Efek samping merokok

Setiap 6,5 detik seseorang meninggal dari penggunaan tembakau, kata organisasi kesehatan dunia. Penelitian menyatakan bahwa orang yang mulai merokok di usia remaja (karena lebih dari 70 persen melakukannya) dan berlanjut selama dua dekade atau lebih akan mati 20 sampai 25 tahun lebih awal daripada mereka yang non perokok. Bukan hanya kanker paru-paru dari penyakit jantung yang menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan kematian. Di bawah ini, beberapa efek samping merokok yang dipublikasikan kurang lebih dari kepala sampai jari kaki.

1). Psoriasis. Perokok tampaknya lebih mungkin untuk mengembangkan psoriasi, penyakit kulit yang mengerisik, kering, gatal, mungkin di seluruh tubuh, tetapi yang terbanyak di lengan dan tungkai, terutama di siku dan lutut

2). Katarak. Merokok diyakini menyebabkan atau memperburuk kondisi mata. Perokok memiliki tingkat 40 persen lebih tinggi menderita katarak. Pengaburan lensa mata dan membran transparan di sekitarnya yang menghalangi jalan masuknya cahaya; bular mata dan dapat memuat kebutaan.

Penyebab katarak ada dua cara dengan iritasi mata dan oleh sumbangan zat kimia menuju paru-paru hingga aliran darah ke mata. Merokok juga berhubungan dengan degenerasi makula terkait usia, penyakit mata incurrable disebabkan oleh kerusakan pada bagian tengah retina, yang dikenal sebagai makula. Makula bertanggung jawab untuk memfokuskan penglihatan sentral mata dan mengontrol kemampuan kita untuk membaca, mengendarai mobil, mengenali wajah, warna.

3). Kerutan kulit. Merokok usia dini menyebabakan hilangnya proteins yang memberikan elastisitas vitamin A dan membatasi aliran darah. Perokok kulitnya kering, kasar dan terukir dengan garis-garis kecil, especcially diseluruh bibir dan mata.

4). Gangguan pendengaran. Merokok menciptakan plak pada dinding pembuluh darah, mengurangi gumpalan es yang terapung dari darah ke telinga bagian dalam, perokok dapat kehilangan pendengaran mereka lebih awal daripada non perokok dan lebih rentan terhadap gangguan pendengaran akibat infeksi telinga atau suara keras. Perokok juga tiga kali lebih mungkin dibandingkan non perokok untuk mendapatkan infeksi telinga tengah

5). Kanker. Lebih dari 40 bahan kimia dalam asap tembakau telah terbukti menyebabkan kanker. Perokok sekitar 20 kali lebih mungkin mengembangkan kanker paru-paru dibandingkan non perokok. Merokok menyebabkan sekitar 90% kanker paru-paru pada pria dan 80% pada wanita(gambar 5a).

Dan menurut banyak penelitian, semakin lama satu perokok, semakin besar risiko kanker berkembang di beberapa daerah, termasuk dua kali lipat risiko terkena kanker dari hidung dan paranasalcavitis (gambar 5b). Kanker rongga mulut 4 sampai 5 kali (gambar 5c), dua kali lipat risiko terkena kanker dari nasopharinx; oro dan hypopharinx (4 sampai 5 kali).

Laring (10 kali); oeshopagus (2 sampai 5 kali); perut 2 kali (gambar 5d); pankreas 2 sampai 4 kali (gambar 5a), dan ginjal (gambar 5f). Beberapa penelitian terbaru juga menyatakan adanya hubungan antara penghentian merokok berat subtanstially mengurangi risiko untuk sebagian besar kanker merokok tersebut terkait di atas.

6). Kerusakan gigi. Merokok mengganggu mulut, menciptakan plak dalam gigi dan menguningkan gigi. Ada beberapa bukti bahwa merokok memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi. Perokok satu setengah kali lebih mungkin untuk kehilangan gigi mereka.

7). Emfisema, selain kanker paru-paru, merokok menyebabkan emfisema, sebuah pembengkakan dan pecah kantung paru-paru udara. Sehingga itu mengurangi kapasitas paru-paru untuk mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Dalam kasus ekstrim, tracheostomy sebuah jalan yang memungkinkan penderita untuk bernapas. Celah dipotong di tenggorokan dan ventilator untuk memaksa udara ke paru-paru (lihat gambar the smokers body bagian leher). Bronchities kronis (tidak ditampilkan) menciptakan & membangun lendir/ingus, menghasilkan batuk parah dan kesukaran bernapas.
8). Osteoporosis. Karbon monoksida, gas beracun utama dalam asap knalpot mobil dan asap rokok. Memotong kandungan oksigen dalam darah. Akibatnya, perokok kehilangan kepadatan tulang, lebih mudah patah tulang dan memakan waktu hingga 80 persen lebih lama untuk sembuh.

Perokok juga lebih rentan terhadap masalah punggung, sebuah studi menyatakan pekerja industri yang merokok adalah 5 kali lebih mungkin mengalami nyeri punggung setelah injury time. Sering nyeri punggung/seluruh badan terasa pegal (Nyeri boyok; Java Language)

9). Penyakit Hati. Satu dari tiga kematian di dunia adalah akibat penyakit cardiovascullar (yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah). Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk mengembangkan penyakit cardiovascullar. Penyakit ini membunuh lebih dari satu juta orang per tahun di negara berkembang.

Merokok menciptakan penyakit cardiovascullar membunuh lebih dari 600.000 orang setiap tahun di negara maju. Merokok membuat jantung berdenyut lebih cepat, meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko hipertensi dan penyumbatan arteri dan akhirnya menyebabkan serangan jantung dan stroke.

10). Sakit maag. Merokok mengurangi resistensi terhadap bakteri yang menyebabkan radang perut. Hal ini juga merusak kerja perut untuk menetralkan asam setelah makan, meninggalkan asam untuk menggerogoti lapisan lambung. Perokok lebih sulit untuk mengobati dan lebih mungkin kambuh sakit maagnya.

11). Perubahan warna jari. Tar dalam asap rokok mengumpul pada jari dan kuku jari, jadi warnanya coklat kekuningan bahkan sampai hitam (liat gambar the smokers body bagian jempol kaki)

12). Kanker serviks dan keguguran. Selain meningkatkan risiko kanker leher rahim, merokok dapat menyebabkan masalah kesuburan bagi perempuan dan komplikasi selama kehamilan dan persalinan. Merokok selama kehamilan meningkatkan risiko bayi berat badan rendah dan konsekuensi masa depan kesehatan yang buruk.

Keguguran adalah 2 sampai 3 kali lebih sering terjadi pada perokok, saat melahirkan bisa menyebakan kekurangan oksigen pada janin dan kelainan plasenta incluced oleh karbon monoksida dan nikotin dalam asap rokok. Membuat kematian janin ini juga dikaitkan dengan merokok. Selain itu, merokok dapat menurunkan kadar estrogen menyebabkan menopause (mati haid) dini.

13). Cacat sperma. Merokok dapat merusak sperma dan merusak DNA, yang dapat menyebabkan keguguran dari cacat lahir. Beberapa studi telah menemukan bahwa pria yang merokok memiliki peningkatan risiko menjadi ayah seorang anak yang tertular kanker. Merokok juga mengurangi jumlah sperma dan mengurangi aliran darah ke penis, yang dapat menyebabkan impotensi. Infertilitas (mandul) adalah lebih umum di antara perokok.

14). Penyakit Buerger. Juga dikenal sebagai obliterans tromboangitis, adalah suatu peradangan pada pembuluh darah arteri, dan saraf di kaki, terutama, yang menyebabkan aliran darah terbatas. Penyakit Buerger bisa menyebabkan gangren (kematian jaringan tubuh) dan amputasi. (liat gambar the smokers body). Silakan nanti baca juga artikel tentang kampanye aksesibilitas tanpa batas penggunaan fasilitas publik bagi penyandang disabilitas (cacat)

Bahaya Rokok, dalam tinjauan Islam

Di antara kemaksiatan yang tersebar ditengah masyarakat muslim
dan banyak orang yang terjebak padanya adalah perbuatan merokok. Tidaktersembunyi bagi orang yang memahami (maqashid syar’iyah) kemaslahatanyang diinginkan oleh syari’at bahwa merokok adalah perbuatan yangdiharamkan, hal itu dilihat dari beberapa segi:

Pertama: Rokok termasuk barang yang buruk dan Allah subhanahu wa ta’ala telah berfirman: (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang umi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar.

Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung . (QS. Al-A’rof: 157)

Tidak diragukan lagi bahwa merokok termasuk keburukan, dan tidak ada yang mengingkari bahayanya kecuali orang yang sombong, atau orang yang mengikuti hawa nafsu, dan banyak orang meminum khamar serta kecanduan dengan obat-obat terlarang karena diawali oleh rokok lalu berkembang kepada yang labih bahaya, sekalipun mereka telah diingatkan : bahwa penelitian medis menunjukkan 80% dari orang yang kecanduan obatobat terlarang dimulai dari merokok.

Kedua: Merokok adalah bentuk menjerumuskan diri pada kehancuran. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: “..dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah, sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan”.(QS. Al-Baqarah: 195). Dan Allah subhanahu wa ta’ala berfrman: Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. (QS. Al-Nisa’: 29)

Di dalam As-Shahihaini dari Abi Hurairah radhiyallahu’anhu bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alai wasallam bersabda, “Barangsiapa yang menelan racun lalu dia membunuh dirinya dengan racun tersebut, maka racun itu akan berada pada tangannya yang akan ditelannya di dalam api nerakan Jahannam dia kekal untuk selamanya padanya, dan barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu di tangannya yang akan memukul perutnya di dalam neraka Jahannam untuk selama-lamanya”.

Di dalam as-shahihaini dari Tsabit Al-Dhahaak bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alai wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu di dunia maka dia akan disiksa dengannya pada hari kiamat”. (Al-Bukhari no: 5778 dan Muslim: no: 109 & no: 6105 dan Muslim: no: 110). Dan tidak diragukan lagi bahwa apabila orang yang merokok mati disebabkan oleh rokok tersebut maka dia dianggap telah membunuh dirinya dengan kandungan racun yang terdapat di dalam rokok.

Sekalipun proses terbunuhnya tersebut agak lambat, sebab tidak ada perbedaan antara para ulama bahwa orang yang melangkah untuk membunuh dirinya baik dia mati dengan cepat atau lambat, dia tetap berdosa dengan perbuatannya tersebut. Ketiga: Merokok dapat mengganggu kesehatan badan. Dan para dokter telah memperingatkan dengan keras terhadap akibat merokok ini, mereka berkata, “Rokok tersebut mengandung beberapa unsur racun, di antaranya adalah nikotin.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam musnadnya dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alai wasallam bersabda, “Tidak ada mudharat dan memudharatkan orang lain”.(Musnad imam ahmad: 1/313). Keempat: Mengisap rokok adalah bentuk menyia-nyiakan harta. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (QS. Al-Isro’: 27)

Dan tidak diragukan lagi bahwa perokok adalah orang yang paling pemboros, seandainya kita melihat seseorang yang sedang memegang uang di tangannya lalu dia membakarnya maka kita akan mengatakan bahwa dia gila. Diriwayatkan oleh Al-Turmudzi di dalam sunannya dari Abi Barzah Al- Aslami bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alai wasallam bersabda, “Tidak akan melangkah dua kaki seorang hamba pada hari kiamat sehingga dia……

..akan ditanya tentang umurnya di manakah dia habiskan, tentang ilmunya apakah yang diperbuat dengannya, tentang hartanya dari manakah dia dapatkan dan kemanakah disalurkan”.(Al -Turmudzi dalam sunannya: 4/612 no: 2426). Kelima: Bahaya merokok tidak hanya terhenti pada pelakunya, bahkan bahayanya bisa menyebar kepada istrinya, anak-anaknya, keluarga dan teman duduknya dan hal itu telah diakui oleh para dokter, bahkan tindakan ini telah membawa pada tercemarnya udara dengan gas beracun yang dipancarkannya,..

Dan telah dijelaskan dalam hadits sebelumnya: Tidak ada mudharat dan memudharatkan orang lain”. (Musnad Imam Ahamd: 1/313). Keenam: Merokok akan menimbulkan bau tidak sedap yang bersumber dari mulut, badan dan pakaian perokok, dia akan menganggu teman duduknya, terlebih pada saat memasuki mesjid dan bercampur dengan orang-orang yang shalat.

Dan Nabi Muhammad shalallahu ‘alai wasallam telah memerintahkan kepada orang yang menebarkan bau bawang untuk keluar dari mesjid, padahal kedua barang tersebut dihalalkan oleh Allah subhanahu wata’ala, lantas sekeras apakah larangannya jika perkara tersebut berkaitan dengan perokok?.

Dan Nabi Muhammad shalallahu ‘alai wasallam bersabda, “Barangsiapa yang telah memakan bawang merah dan bawang putih serta bawang bakung maka janganlah dia mendekati mesjid kita, sebab para malaikat merasa terganggu dengan sesuatu yang bisa menganggu anak Adam”. (shahih Muslim: no: 564 dan shahih Bukhari: no: 854)

Di antara perkara yang perlu diingat bahwa harus memboikot semua toko-toko yang menjajakan racun kepada manusia, dan sebaliknya mendukung toko-toko yang tidak menjual rokok, dan inilah bentuk kerja sama dalam urusan kebaikan dan taqwa. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa -Nya . (QS. Al-Maidah: 2)

Sebagian orang terkadang berkata: Aku tidak bisa meninggalkan rokok, maka dikatakan kepadanya: Anda mampu meninggalkan rokok pada bulan ramadhan lebih dari sepuluh jam, maka masalahnya adalah membutuhkan tekad dan keinginan yang kuat, banyak orang yang telah mencobanya dan merasa bosan pada saat pertama, namun karena Allah subhanahu wa ta’ala telah mengetahui kebaikan niatnya maka Dia membantunya dan akhirnya meninggalkan merokok.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami ،benar benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik . (QS. Al- Ankabut: 69). Terdapat banyak klinik untuk menanggulangi kecanduan merokok, yang dikelola oleh orang-orang profesional, dan Allah subhanahu wa ta’ala memberikan manfaat dengan keberadaanya sebab banyak para pecandu rokok meninggalkan rokok setelah mereka mendatangi poliklinik ini dan berobat dengan semestinya.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abi Qotadah dan Abi Dahma’ bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alai wasallam bersabda, “Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah kecuali Dia akan menggantikan bagimu dengan sesuatu yang lebih baik darinya”. Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala Tuhan semesta alam, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad shalallahu ‘alai wasallam dan kepada keluarga, shahabat serta seluruh pengikut beliau. Barakallhu fiikum,..

  1. #1 by obat tbc on August 18, 2012 - 5:02 AM

    Great weblog here! Additionally your site loads up very fast! What web host are you the usage of? Can I get your affiliate hyperlink in your host? I wish my website loaded up as quickly as yours lol

  2. #2 by Tory on September 17, 2012 - 8:00 AM

    My first visit here and i liked it from the beggining

    • #3 by 3yuwono on September 18, 2012 - 5:54 AM

      gratefully, but am not perfect please your advice & correct to me

  3. #4 by web proxy on October 26, 2012 - 5:13 PM

    When I first saw this title Efek samping merokok heartcooler on google I just whent and bookmark it. Hello there! I could have sworn I’ve been to this web site before but after looking at some of the posts I realized it’s new to me. Regardless, I’m certainly delighted I discovered it and I’ll be bookmarking it and checking back often!

    • #5 by 3yuwono on October 26, 2012 - 9:33 PM

      Thank you my brother may be useful, I always look forward to your advice and corrections that I’m writing better

  4. #6 by Kerl Eichelkaser on November 4, 2012 - 4:02 AM

    so much wonderful info on here, : D.

    • #7 by 3yuwono on November 4, 2012 - 9:07 AM

      thanks, please give me submission. so much better again

  5. #8 by Daryl Sourwine on November 5, 2012 - 5:57 PM

    you have brought up a very good details , regards for the post.

    • #9 by 3yuwono on November 5, 2012 - 10:09 PM

      may be usefull. Thanks very much

  6. #10 by best washing machine reviews on November 6, 2012 - 4:21 AM

    Very interesting subject , thankyou for posting .

    • #11 by 3yuwono on November 6, 2012 - 3:40 PM

      Thanks very much, may be usefull

  7. #12 by cpanel backup script on November 10, 2012 - 9:02 AM

    Thanks alot! This is what i was looking for

  8. #14 by ghaowal on November 10, 2012 - 11:38 AM

    Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your site is great, let alone the content!. Thanks For Your article about Efek samping merokok heartcooler .

    • #15 by 3yuwono on November 10, 2012 - 10:43 PM

      thank you | I am still learning, Yet a year of blogging

  9. #16 by xataka android on November 17, 2012 - 12:46 PM

    Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is wonderful, as well as the content!. Thanks For Your article about Efek samping merokok heartcooler .

    • #17 by 3yuwono on November 17, 2012 - 9:28 PM

      Thanks may be usefull

  10. #18 by Brian on November 17, 2012 - 2:21 PM

    I recently came all through your post and therefore are already analyzing along. We need to communicate my personal admiration of the creating skill as well as ability to help to make target audience research through the use of the actual starting towards the end. I must research more recent articles and also to talk about my personal suggestions along with you.

    • #19 by 3yuwono on November 17, 2012 - 9:27 PM

      thanks, gladly. The door is always open for you

  11. #20 by test staubsauger ohne staubbeutel on November 19, 2012 - 1:45 AM

    I see something truly special in this internet site .

    • #21 by 3yuwono on November 19, 2012 - 9:52 PM

      Thanks very much may be usefull

  12. #22 by Dentistas Barcelona on November 21, 2012 - 7:48 AM

    Your article is truly informative. More than that, it’s engaging, compelling and well-written. I would love to see more of this kind of great writing. http://www.samsung1080phdtv.net/

    • #23 by 3yuwono on November 21, 2012 - 4:03 PM

      Thakns you very much may be usefull

  13. #24 by Grosir baju bayi surabaya on December 5, 2012 - 9:15 AM

    Thanks like your Efek samping merokok heartcooler

    • #25 by 3yuwono on December 6, 2012 - 9:20 PM

      :) thanks sukses for ur business

  14. #26 by Jefry on January 24, 2013 - 8:13 PM

    banyak sekali efek samping merokok ini makanya sayapun coba berhenti dan untungnya sampai sekarang sudah tidak mengkonsumsi rokok sebatang pun
    nice share dan sukses selalu

    • #27 by 3yuwono on January 24, 2013 - 10:40 PM

      Alhamdulillah mari tularkan immunya pd yg lain ^_^

  15. #28 by darmowe wrozby on March 6, 2013 - 12:23 AM

    How you managed to take this informative article and turn it into an interesting piece of writing is simply amazing to me. I am very impressed with your writing abilities. I am bookmarking this content.

    • #29 by 3yuwono on March 8, 2013 - 5:41 PM

      thanks :) you can do it too if you want, just start write idea to the blog

  16. #30 by Laverne Nathe on March 12, 2013 - 9:00 PM

    I’ve been browsing online around 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me personally. Personally, if all site owners and bloggers made good content just like you did, the web will probably be a lot more useful prior to now.

  17. #31 by Daniella Nucklos on March 15, 2013 - 12:04 PM

    Its superb as your other articles : D, thanks for posting . “To be able to look back upon ones life in satisfaction, is to live twice.” by Kahlil Gibran.

  18. #32 by Rim Halves on March 22, 2013 - 10:51 AM

    Thanks alot! This is what i was looking for

  1. eternity dental

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 193 other followers

%d bloggers like this: