Apa yang menghalangi jiwa kita dari pengaruh Al Qur’an?

Mengapa Al Qur’an tak mampu menembus kerasnya hati? Tetap keras meski terus membaca Al Qur’an. Mengapa Al Qur’an tak mampu meluluhkan jiwa? Tetap jiwa ini kaku, tak melembut meski selalu membaca Al Qur’an. Mengapa Al Qur’an tidak membuat jiwa kita kuat mengarungi tantangan kehidupan? Jiwa kita lemah, mudah loyo dan menyerah. Mengapa Al Qur’an tidak membuat kita “powerfull” dalam hidup? Apakah karena Al Qur’an tidak lagi berkhasiat?

Apa yang menghalangi jiwa kita dari pengaruh Al Qur’an? Lihatlah lagi pada diri kita, sudahkah Al Qur’an mengisi hati kita? Atau apa yang sebenarnya bercokol dalam hati kita? Pertanyaan besar, yang harus ada jawabannya. Pertanyaan penting dalam hidup kita. Bagi yang masih peduli dengan dirinya.

Apakah kita sudah membaca Al Qur’an dengan cara yang benar? Seperti yang diajarkan Allah pada kita? Allah berfirman: wa rattilil qur’aana tartiilaa. Al Muzammil: Bacalah Al Qur’an dengan tartil. Sudahkah kita?

Ibnu Katsir: bacalah dengan pelan-pelan, karena akan sangat membantu untuk memahami dan tadabbur-> mencerna makna bacaan saat membaca. Dibaca pelan-pelan, tujuannya agar bisa tadabbur, bisa mencerna makna ayat, bisa meresapi makna ayat. Sudahkah kita?

As Syaukani: bacalah pelan-pelan sambil tadabbur-> tadabbur masuk dalam makna tartil. Tidak tadabbur= tidak tartil. Ketika kita membaca dengan tartil dan tadabbur, maka Al Qur’an akan memperkuat iman di dada. Semakin kuat iman di dada, semakin bagus amalan kita. Semakin kuat iman, semakin Allah ridha dan cinta pada kita. Semakin kuat iman, kualitas hidup pun meningkat. Diawali dari Al Qur’an.

Mari lebih dekat lagi dengan Al Qur’an, jangan biarkan generasi penerus kita lalai dan semakin jauh dengan Al Qur’an. Hanya di sibukan oleh fatamorgana dunia yang melalaikan,.. Kebanyakan generasi kita lebih banyak konsumsi musiknya (FUN), sibuk mikirin Fashion,.. dst inilah tugas kita sebagai generasi Qur’ani..

PR kita banyak, mari cerdaskan umat…

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: