Dua nikmat utama dalam kehidupan

 “(Allah) adalah Dzat Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan Al Qur’an. Dia mnciptakan mnusia. Mengajarnya pandai berbicara. Matahari & bulan (beredar) mnurut perhitungan. Dan tumbuh-tumbuhan & pohon-pohon keduanya tunduk kepada-Nya.” (55: 1-6).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah subhanahuwata’ala telah menganugerahkan berbagai nikmat & karunia kepada umat manusia. Agar kita mampu & sukses dalam melaksanakan tugas dalam kehidupan, sebagai hamba-Nya & sebagai khalifah-Nya. Sebagai hamba, manusia wajib hanya melakukan pengabdian & ibadah kepada-Nya melalui berbagai kegiatan, baik ibadah mahdlah & muamalah.

“Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku & matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya; & demikian itulah yang diperintahkan kepada ku. Dan aku adalah orang yang pertama-tama mnyerahkan diri (kpd Allah).” (6: 162-163).

Sebagai khalifah, manusia mempunyai tugas melakukan brbagai kegiatan dalam mensejahterakan kehidupan bersama pada smua bidang kehidupan, seperti ekonomi, pendidikan, politik, maupun yang lainnya.  “..Shaleh berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) & menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi mmperkenankan (doa hamba-Nya).” (11: 61)

Diantara nikmat-nikmat tersirat
adalah al-Qur’an dan alam semesta dngn segala isinya. Dengan al-Qur’an sebagai Manhaj al-Hayah (kurikulum kehidupan) manusia diharapkan tahu apa yang seharusnya dilakukan. Juga apa yang sepantasnya dilakukan, & apa yang tidak boleh & tidak pantas dilakukannya. Ketundukan & kepatuhan kepada al-Qur’an sebagai manhaj al-hayah yang dimanifestasikan dalam amal shaleh akan mnyebabkan keteraturan, kedamaian, ketenangan, & kebaikan dalam hidup & kehidupan (Hayah at-Thayyibah).

“Barangsiapa yg mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman maka sesungguhnya kan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik & sesungguhnya kan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (16: 97)

Alam semesta dengan segala isinya diciptakan & ditaklukkan-Nya (taskhir) tuk kepentingan kehidupan manusia.  Alam semesta dan segala isinya merupakan wasilah al-hayah (sarana & prasarana kehidupan). Dengan menggali potensi sumber alam secara tertib & teratur & memanfaatkannya tuk kepentingan bersama maka akan lahir masyarakat sejahtera yang menjadi dambaan umat secara keseluruhan.

Kedua nikmat utama ini harus digunakan dan dimanfaatkan secara menyatu dan optimal. Tentunya dalam bingkai pemenuhan tugas ibadah dan tugas sebagai khalifah. Jika dipisahkan & dipertentangkan antara al-Qur’an sebagai kurikulum kehidupan Dan alam semesta sebagai sarana kehidupan maka pasti akan terjadi disharmonisasi & kekacauan dalam kehidupan ini.

“Tidakkah kamu perhatikan ssungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan) mu apa yang di langit & apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu ni`mat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan.” (31: 20)

Semoga kita semua dapat memanfaatkan dua nikmat utama yang Allah anugerahkan kepada kita: al-Quran & alam semesta. Jadikan al-Quran & alam semesta tsb sebagai kurikulum dan sarana kehidupan kita dalam bingkai ketaatan kepada Allah.

Insya Allah, kehidupan yang berkah, baik, dan sukses di dunia dan akhirat akan dapat kita capai. Amiiiin. Demikian postingan tentang “Dua nikmat Utama” di dalam kehidupan ini. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam bi ash-Shawab

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: