Berbagi pengalaman soal Ibu hamil yang meminum rumput fatimah

Buat yang belum tau, RumputFatimah itu sejenis akar-akaran yang kalo direndam dalam air,airnya bisa bikin mules yang berlebihan🙂 Sekarang saya mau cerita salah satu contoh kasus dari sekian buanyak kasus pasien yang sudah terlanjur meminum Rumput Fatimah.

Kasus ini baruuu saja terjadi kemarin malam. Malam itu setelah selesai menolong pasien yang melahirkan, tiba-tiba datang seorang Ibu yang diantar security RS dengan kursi roda bersama suaminya. Sang Ibu terlihat sangat gelisah karena kesakitan..

saya melihat ada air-air dikursi roda yang Ibu duduki tadi. Setelah membantu menggantikn baju ibu dengan baju bersalin yang bersih dan kering, saya menenangkan si Ibu. Sambil menenangkannya saya pun mendengarkn apa yang Ibu rasakan sembari menganamnesa dan memeriksanya.

Dari hasil anamnesa dan CTG, kontraksi yang terjadi sudah 4x dalam 10 menit (ini frekuensi mules yang terjadi jika sudah pembukaan lengkap) *CTG : Cardio Topo Graphy..alat utk merekam gerak+kesejahteraan janin serta frekuensi+kekuatan kontraksi🙂 Meskipun kontraksinya sudah 4x dalam 10 menit,tapi kontraksinya singkat/pendek-pendek..

suara jantung janinnya pun terdengar lebih cepat. Setelah memasangkan oksigen pada Ibu, saya melakukan periksa dalam pada Ibu..terlihat air ketuban yang mengalir berwarna HIJAU. Dengan mules yang sudah sesering itu ternyta si Ibu baru pembukaan 4!Sesuatu yang mencurigakn bagi saya karena harusnya dengan mules seprti itu adalah pembukaan 9-10.

Mules yang berlebihan, detak jantung janin yang cepat, pembukaan yang ternyta masih 4 cm dan denga air ketuban yang berwarna HIJAU. Air ketuban yang hijau..apa yang terjadi? Kenapa bisa hijau? Ada apa dengan janinnya? Kontraksi yang berlebihan, tidak alami & terlalu cepat membuat janin stres, apa yang terjadi jika janin stres? Iya akn pup didalam rahim.

Yups! Air ketuban yang normal adalah berwarna putih keruh..kenapa bisa berwrna hijau? Itu karena bercampur dengan pup janin didalam rahim. Kebayang ga apa yang tarjadi pada janin didalam? Ia bergumul dengan pupnya sendri didalam rahim ibu. Bahayakah? Jelas! Ia bisa kekurangan oksigen, Itu yang disebut dengan GAWAT JANIN..

Atau orang biasa menyebutnya ‘keracunan air ketuban’, Kembali ke pasien tadi..belum ada 1 jam,ketika saya selesai memasang infus untuk jaga-jaga, ibu semakin gelisah dan ingin meneran/mengedan. Saya periksa dalam & ternyata sudah pembukaan 10cm/ lengkap! Normalnya, 1cm itu per 1jam..tapi si Ibu belum 1jam tapi sudah maju 6cm dari pembukaan awal (4cm)

Persalinan yang terlalu cepat (Presipitatus) sangat berbahaya untuk Ibu dan Bayi. Salah satunya.. Ibu: Bisa bikin perdarahan hebat, Bayi: Gawat janin. Ketika dipimpin meneran kepala bayi hanya turun sedikit-sedikit kemudian masuk lagi..kenapa? Karena meskipun mules ibu sering, tapi pendek-pendek & tidak kuat.

Kepala janin sudah ‘terjepit’ dipanggul ibu tapi mulesnya singkat, si Ibu pun sudah mulai kelelahan karena kontraksi yang terlalu sering sebelum waktunya. Setelah kira-kira setengah lebih dipimpin meneran sang bayi AKHIRNYA bisa lahir namun tidak menangis (bayi tidak menangis bisa menentukan kecerdasanya di masa yang akan datang) dan badannya berlumur pupnya😦

Sang bayi terpaksa masuk NICU (Neonatal Intensive Care Unit) :( Tentu saja sang bayi harus dipasangkn berbagai macam alat bantu nafas dan monitor untuk memantau keadaannya. Begitu menegangknnya situasi saat itu..namun sebagai bidan saya harus tetap tenang agar dapat berpikir cepat dan tepat dalam mengambil keputusan..

Setelah persalinan, saya menemui ibu untuk mengobservasi ibu sambil berbincang..saya penasaran & saya pancing dengan pertnyaan-pertanyaan. Dalam pertnyaan berbentuk obrolan yang saya lontarkn, si Ibu secara tidak sadar mengakui bahwa telah disuruh minum Rumput Fatimah oleh ibu mertuanya.

Kebetulan saat itu juga ada ibu mertuanya didalam ruangan..lalu saya jelaskan apa yang terjdi dengan bayinya dan penyebab bayi mengalami gawat janin. Si ibu sangat menyesali telah meminum Rumput Fatimah dan minyak kelapa sebelum bersalin..bagaimana dengan ibu mertuanya? Si ibu mertua hanya bisa speechless.

Kelahiran adalah saat pertama bayi menghirup oksigen diluar rahim,menangis adalah cara bayi untuk menyuplai oksigen ketubuhnya terutama otak :) Kalo ga nangis gimana oksigennya masuk?🙂 Sedangkan awal kelahiran itulah saat penting semua organ termasuk otak mulai membutuhkan oksigen buat adaptasi. Paling tidak ia ada usaha nafas dan nafasnya tidak berat >>Suction (bersihkn jln nafas), rangsang taktil.

Mitos nya Minyak Kelapa untuk memperlicin jalan lahir..lalu untuk apa Allah subhanahuwata’ala memberikan flek/lendir darah saat akan melahirkan? Flek/ lendir darah Allah ciptakn untuk mempermudah/ memperlicin jalan lahir. Kalo minum Minyak Kelapa berarti ga percya ma fasilitas yang Allah subhanahuwata’ala beri dong? Lagian emang bisa minyaknya ke rahim, ya ke saluran pencernaankan? Jangan panik, banyak-banyak minum air putih aja biar dibuang urine🙂

Faktanya –> Ada juga yang disuru minum rumput fatimah & minyak kelapa..alhasil haurs cesar karena udah lemes banget padahal bisa normal, Ok demikian sedikit informasi dari Bu bidan, buat Ibu hamil yah semoga bermanfat🙂 Silakan baca juga artikel tentang kampanye aksesibilitas tanpa batas penggunaan fasilitas publik bagi penyandang disabilitas (cacat)

, , , , , ,

  1. #1 by bohemian hair on November 4, 2012 - 6:51 AM

    My partner and I absolutely love your blog and find almost
    all of your post’s to be precisely what I’m looking for.
    can you offer guest writers to write content to suit your needs?
    I wouldn’t mind composing a post or elaborating on a few of the subjects you write in relation to here. Again, awesome web log!

    • #2 by 3yuwono on November 4, 2012 - 9:06 AM

      sholud really, be happy. please give me advicw & criticism so much better.Yesterday i got frustated i want to remove this blog. but you have given a strong impetus on me to maintain this blog. Please email (yuwonotri79@yaho.com) to me, writing that you want to post on this blog. Best regard

  2. #3 by Papa on March 1, 2013 - 4:08 PM

    hmmm, mudah2n istriku gk apa2.. cos baru 9 bulan udah mnum air rumput fatimah… stelah sya tahu sya larang keras, walau sedikit terlambat… tp mudah2n tidak terjadi sesuatu yg berlebihan.. karna belum ada gjala berlebihan selama ini… mnta doanya semua. thanks buat infonya…

    • #4 by 3yuwono on March 1, 2013 - 5:26 PM

      Aamiin, smga bs lahir dg selamat baik Ibu dan anaknya. Semangaaat terus pantau kesehatan ibu dan kandungannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: