Keutamaan dan pahala shalat


Hitungan Matematika, kenapa orang tidak sholat itu sombong kepada Allah:

Di umpamakan jika kita hidup 60 tahun lamanya, Insya Allah. Di dalam 60 tahun, kita hidup sekitar 31,536,000 menit.

Hitungannya: 60 menit x 24(jam) x 365(hari) x 60(tahun) = 31,536,000 menit

Untuk sholat 5 waktu sampai kita umur 60 tahun, kita perlu:

5 menit x 5 (waktu) x 365(hari) x 49(tahun) = 447,125 menit

Kenapa dikali 49? karena kita diwajibkan sholat pada saat umur 12tahun (anggap ini usia aqil-baligh) . Jadi 60 tahun – 11 tahun = 49 Tahun

447,125 dibagi 31,536,000 dikali 100=1.4 %

KITA CUMA DIBUTUHKAN 1.4 % DARI HIDUP KITA UNTUK MENGIKUTI PERINTAH SHOLAT KEPADANYA. Jadi sebenernya kita itu sombong sekali kalo tidak sholat 5 waktu.

Berikut ini beberapa Qur’an dan hadist yang menerangkan keutamaan dan pahala shalat, semoga bermanfaat dan bisa kita amalkan, tularkan kepada yang lain. Agar jadi multi level-multi level amal buat kita semua, amiiiiiiiiin..

SHOLAT ON TIME

Shalat di awal waktu adalah amal yang paling utama;
Dari Ibnu Mas’ud rodhiiyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah bersabda: Sebaik-baik ama adala shalat di awal waktu. (HR. Tirmidzi dan Hakim)

Shalat tepat waktu adalah amal yang paling dicintai Allah dalam Islam; Dari Umar rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Ada seorang bertanya kepada Rasulullah: Ya Rasulallah, amal apa    yang paling dicintai Allah dalam ajaran Islam? Beliau bersabda: Shalat pada awal waktunya, barangsiapa meninggalkan shalat maka dia dianggap tidak lagi beragama, karena shalat adalah tiang agama.”  (HR. Bayhaqi)

Menggugurkan dosa-dosa bagaikan gugurnya dedaunan dari ranting pohon; Abu Dzar rodhiyallahu’anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah keluar dari rumahnya ketika musim dingin, waktu itu daun-daun berguguran. Rasulullah mengambil ranting dari sebatang pohon, sehingga daun-daun di ranting itupun banyak berguguran.

Kemudian Rasulullah bersabda: Wahai    Abu Dzar! Saya menyahut:Labbaik ya Rasulullah.Lalu beliau bersabda, Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguruan seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya.(HR. Ahmad)

Menghapus kesalahan bagaikan menjaga kebersihan badan sehari semalam sehingga badan akan terhindar dari kotoran; Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, beliau mendengar Rasulullah bersabda: Bagaimana pendapat kalian jika di depan rumah salah seorang dari kalian terdapat sebuah sungai yang mengalir dan dia mandi di dalamnya lima kali sehari, apakah akan tersisa kotoran dari tubuhnya?” Mereka menjawab, “Tidak akan tersisa, kotoran di tubuhnya sedikitpun.”  Rasulullah bersabda, “Begitulah perumpamaan shalat lima waktu. Dengannya Allah akan mengampuni dosa-dosa.”    (HR. Bukhari)

Sebelum jauh-jauh mencari solusi, perbaiki saja dulu shalatnya! Jadikanlah shalat sebagai media untuk memohon hadirnya pertolongan Allah.
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (Al Baqarah:45).
Dari Hudzaifah rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Apabila Rasulullah mengalami kesulitan, maka beliau segera melaksanakan shalat. (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Shalat merupakan salah satu pengundang datangnya rezeki dan kehidupan yang dipenuhi keberkahan.
Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, Kamilah yang memberi rezki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa. (Thaahaa :132).

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (An-Nahl 97)

Ajak dan doakan keluarga, saudara, teman, atasan, bawahan dan semua agar senantiasa menjaga shalat tepat waktu. Nasehat Luqman buat anaknya: Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (Luqmaan:17)

Do’a Ibrahim ‘alaihisholaatu wassalam buat anak keturunannya:  Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). (Ibraahiim : 40-41)

SHOLAT BERJAMAAH DI MASJID

Ganjarannya 27 kali lipat lebih banyak;
Dari Ibnu Umar rodhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata bahwa Rasulullah bersabda :
Shalat berjamaah itu pahalanya dua puluh tujuh kali lebih baik dari pada shalat sendirian. (HR. Bukhari, Muslim, Baihaqi dan Ibnu Hibban)

40 hari berjama’ah berturut-turut akan terhindar dari pedihnya neraka, terbebas dari kemunafikan.
Anas bin Malik    rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda:  Seseorang yang selalu shalat dengan berjamaah selama empat puluh hari tanpa tertinggal takbir yang pertama (bersama    imam)    akan mendapat dua jaminan: yang pertama diselamatkan dari neraka, dan dua bebas dari sifat munafik. (HR. Tirmidzi)

Mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.
Dari Buraidah rodhiyallahu ‘anhu bahwa Rasululah bersabda: Gembirakanlah mereka yang selalu berjalan ke masjid di malam yang gelap bahwa mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.”  (HR. Abu Daud)

Setan takut dengan orang yang rajin shalat berjama’ah.
Dari Abu Darda rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, saya mendengar Rasulullah bersabda: Tidaklah terdapat tiga orang dalam satu kampung (satu pedalaman) dan mereka tidak melaksanakan shalat berjamaah, kecuali setan menguasai mereka. Maka hendaklah kalian berjamaah, karena sesungguhnya seekor serigala akan memakan domba yang terpisah darikelompoknya. (HR. Abu Daud)

Tanpa shalat berjama’ah,ibadah yang lain akan sia-sia.
Dari Laits dari Mujahid : Ibnu Abbas ditanya tentang seseorang yang berpuasa sepanjang hari, dan mendirikan shalat sunat sepanjang malam, tetapi dia tidak pergi ke masjid untuk shalat jum’at dan shalat berjamaah. Ibnu Abbas menjawab, Dia adalah penghuni neraka jahanam.(HR.Tirmidzi). Hadits ini bermakna bahwa orang tersebut tidak shalat berjama’ah dan tidak shalat jum’at karena tidak suka, menganggap sepele dan remeh kedua shalat itu

Dalam Keadan perang sekalipun Allah menyuruh kita Sholat Berjamaah, Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, Maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, Kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat)[344],

Maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu[345], dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus.

Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan Karena hujan atau Karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah Telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu [346]. (An-nisa 102). [344] menurut Jumhur Mufassirin bila Telah selesai serakaat, Maka diselesaikan satu rakaat lagi sendiri, dan nabi duduk menunggu golongan yang kedua.

[345] yaitu rakaat yang pertama, sedang rakaat yang kedua mereka selesaikan sendiri pula dan mereka mengakhiri sembahyang mereka bersama-sama nabi.
[346] cara sembahyang khauf seperti tersebut pada ayat 102 Ini dilakukan dalam keadaan yang masih mungkin mengerjakannya, bila keadaan tidak memungkinkan untuk mengerjakannya, Maka sembahyang itu dikerjakan sedapat-dapatnya, walaupun dengan mengucapkan tasbih saja.

SHALAT RAWATIB (Sebelum & sesudah shalat wajib)

Shalat rawatib 12 roka’at karena Allah akan berhadiah sebuah istana di surga. Ummi Habibah rodhiyallahu ‘anha pernah mendengar Rasulullah bersabda : Allah SWT pasti membangun sebuah istana di surga bagi orang yang shalat sunnah tulus karena Allah sebanyak dua belas rakaat    setiap    hari. (HR. Muslim). At-Tirmidzi menambahkan redaksi, Empat rakaat sebelum Dzuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat setelah Isya dan dua rakaat sebelum Shubuh.

Dua raka’at sebelum Shubuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.
Aisyah    rodhiyallahu    ‘anha    meriwayatkan Rasulullahbersabda:  Salat dua rakaat sebelum subuh, itu lebih baik daripada dunia dan segala isinya. (HR. Muslim) Di dalam riwayat lain ada tambahan redaksi, Dua rakaat itu lebih aku cintai daripada seluruh dunia ini.

Amalan yang banyak manfaatnya mengandung banyak keistimewaan dan rahasia Ibnu Umar rodhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan ada seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah, Ya Rasulullah, tunjukkanlah satu amalan yang bermanfaat untukku.

Beliau     bersabda: Shalatlah dua rakaat sebelum shubuh, karena di dalamnya terdapat keistimewaan. (HR. Ath-Thabrani)
Di dalam riwayat lain redaksinya berbunyi, Saya mendengar Rasulullah bersabda, Jangan kalian tinggalkan dua rakaat sebelum Subuh, karena di sana tersimpan banyak rahasia. 

Tak pernah ditinggalkan orang-orang hebat. Imam Malik mendapat kabar bahwa Ibnu Umar pernah meninggalkan dua rakaat sunat fajar, kemudian ia mengqadhanya setelah matahari terbit. (Malik)

Siapa yang menjaga Qobliyah Ba’diyah Dzuhur, Allah mengharamkan api nerakabuatnya.
Ummi Habibah rodhiyallahu ‘anha berkata, saya mendengar Rasulullah bersabda : Allah SWT pasti mengharamkan api neraka bagi orang yang menjaga empat rakaat sebelum dan setelah Dzuhur. (HR. Ahmad)

Saat Qobliyah Dzuhur adalah saat pintu langit sedang dibuka, Rasulullah senang sekali bila amal shalehnya diangkat saat terbaik itu
Abdullah bin as-Saib meriwayatkan, Rasulullah pernah shalat empat rakaat setelah matahari tergelincir    sebelum Dzuhur, kemudian beliau    bersabda:

Saat ini pintu langit sedang dibuka, aku lebih suka agar amal salehku diangkat pada saat itu. (HR. At-Tirmidzi)

Empat Raka’at sebelum Ashar, Allah akan menyayangi kita dengan rahmat-Nya.
Ibnu Umar rodhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan, Rasulullah bersabda:  Allah Menyayangi orang    yang    shalat    sunnah empat    rakaat    sebelum Ashar. (HR.AbuDawud)

SHOLAT TAHAJUD

Ibadah & Tanda Syukur. Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku .(Adz-Dzaariyaat:56)
Dari ‘Aisyah    rodhiyallahu    ‘anha: Bahwa sesungguhnya Nabi bangun malam sampai bengkak kakinya, maka ‘Asiyah berkata: Kenapa engkau melakukan ibadah sampai seperti ini ya Rasulallah, padahal Allah sudah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang    akan datang?  Beliau bersabda: Tidakkah aku (pantas)    menjadi hamba yang    banyak bersyukur?    (HR. Muttafaqun ‘alaih)

Mengubah hidup dan meninggikan derajat . Dan pada sebahagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji. (QS. Al-Israa : 79)

Allah menjadi Wakil, Dia akan antar kebutuhan kita Shalat malam juga sebagai penajam kepekaan hati. # 1. Hai orang yang berselimut (Muhammad), 2. bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), 3. (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit.4. atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. 5. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu Perkataan yang berat.

6. Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. 7. Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak). 8. sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadatlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan. 9. (Dia-lah) Tuhan Penguasa timur dan barat, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Maka ambillah Dia sebagai Pelindung. (QS. Al-Muzammil : 1-9)

Solusi hidup dan hadiah besar .
lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai Balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.     (QS. As-Sajdah : 16 – 17)

Tahajjud adalah salah satu kunci surga. Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar. (QS. Adz-Dzaariyaat :15-18)

Abdullah bin Salam berkata, Ketika Rasulullah menginjakkan kakinya pertama kali di Madinah, manusia mengerumuninya, aku bersama mereka, saat kuperhatikan dan kucermati wajahnya maka aku tahu bahwa wajahnya bukan wajah seorang pembohong. Dia (Abdullah bin Salam) berkata, Maka yang pertama kali kudengar dari perkataanya adalah: Wahai manusia! Tebarkan salam, berikanlah makan, sambunglah tali silaturrahim, dan shalat malamlah di kala manusia terlelap tidur, maka kalian akan masuk syurga dengan selamat. (HR. Al Haakim, Ibnu Maajah & Tirmidzi)

Dari Abdullah bin Amr rodhiyallahu ‘anhuma dari Rasulullah, beliau bersabda : 
Di dalam surga terdapat sebuah kamar yang luarnya dapat dilihat dari dalamnya dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luarnya. Lalu Abu Malik Al Asy’ari bertanya, Untuk siapa kamar itu Ya Rasulullah? Rasulullah menjawab : Bagi orang yang membaguskan pembicaraan (maksudnya pembicaraan bermanfaat dan memberi kebaikan), memberi makan dan melalui malam dengan berdiri (shalat malam) pada saat orang    tidur.     (HR. At Thabrani, dan Al Hakim)

Tradisi turun-temurunnya orang-orang shaleh, sarana berdekatan dengan Sang Maha Penghapus kesalahan, Proteksi dari dosa dan penyakit.
Panglima Salman Al Faarisi rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda: Hendaklah kamu bangun malam, karena sesungguhnya (bangun malam itu) adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kamu, sarana untuk mendekatkan dirimu kepada Tuhanmu, penghapus dosa-dosa, pencegah dari berbuat dosa dan pengusir penyakit dari tubuh. (HR. Thabrani & Tirmidzi)

Menambah spirit; Hidup jadi semangat, jiwa menjadi tenang dan terhindar dari kemalasan menjalani hidup.
Dari Abu Hurairah rodhiyallahu’anhu,    bahwa    Rasulullah bersabda:  Syetan mengikat 3 buhul di bagian belakang kepala salah seorang di antara kalian (apabila ia tidur), seraya memukul pada tiap buhul; malam panjang bagimu, tidurlah. Jika ia bangun kemudian berdzikir kepada Allah swt maka lepaslah satu buhul. Jika ia berwudhu maka lepaslah satu buhul lagi. Dan jika ia shalat maka lepaslah semua buhulnya sehingga pada pagi harinya menjadi semangat dan baik jiwanya. Dan jika tidak (melaksanakan hal tersebut) maka pada pagi harinya ia menjadi buruk jiwanya dan malas
(HR. Malik, Bukhari, Abu dawud, dan Ibnu Hibban)

Nilai dua raka’atnya lebih besar dari pada dunia dan semua isinya. Rasulullah bersabda: Dua raka’at shalat malam yang dilakukan seorang hamba di tengah malam, lebih baik baginya dari pada dunia beserta isinya, kalau saja tidak memberatkan ummatku maka akan kuwajibkan mereka melakukannya. (HR. As-Suyuthi)

Diumpamakan seperti sedekah yang dilakukan secara rahasia.
Ibnu    Mas’ud rodhiyallahu    ‘anhu    berkata:  Keutamaan shalat malam atas shalat siang seperti keutamaan shadaqah secara rahasia atas shadaqah secara terang-terangan (HR. Ibnu Mubaarok, Ath Thabrani dan Al-Bayhaqi)

Kemuliaan seorang mu’min terletak pada tahajjudnya. Sesungguhnya orang yang beriman kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki    yang Kami berikan. (QS.As-Sajdah:15-16)

Dan hamba-hamba Allah Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka. (QS. Al-Furqan : 63-64)

Dari Sahal bin Sa’ad rodhiyallahu ‘anhu : Jibril datang kepada Nabi seraya berkata : Hai Muhammad, hiduplah sekehendakmu, karena sesungguhnya engkau pasti akan mati, berbuatlah sekehendakmu karena engkau akan mendapat ganjarannya, cintailah siapa saja yang engkau sukai karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya, ketahuilah seseungguhnya kemuliaan seorang mu’min adalah bangun malam dan kebanggaannya adalah ketidaktergantungannya kepada manusia. (HR. Thabrani)

Allah menyayangi suami istri yang rajin qiyamullail, bahkan mereka dicatat sebagai ahli dzikir.
AbuHurairah rodhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, Rasulullah bersabda : Allah swt merahmati seorang lelaki yang bangun malam kemudian shalat dan membangunkan istrinya. Jika (istrinya) enggan maka ia memercikan air di wajahnya. Dan Allah swt merahmati seorang wanita yang bangun malam kemudian shalat dan membangunkan suaminya. Jika (suaminya)enggan maka ia memercikkan air di wajahnya. (HR. AbuDawud, Ahmad dan An-Nasaa’i).

Dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah rodhiyallhu ‘anhuma, keduanya berkata :
telah bersabda Rasulullah : Apabila seorang lelaki membangunkan istrinya di malam hari kemudian keduanya shalat (atau ia shalat) dua rakaat berjama’ah, maka keduanya ditulis di kalangan orang-orang lelaki dan wanita    yang berdzikir.  (HR. Abu Dawud, An-Nasaa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Berusaha dan berdo’a sebelum tidur supaya bisa bangun tahajjud.
Dari Abi    Darda    rodhiyallau ‘anhu, sesungguhnya Nabi bersabda:
Siapa yang hendak beranjak ke tempat tidurnya lalu ia berniat untuk bangun dan shalat di malam hari namun kemudian ketiduran hingga subuh, maka ia akan dicatat sesuai niatnya, sedangkan tidurnya adalah sedekah    dari Tuhannya. (HR. Nasa’i dan Ibnu    Majah)

Abdullah bin Amru bin Aash rodhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan, Rasulullah bersabda kepadaku:  Hai Abdullah! jangan seperti si fulan ya, dia bangun malam tapi meninggalkan shalat malam. (HR. Bukhari)
Dari Abdullah Bin Umar rodhiyallahu ‘anhuma belia berkata:
Pada masa Nabi ,bila seseorang bermimpi, maka dia menceritakannya kepada beliau. Sayapun berharap bermimpi dan bisa menceritakannya kepada Rasulullah. Saat itu aku masih remaja dan sering tidur di dalam masjid. Suatu hari aku menyaksikan dalam mimpiku seolah-olah dua malaikat menjemput diriku, kemudian membawaku menuju neraka.

Aku mendapati neraka itu berlipat (bertingkat) seperti tingkatan-tingkatan sumur dan memiliki dua tanduk. Di dalam banyak sekali manusia-manusia yang saya kenali.  (Saat itu) aku berkata Aku berlindung kepada Allah dari siksa neraka.  Kami bertemu malaikat lain, seraya berkata kepadaku , Engkau belum terpelihara darinya. Kemudian Aku menceritakan mimpi tersebut kepada Hafshah rodhiyallahu ‘anha, lalu Hafshah menyampaikannya kepada Rasulullah. Maka beliau bersabda: Sebaik-baik lelaki adalah Abdullah, jika ia bangun pada sebagian malam untuk shalat.

SHALAT DHUHA

Allah memerintah agar kita selalu bertasbih kepada-Nya di kala pagi dan sore, shalat dhuha merupakan sarana untuk kita bertasbih Sesungguhnya kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, (Qs. Asshad 18)
Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah (QS. An-Nuur : 36-37)

Menghidupkan sunnah Rasulullah , suatu keharusan; sebagai wujud kecintaan kepadanya. Bila kecintaan sudah terbukti maka layakmasuk surga bersamanya.
Dari Anas Bin Malik rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah bersabda:  “Siapa yang menghidupkan sunnahku, maka dia telah mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku maka ia layak bersamaku di surga.” (HR. Tirmidzi)

Pelengkap Ibadah Wajib; dinamakan wajib karena ada yang sunnah.
Dari Ibnu Umar rodhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata: Rasulullah bersabda:  Perintah yang pertama kali diwajibkan kepada ummatku adalah shalat lima waktu, yang pertama kali diangkat dari amal perbuatan mereka adalah shalat lima waktu, dan yang pertama kali dipertanyakan dari amal perbuatan mereka adalah shalat lima waktu. Barangsiapa yang pernah meninggalkan sesuatu daripadanya maka Allah SWT berfirman (kepada malaikat): lihatlah! Apakah kalian mendapatkan dari hamba-Ku shalat-shalat sunnah yang menyempurnakan kekurangannya dari shalat fardhu?

Lihatlah puasa ramadhan hamba-Ku, apabila tertinggal (pernah tidak berpuasa) maka lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai pahala puasa sunnah yang akan menyempurnakan kekurangan puasa wajibnya? Dan lihatlah zakat hamba-Ku, bila ia sempat tidak mengeluarkannya maka lihatlah apakah kalian mendapatkan hambaku bersedekah    yang akan menyempurnakan Kekurangan zakatnya?

Maka diambilah pahala sunnah tersebut untuk melengkapi kekurangan atas kewajiban yang Allah perintahkan, yang demikian terjadi karena rahmat Allah dan keadilan-Nya. Apabila didapati pahalanya lebih banyak (melengkapi pahala ibadah wajib) dalam timbangannya, maka dikatakan kepadanya: masuklah surga dengan senang hati. Namun bila tidak didapati satupun pahala sunnahnya, maka Malaikat Zabaniyyah akan diperintah oleh Allah untuk menyeret tangan dan kakinya kemudian dilempar ke neraka. (HR. Ahmad & Al-Haakim)

Dhuha termasuk tiga sunnah yang tidak layak ditinggalkan. Dari Abu    Hurairah rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: “Sahabatku (Rasulullah ) menasihatiku akan tiga hal (yang tidak akan pernah kutinggalkan hingga ku mati) : puasa tiga hari setiap bulan (puasa bhidh), dua raka’at shalat dhuha dan agar aku melaksanakan shalat witir sebelum tidur.
(HR. Bukhari dan Muslim)

Wirid & Do’anya. Dari Ibnu     Umar    rodhiyallahu    ‘anhuma, beliau berkata
: Dalam satu majelis Rasulullah dibiasakan membaca doa berikut seratus kali sebelum beliau bangun: Rabbigh firlii    watub    ‘alayya innaka antattawwaabulghafur:
Duhai Tuhanku, ampuni daku dan terimalah taubatku, karena sesunguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Pengampun. (Ditakhrij oleh Tirmidzi,Ahmad,Ibnu Majah dan Nasaa’i)

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, ketentuan adalah ketentuan-Mu, perlindungan adalah perlindungan-Mu. Ya Allah bilamana rizkiku ada di langit maka turunkanlah, dan bilamana rizkiku ada di dasar bumi maka keluarkanlah,

bilamana rizkiku sulit maka mudahkanlah, bila rizkiku bercampur haram maka sucikanlah, bilamana rizkiku jauh maka dekatkanlah, dengan kebenaran waktu dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan ketentuan-Mu maka anugerahkan hamba karunia sebagaimana Engkau telah menganugerahkannya kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Allah akan mencukupi hari-hari kita, pagi ngisi absen, sore gajian.
Dari Nawwas bin Sam’an rodhiyallahu ‘anhu, Bahwasanya Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, cukuplah bagi-Ku empat rakaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu di sore harimu.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud dan Nasa’i)

Dari Abi Darda dan Abi Dzarr rodhiyallahu ‘anhuma, Dari Allah tabaroka wata’ala, Sesungguhnya Allah    tabaroka wata’ala    berfirman: “Wahai anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu(ganjaran)        pada    sore harinya.” (Ditakhrij oleh Imam    Tirmidzi)

Tiap raka’atnya mengandung keutamaan.
Dari Abdillah bin Amr Assahmiy, beliau merafakan kepada Abi Dzarr, dan Abi Dzarr merafakannya kepada Nabi, beliau    bersabda: Siapa saja yang melaksanakan dua raka’at shalat dhuha maka dia tidak akan dicatat sebagai hamba yang lalai, Siapa saja yang melaksanakan empat raka’at maka dia akan dicatat sebagai hamba yang taat, Siapa saja yang melaksanakan enam raka’at maka akan dicukupkan kebutuhannya pada hari itu,

Siapa saja yang melaksanakan delapan raka’at maka dia akan dicatat sebagai ahli ibadah, Siapa saja yang melaksanakan duabelas maka Allah akan membangunkan rumah di surga,Tidak ada satu hari atau satu malampun kecuali Allah memilih hamba yang diberi nikmat untuk bisa bersedekah dan tidaklah Allah memberikan sesuatu yang lebih baik kepada hamba-Nya selain memberikan petunjuk untuk bisa berdzikir (mengingat-Nya)  (HR. Thabrani)

Pahala dua raka’atnya setara dengan sedekah persendian yang tinggi sekali nilainya.
Dari Abi Dzarr rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah bersabda: Di setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah.  Dan dua rakaat    Dhuha    sebanding dengan pahala semua itu. (HR. Ahmad, Muslim, dan AbuDawud)

Dua raka’atnya sama dengan nilai sedekah dari 360 sendi kita.
Dari Buraidah rodhiyallahu’anhu,    Bahwasanya    Rasulullah bersabda:
Di dalam tubuh manusia ada 360 sendi, dan dia harus mengelurakan sedekah untuk tiap persendiannya itu, setiap sendi satu sedekah. Para sahabat bertanya, Siapa yang sanggup melakukan itu ya Rasulullah? Beliau bersabda, Menghilangkan dahak (kotoran) di masjid, atau membuang sesuatu yang mengganggu di jalan, maka bila tidak sanggup cukup diganti dengan dua raka’at shalat dhuha yang pahalanya serupa dengannya. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Menjaga shalat subuh berjama’ah akan mendapat pahala sempurnanya ibadah haji dan umrah.
Anas rodhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, beliau berkata, Rasulullah bersabda:  “Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Dhuha, tempat usaha atau bisnis terdekat jaraknya dari rumah, keuntungannya lebih banyak, pulangnya lebih cepat. Abdillah bin Amru rodhiyallahu ‘nhuma meriwayatkan, Rasulullah mengirim sebuah pasukan perang. Lalu mereka mendapatkan harta rampasan perang dan kembali dengan segera. Meraka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang diperoleh dan cepat kembalinya (karena dekat jaraknya).

Lalu Rasulullah bersabda : “Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan) nya dan lebih cepat kembalinya? Mereka menjawab;Ya!
Rasul berkata lagi: Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dia lah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), lebih banyakghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”  (HR. Ahmad, Thabrani dan Abu Ya’la)

Diampuni dosa-dosa kita; nikmat yang bagaimana lagi yang kita harapkan dari Allah Al Ghofuur yang lebih besar daripada pengampunan dosa?
Dari Abi Hurairah rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata : Rasulullah bersabda:  Siapa saja yang menjaga dua raka’at dhuha maka akan diampuni dosanya walaupun sebanyak buih di lautan. (HR. Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu Abi Syaibah)

Masuk surga dengan kasih sayang Allah . Dari Abi Hurairoh rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata : Rasulullah bersabda:  Sesungguhnya di surga ada salahsatu pintu yang dinamakan pintu dhuha, bila datang hari qiyamat malaikat penjaga surge memanggil: mana dia yang melazimkan shalat dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah. (HR. Thabrani)

SHALAT TAUBAT & SHALAT HAJAT

Keutamaan Shalat Sunnah Taubat . Dari Asma bin Al-Hakam Al-Fazari, dia bercerita, aku pernah mendengar Ali rodhiyallahu ‘anhu. berkata: Sesungguhnya aku adalah seseorang yang jika mendengar sebuah hadits dari Rasulullah , maka Allah memberiku manfaat dari hadits tersebut sesuai dengan kehendak-Nya untuk memberi manfaat kepadaku. Dan jika ada seseorang dari Sahabatnya menyampaikan hadits maka aku memintanya bersumpah.

Jika dia mau bersumpah kepadaku, maka aku akan membenarkannya. Sesungguhnya Abu Bakar telah memberitahuku, dan Abu Bakar adalah seorang yang jujur, dia bercerita, aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, Tidaklah seseorang melakukan suatu perbuatan dosa, lalu dia bangun (bangkit) dan bersuci, kemudian mengerjakan shalat, dan setelah itu memohon ampunan kepada Allah, melainkan Allah akan memberikan ampunan kepadanya.

Kemudian beliau membaca ayat : Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah; Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka    mengetahui.
[Ali-Imran : 135]

Keutamaan Shalat Sunnah Hajat.
Dari Abdullah Bin Abi Aufa rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata : Rasulullah bersabda: 
Barangsiapa mempunyai sesuatu hajat (keperluan) pada Allah atau kepada seseorang manusia, maka hendaklah ia berwudlu dengan baik, lalu salat dua rakaat, kemudian memuji Allah dan bersalawat kepada Nabi, lalu membaca: “Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Penyabar lagi Maha Pemurah.

Maha suci Allah Penguasa singgasana yang agung, segala puji bagi Allah Tuhan alam semesta; aku memohon kepastian rahmat-Mu dan ketentuan maghfirah-Mu, serta anugerah dari segala yang baik, jangan biarkan suatu dosa pun padaku kecuali Engkau ampunkan dan tidak sesuatu kesumpekan pun kecuali Engkau kuakkan serta tidak sesuatu keperluan pun kecuali Engkau penuhi,Wahai Yang Paling Mengasihi.”  (HR at-Turmidzi dan Ibnu Majah)


, , ,

  1. #1 by jam tangan on February 21, 2013 - 10:10 PM

    mantap gan makasih banget infonyaaa
    jd tambah pengetahuan

    • #2 by 3yuwono on February 24, 2013 - 4:58 PM

      Barakallahufiikum🙂

  2. #3 by Jual jam tangan on March 21, 2013 - 10:27 AM

    nice infohh mantabb🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: