPI butuhkan dukungan publik seluas-luasnya, untuk menjalankan kewenangannya mengurangi acara-acara buruk di ranah penyiaran. Misal acara fenomena yang akhirnya dihilangkan. KPI protes & masyarakat ikut demo atas tayangan yang sarat konten seks. Sinergi ini dibutuhkan!

KPI hargai KompasTV yang memiliki konten siaran yang baik. Bahkan KompasTV yang pertama kali minta sosialisasi P3SPS. KPI juga senang dengan adanya pengawas media seperti @remotivi yang tiap bulan umumkan program-program TV yang bermutu.

KPI juga akui siaran di B Channel, Daai TV punya banyak program tayangan yang berkualitas. Jadi tidak bisa kita sama ratakan siaran TV kita buruk semua. Masih ada siaran-siaran berkualitas dan bermutu di ranah penyiaran negeri ini.

, , , , , , ,

  1. #1 by 3yuwono on June 17, 2012 - 10:25 AM

    🙂 thaks

  2. #2 by Seo Pressor on June 20, 2012 - 11:08 PM

    After reading your blog post I browsed your website a bit and noticed you aren’t ranking nearly as well in Google as you could be. I possess a handful of blogs myself and I think you should take a look here: http://seopressors.org You’ll find it’s a very nice tool that can bring you a lot more visitors. Keep up the quality posts

  3. #4 by Irma_QoushunFujahi (@ir_Nurfa) on July 22, 2012 - 12:46 PM

    bagaimana dengan penyiran perfilman saat ini. banyak acara yang tidak mendidik. apa tindakan yang di lakukan KPI ? miris melihat doktrinan anak bergaul. apalagi dengan ajaran memukul orang, pacaran.pendidikan yang tidak baik . maaf bapak KPI terhormat, perhatikan generasi bangsa ini ..🙂

  4. #6 by mohamad azizi on February 12, 2014 - 12:40 AM

    assalamualaikum wr.wb salam sejahtera saya panjatkan kepada allah swt.kepada pengurus kpi saya mohon dengan sangat untuk menegur acara wisata malam (bandung lautan asmara2) ditrans tv walau ditayangkan tengah malam tapi acara tersebut berbau pornoaksi sangatlah berbahaya bagi moral.karna menunjukan aurat.lekuk tubuh yang sangat” sensitive yang tidak sepantasnya ditayangkan.mohon lebih dipertimbangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: